Sukses

10 Cara Membentuk Otot Perut dengan Cepat, Lakukan Gerakan Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Membentuk otot perut memang terdengar sulit dilakukan. Apalagi bagi sebagian orang yang memiliki perut buncit, ya. Padahal sebenarnya cara membentuk otot perut dengan cepat bisa dilakukan dengan gerakan sederana.

Gerakan sederhana ini bisa dilakukan ketika sedang ada waktu luang saja. Namun, meluangkan waktu khusus untuk melakukannya juga jauh lebih baik. Alih-alih banyak ngemil dan makan, lebih baik lakukan gerakan sederhana bukan? Coba luangkan sedikit waktu sebagai upaya dari cara membentuk otot perut dengan cepat. 

Cara membentuk otot perut dengan cepat ini juga tidak harus dilakukan di tempat gym. Meski sebenarnya melakukannya di tempat gym jauh lebih baik. Hal ini disebabkan karena di tempat gym, waktu dan tenaga bisa didedikasikan sepenuhnya. Jika sudah mahir membagi waktu dan tenaga di rumah, pergi ke tempat gym tidak lagi diperlukan.

Berikut Liputan6.com ulas cara membentuk otot perut dengan cepat dari berbagai sumber, Kamis (9/7/2020).

2 dari 6 halaman

Cara Membentuk Otot Perut dengan Cepat

Horizontal Cable Woodchop

Manfaatkan tali lentur olahraga yang ada di sekitarmu untuk melakukan Horizontal Cable Woodchop. Lalu lakukan gerakan memutar perut ke kanan dan ke kiri sebagai cara membentuk otot perut dengan cepat pada bagian bawah dan samping.

Barbell Russian Twist

Apakah ada standing barbell di sekitarmu? Manfaatkan untuk melakukan gerakan ini. Barbell Russian Twist sangatlah bermanfaat sebagai cara membentuk otot perut dengan cepat pada perut bagian bawah dan samping.

Flutter Kick

Berbaringlah secara telentang dengan kaki lurus dan lengan ditarik ke samping. Angkat tumit sekitar 10 cm di atas lantai dan lakukan gerakan menendang secara cepat. Flutter kick bisa menjadi cara cepat membentuk otot perut bagian bawah dan samping sekaligus.

3 dari 6 halaman

Cara Membentuk Otot Perut dengan Cepat

Plank

Gerakan plank memang terlihat pasif. Namun plank adalah cara membentuk otot perut, khususnya perut bagian bawah yang efektif. Asal kamu melakukan hingga kamu merasakan ketegangan di perut.

Side Plank

Kamu bosan dengan gerakan plank biasa? Kamu bisa mencoba side plank sebagai cara membentuk otot perut dengan cepat, khususnya perut bagian samping. Caranya adalah berbaring menyamping lalu angkat tubuh. Biarkan berat badan bertumpu pada salah satu tangan.

Arms-high partial sit up

Sit up adalah cara membentuk otot perut dengan cepat yang paling umum dan sederhana untuk dilakukan. Jika kamu bosan melakukan gerakan sit up biasa, kamu bisa mencoba Arms-high partial sit up dimana gerakan ini menuntutmu untuk mengangkat lengan sambil melakukan sit up.

Leg raise

Kamu perlu berbaring untuk melakukan salah satu cara membentuk otot perut ini. Setelah berbaring, angkat kedua kaki sekaligus kemudian turunkan. Lakukan dengan beberapa repetisi.

4 dari 6 halaman

Cara Membentuk Otot Perut dengan Cepat

Medicinal ball seated knee tuck

Duduklah di atas kursi sambil kaki menjepit bola. Lalu naikkan kaki secara perlahan dan jaga agar bola tidak sampai jatuh.

Star plank

Selain plank biasa dan side plank, kamu juga bisa mencoba star plank. Bedanya adalah regangkan tubuhmu sejauh mungkin hingga berbentuk seperti bintang. Tahan beberapa saat hingga kamu merasakan ketegangan di perut bagian bawah. Cara membentuk otot perut dengan cepat seperti star plank cukup efektif dilakukan.

Weighted sit up

Ingin memiliki otot perut bagian atas yang kuat? Lakukan weighted sit up dengan cara menempatkan beban di perut bagian atas.

5 dari 6 halaman

Manfaat Olahraga dalam Kehidupan

Tubuh Lebih Tegap

Melakukan olahraga akan merangsang semua bagian tubuh agar lebih fleksibel. Otot tubuh juga akan menjadi lebih elastis dan tidak kaku.

Olahraga bermanfaat untuk membantu proses perkembangan tumbuh tubuh. Rutin melakukan olahraga akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk saat berjalan.

Cegah Stres

Berolahraga dapat membantu mengatasi emosi dan mengurangi kegelisahan sehingga mengurangi stres. Berolahraga membantu mengatasi gejala-gejala kecemasan dan bisa menjadi alat yang potensial.

Dalam penelitian, rutin berolahraga menunjukan indeks kecemasan yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak pernah berolahraga. Olahraga efektif untuk mengatasi kecemasan dan stres.

Otak akan melepaskan banyak hormon, termasuk hormon endorphin dan neurotranamitter yang memengaruhi suasana hati.

Relaksasi

Padatnya rutinitas sehari-hari akan membuat lelah, pusing, bahkan menggangu waktu tidur. Banyak yang menyepelekan kurangnya waktu tidur yang cukup.

Kurangnya waktu tidur memiliki risiko terjangkitnya berbagai macam penyakit dan mental, termasuk tidak stabilnya emosi. Memiliki emosi yang tidak stabil akan memengaruhi hubungan dengan rekan kerja, keluarga, hingga gangguan psikis.

Melakukan olahraga akan merangsang proses relaksasi ketika tidur. Ketika berolahraga, meningkatkan suhu tubuh dan kualitas tidur Anda. Relaksasi akan memberikan ketenangan jiwa.

6 dari 6 halaman

Manfaat Olahraga dalam Kehidupan

Menambah Energi

Olahraga adalah aktivitas fisik yang menguras banyak energi. Di sisi lain, olahraga juga bisa menambah energi pada tubuh.

Olahraga teratur dapat memberikan tambahan energi pada penderita sindrom kelelahan kronis. Tentu saja pilihan jenis olahraga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh, kebiasaan, serta faktor usia.

Berolahraga dengan intensitas rendah, seperti jalan santai mampu meningkatkan energi sebesar 20 persen.

Tingkatkan Sistem Imun

Manfaat olahraga selanjutnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan berbagai macam penyakit. Olahraga mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhindar dari risiko kanker di masa mendatang.

Ketika berolahraga, ada peningkatan hormon-hormon baik dalam otak, seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon tersebut dipercaya memiliki peran untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Rutin melakukan olahraga, Anda akan menghasilkan hormon endorphin yang menghasilkan rasa gembira.

Cegah Hipertensi

Hipertensi adalah tekanan darah tinggi di dalam tubuh dengan tekanan nilai 130/80 mmHg atau lebih. Hipertensi bisa memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Hipertensi memaksa kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk menjaga tekanan darah di dalam tubuh tetap normal, lakukan olahraga rutin.

Olahraga secara rutin mampu menjaga tekanan darah dan terhindar dari penyakit kardivaskular. Selain olahraga, menjaga asupan makanan ke dalam tubuh juga membantu mencegah hipertensi.