Sukses

6 Cara Menggunakan Conditioner dengan Benar, Agar Hasil Maksimal

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang ingin memiliki rambut sehat serta berkilau, terutama bagi para wanita yang memiliki rambut panjang. Tentunya cara menggunakan conditioner yang benar sangat perlu diperhatikan. Salah-salah, apabila mempraktikkan cara menggunakan conditioner yang tidak tepat justru dikhawatirkan hasil penggunaan conditioner tersebut hanya menjadi hal yang sia-sia.

Memang, perwatan rambut bisa saja dilakukan di salon. Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki kesempatan dan waktu yang cukup luang untuk pergi ke salon untuk perawatan rambut tersebut. Mau tidak mau, mempraktikkan cara menggunakan conditioner yang benar di rumah akan menjadi solusi terbaik. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya lebihm cara menggunakan conditioner yang benar di rumah juga akan membantu Anda memahami lebih dalam mengenai karakter rambut Anda.

Mendapatkan conditioner yang tepat bisa dengan mudah Anda lakukan, bahkan jenis conditioner yang ada di pasaran tersebut memiliki rentang harga dari yang termurah hinga paling mahal. Tapi apakah mahal atau tidaknya jenis conditioner yang Anda beli rasanya akan menjadi percuma jika Anda tidak memahami cara menggunakan conditioner yang benar.

Hasil dari penggunaan conditioner yang benar sebenarnya cukup cepat terlihat hasilnya, karena memang conditioner umumnya bisa dapat langsung bekerja cepat terhadap rambut. Namun, conditioner sendiri selain membuat indah rambut dan membuatnya mengkilap, akan membantu rambut Anda terhindar dari bahaya paparan sinar matahari yang bisa menjadi penyebab rambut kering dan akhirnya mengalami kerontokan.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara menggunakan conditioner yang benar tersebut? Agar Anda menadapatkan hasil yang lebih maksimal ketika menggunakan conditioner, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum cara menggunakan conditioner yang benar tersebut, dan terbagi menjadi beberapa tahap, Kamis (9/7/2020).

2 dari 7 halaman

1. Keramas Rambut Terlebih Dahulu

Cara menggunakan conditioner yang benar diawali dengan proses pencucian rambut terlebih dahulu. Proses pencucian rambut sebelum menggunakan conditioner ini akan membantu Anda untuk membersihkan kotoran yang mungkin menempel pada rambut, baik itu ketombe, minyak berlebih atau paparan debu akibat aktivitas sehari-hari.

Dan, jangan lupa pastikan Anda membilas sampo hingga bersih. Sebab, busa sampo yang masih tertinggal di sela-sela rambut bisa menjadi penyebab ketombe pada rambut. Selain itu, penggunaan conditioner menjadi kurang maksimal ketika masih terdapat residu sampo pada tiap helai rambut.

3 dari 7 halaman

2. Keringkan Rambut Terlebih Dahulu

Cara menggunakan conditioner yang benar selanjutnya adalah dengan mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum penggunaan conditioner. Sebab, kondisi rambut setelah keramas dan masih terlalu basah, akan membuat conditioner menjadi terlalu mudah larut dan tidak dapat menempel dengan baik pada tiap helai rambut. Hal tersebut akan sangat merugikan Anda, karena penggunaan conditioner tersebut akan sia-sia, sebab conditioner tidak dapat menutrisi rambut dengan benar.

Jadi, agar hasil penggunaan conditioner lebih maksimal, jangan gunakan conditioner langsung pada rambut yang masih basah setelah keramas. Anda bisa mengeringkannya dengan cara di peras perlahan dan dikeringkan dengan handuk.

4 dari 7 halaman

3. Pakai Conditioner Secukupnya

Meski conditioner baik untuk menutrisi rambut, namun hal ini bukan berarti Anda bisa menggunakan conditioner dalam jumlah yang berlebihan. Anda cukup menyesuaikan jumlah conditioner yang akan digunakan dengan volume rambut Anda. Jika semakin lebat dan panjang rambut Anda, maka akan semakin banyak juga jumah conditioner yang perlu digunakan.

Selain lebih efektif dan efisien, penggunaan conditioner yang sesuai dengan volume rambut akan menghemat pengeluaran Anda untuk membeli conditioner.

5 dari 7 halaman

4. Jangan Terkena Kulit Kepala

Cara menggunakan conditioner yang benar selanjutnya adalah jangan sampai terkena kulit kepala. Mengapa begitu? Hal ini karena kulit kepala akan sangat berisiko memproduksi minyak berlebih ketika terkena conditioner yang memang fungsinya untuk melembabkan rambut. Ketika produksi minyak pada kulit kepala meningkat, maka akan menyebabkan rambut justru menjadi lepek dan tidak nyaman ketika beraktivitas.

Bahkan, bagi Sebagian orang, conditioner yang menempel ke kulit kepala bisa menyebabkan alergi Maka, Anda perlu sangat hati-hati ketika menggunakan conditioner. Caranya dengan mengoleskan conditioner menggunakan kedua telapak tangan, lalu apit tiap helai rambut Anda hingga merata.

6 dari 7 halaman

5. Ratakan Conditioner dengan Sisir

Apabila tahap pengolesan conditioner ke semua bagian rambut sudah selesai, maka cara menggunakan conditioner yang benar selanjutnya yaitu dengan meratakan conditioner ke seluruh bagian rambut dengan sisir. Sebabnya, menyisir rambut ketika masih menggunakan conditioner akan membuat rambut menjadi lebih mudah diatur dan seluruh conditioner dapat melapisi tiap helai demi helai rambut Anda. Ada baiknya menggunakan Anda menggunakan sisir dengan gigi yang renggang terlebih dahulu. Lalu, Anda bisa meratakan ke tiap helai rambut dengan sisir bergigi rapat.

Lalu setelah seluruh conditioner melapisi tiap helai rambut secara merata, selanjutnya Anda bisa mendiamkan conditioner selama 2-5 menit sebelum dibilas hingga menyeluruh. Hal ini bertujuan agar nutrisi dari conditioner dapat meresap hingga maksimal ke dalam tiap helai rambut.

7 dari 7 halaman

6. Bilas dengan Air

Langkah terakhir dari cara menggunakan conditioner yang benar, yaitu dengan membilas conditioner tersebut dengan menggunakan air bersih. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, Anda bisa menggunakan air hangat. Sebab, air hangat dapat membantu Anda dalam mengurangi minyak berlebih pada rambut dan lebih cepat dalam proses membilas conditioner.

Nah, jadi jangan lewatkan tiap tahap dari cara menggunakan conditioner yang benar di atas, ya. Tentunya agar hasil dari penggunaan conditioner tersebut lebih maksimal.