Sukses

10 Penyebab Telapak Kaki Kedinginan Selain Suhu, Anemia Salah Satunya

Liputan6.com, Jakarta Telapak kaki yang kedinginan biasanya akan terjadi pada pagi hari dan malam hari. Hal ini sebenarnya wajar terjadi karena suhu udara pada saat itu memang sedang rendah. Pada kasus ini penyebab telapak kaki kedinginan adalah suhu.

Namun, ada kondisi ketika telapak kaki kedinginan bukan karena suhu udara dan terjadi lebih lama. Hal ini membuat penyebab telapak kaki kedinginan selain suhu menjadi penting untuk diketahui.

Penyebab telapak kaki kedinginan selain suhu, berkaitan erat dengan sirkulasi darah yang tidak normal. Ketika sirkulasi darah tidak normal, maka darah yang membawa panas tubuh juga sulit mengalir. Parahnya, kondisi ini bisa membuat kerja jantung bermasalah dan sulit membawa darah ke seluruh tubuh.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab telapak kaki kedinginan dari berbagai sumber, Kamis (9/7/2020).

2 dari 6 halaman

Hipotiroidisme dan Stres

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme merupakan kondisi ketika kelenjar tiroid kurang aktif dan tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Ketika penurunan metabolisme tubuh, detak jantung, dan suhu tubuh terjadi.

Terkadang telapak kaki juga bisa menjadi kedinginan karena penurunan suhu tubuh yang dialami. Penyebab telapak kaki kedinginan ini harus diwaspadai. Apalagi jika penderita sudah sampai mengalami kelelahan, berat badan bertambah, dan masih banyak lagi.

Stres

Berada dalam kondisi stres atau kecemasan tinggi bisa menjadi penyebab telapak kaki kedinginan. Salah satu respons alami tubuh terhadap stres atau kecemasan adalah memompa adrenalin ke dalam aliran darah.

Saat bersirkulasi, adrenalin menyebabkan pembuluh darah di pinggiran mengerut, yang mengurangi aliran darah ke area terluar tubuh. Respons ini menyimpan energi dan mempersiapkan segala kerusakan tubuh yang mungkin terjadi, sebagai akibat dari situasi stres yang tinggi.

Hidup di dunia modern penuh dengan stres, tetapi tidak menyebabkan risiko langsung, jadi respons perlindungan ini mungkin lebih berbahaya daripada membantu jika membuat kaki atau tangan menjadi dingin secara berkala. Mengurangi stres dan kecemasan adalah cara terampuh mengatasi masalah ini.

3 dari 6 halaman

Sirkulasi dan Suhu

Sirkulasi

Masalah sirkulasi adalah penyebab paling umum dari telapak kaki kedinginan. Seseorang dengan sirkulasi yang buruk akan sering mengeluh tangan dingin dan kaki dingin karena kurangnya darah hangat pada area ekstremitas.

Sirkulasi yang buruk merupakan akibat dari gaya hidup yang kurang bergerak atau terlalu lama duduk, kebiasaaan merokok (produk tembakau dapat mempersulit darah untuk menjangkau setiap area tubuh), kolesterol tinggi (menyebabkan pembentukan plak di dalam arteri yang dapat mengurangi sirkulasi ke tangan dan kaki), dan masalah jantung.

Suhu

Ketika tubuh memasuki area yang lebih dingin, pembuluh darah di ekstremitas (anggota gerak), seperti tangan dan kaki, akan mengerut sehingga mengurangi aliran darah ke area-area ini dan akhirnya kehilangan banyak panas tubuh.

Seiring berjalannya waktu, berkurangnya aliran darah ini dapat menyebabkan berkurangnya oksigen dalam jaringan, yang dapat menyebabkannya berubah warna kebiruan. Jika suhu dingin hanya sementara, gejala-gejala ini biasanya tidak serius, dan tubuh akan kembali normal karena menghangat kembali.

Namun beberapa orang mengalami fenomena Raynaud (jari tangan dan kaki dingin atau mati rasa), akibat paparan suhu dingin atau stres tinggi sehingga menyebabkan sirkulasi darah terbatas.

4 dari 6 halaman

Anemia dan Buerger

Anemia

Anemia bisa menjadi penyebab telapak kaki kedinginan. Ketika seseorang kekurangan sel darah merah, otomatis telapak kaki dingin akan kedinginan. Kondisi ketika seseorang memiliki sedikit sel darah merah normal dalam tubuhnya.

Agar bisa mengatasi telapak kaki yang kedinginan, penyebab anemia juga harus diperhatikan. Anemia akan terjadi ketika seseorang kekurangan zat besi, vitamin B12, dan folat. Begitu juga dengan anemia defisiensi besi, kondisi ini hanya bisa diatasi dengan memperbaiki asupan nutrisi. Kemudian mengonsumsi suplemen dan menjalani pengobatan.

Buerger

Meski tergolong, jarang, tetapi jika seseorang punya kebiasan merokok dan telapak kakinya sering merasa kedinginan, mungkin penyakit Buerger ini adalah penyebabnya.

Penyakit ini menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki jadi bengkak dan menghambat aliran darah. Hambatan ini bisa menyebabkan gumpalan dan infeksi. Selain telapak kaki terasa dingin, gejala lainnya adalah telapak kaki tampak pucat, merah, atau kebiruan; kesemutan, nyeri, atau luka di tangan dan kaki.

5 dari 6 halaman

Arteri Perifer dan Raynaud

Arteri Perifer

Penyakit ini terjadi akibat adanya gangguan sirkulasi darah arteri yang menuju telapak kaki. Merokok, hipertensi, kolesterol tinggi, usia tua dapat menjadi faktor risiko telapak kaki kedinginan.

Selain telapak kaki bisa terasa dingin, gejala lain juga bisa timbul, seperti luka di kaki yang tak kunjung sembuh, nyeri betis terutama saat berjalan, dan satu kaki terasa lebih dingin dari kaki yang lain.

Raynaud

Penyakit Raynaud termasuk salah satu penyebab telapak kaki kedinginan. Penyakit ini akan menimbulkan gangguan suplai darah pada tubuh. Gangguan ini biasanya akan menyerang jari tangan dan kaki. Pemicu umum penyakit ini adalah kecemasan, stres, dan cuaca dingin. Cuaca dingin akan membuat pembuluh darah menyempit.

Gejala yang akan dialami penderita adalah tubuh menjadi pucat atau kebiruan dan dingin. Parahnya kulit bisa hingga mati rasa. Sedangkan pertanda kondisi ini sudah membaik, warnanya akan beruhan menjadi merah karena aliran darah normal kembali.

6 dari 6 halaman

Anorexia dan Diabetes

Anorexia Nervosa

Anorexia disebut sebagai salah satu gangguan makan. Gangguan makan ini bahkan bisa sampai memengaruhi kesehatan mental. Penyakit ini akan menyerang orang yang terlalu berlebihan menurunkan berat badan. Hingga menjadi pemicu gangguan makan yang serius.

Ketika berat badan menjadi jauh di bawah normal, sirkulasi darah sudah pasti akan memburuk. Lapisan lemak yang dimilikinya juga semakin menipis. Hal ini yang kemudian menjadi penyebab telapak kaki kedinginan berlebihan.

Diabetes

Penderita diabetes memiliki kemungkinan mengalami kedinginan pada telapak kaki. Hal ini disebabkan karena adanya kerusakan saraf akibat gula darah tinggi. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menurunkan kadar gula darah. Hingga penyebab telapak kaki kedinginan bisa teratasi.