Sukses

12 Cara Mengecilkan Lengan Tangan dan Paha dengan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Cara mengecilkan lengan tangan dan paha bisa dilakukan dengan banyak berolahraga. Berbagai jenis olahraga dari yang sederhana hingga olahraga berat bisa menjadi pilihan kamu dalam menjaga kesehatan sekaligus mengecilkan lengan tangan dan paha.

Namun, tentunya berolahraga saja tidak cukup. Kamu juga harus memperhatikan asupan nutrisi untuk tubuh. Menjaga pola makan yang baik dan mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang tepat dapat melancarkan keinginanmu untuk mendapatkan lengan tangan dan paha yang kecil.

Cara mengecilkan lengan tangan dan paha bisa diterapkan secara rutin. Jika ingin tetap menjaga kesehatan, kamu bisa terus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tentunya tidak hanya berpengaruh terhadap lengan tangan dan paha, namun juga terhadap seluruh bagian tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/7/2020) tentang cara mengecilkan lengan tangan dan paha.

2 dari 6 halaman

Lompat Tali dan Jogging

Lompat Tali

Cara Mengecilkan Lengan tangan dan paha yang pertama adalah dengan lompat tali. Olahraga simpel ini memiliki banyak manfaat buat tubuh, di antaranya adalah membuat lengan lebih ramping serta membantu mengecilkan lengan. Meski terdengar cukup sederhana untuk dilakukan, lompat tali secara efektif dapat mengurangi berat badan termasuk mengecilkan paha dan betis.

Lakukan lompat tali setiap hari pada pagi atau sore hari. Lakukanlah olahraga ini sekitar 20 menit setiap hari. Usahakan untuk meningkatkan intensitasnya agar lengan semakin cepat mengecil.

Jogging

Jogging adalah salah satu Cara Mengecilkan Lengan Tangan dan paha yang tak kalah efektif. Ketika melakukan olahraga kardio ini, kaki akan terus bergerak secara stabil sehingga dapat membakar lemak pada paha dan betis secara efektif. Lakukan secara rutin selama 30 menit.

Jogging atau berlari juga merupakan cara terbaik untuk mempercepat proses pembakaran lemak tubuh, salah satunya lemak di lengan bagian atas. Dalam menerapkan jogging, sebaiknya selalu lakukan pemanasan dan atur pernapasan dengan baik. Apalagi, jogging juga membuat tubuh semakin sehat. Tidak ada salahnya menerapkannya secara rutin.

3 dari 6 halaman

Bersepeda dan Berenang

Bersepeda

Bersepeda juga bisa dilakukan sebagai cara mengecilkan lengan tangan dan paha berikutnya. Bersepeda adalah olahraga kardio lain yang berguna untuk mengurangi lemak berlebih, selain berlari.

Dengan bersepeda, kamu bisa mendapatkan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti membakar lemak tubuh, menurunkan tingkat stres, hingga merawat sendi. Selain untuk membakar lemak di badan, bersepeda juga bisa membakar lemak di paha dan betis. Bersepeda dianjurkan dilakukan minimal 2,5 jam seminggu atau 30 menit setiap hari secara rutin.

Berenang

Selain membuat sehat dan bugar, berenang juga merupakan salah satu cara mengecilkan lengan tangan dan paha yang wajib kamu coba. Pasalnya, olahraga air satu ini melatih semua kelompok otot utama tubuh, mulai dari lengan, bahu, punggung, perut, hingga kaki.

Kamu dianjurkan untuk erenang selama 10 hingga 30 menit. Lakukan secara rutin sebanyak 3 sampai 5 kali per minggu. Tidak hanya untuk mengecilkan lengan saja, berenang juga akan melatih seluruh bagian tubuh. 

4 dari 6 halaman

Konsumsi Makanan Sehat dan Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Konsumsi Makanan Sehat

Cara mengecilkan lengan tangan dan paha selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan menjaga pola makan sehat. Sebaiknya mulailah mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat, gula dan makanan yang digoreng.

Dengan mengurangi ketiga jenis makanan ini lemak yang ada di dalam tubuh termasuk di lengan tangan dan paha pelan-pelan akan berkurang karena akan dibakar oleh tubuh. Lemak sudah mulai berkurang karena endapan dari makanan kini sudah mulai berkurang. Hal ini bisa berhasil jika kamu melakukannya dengan teratur.

Kamu bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah lemak dan memperbanyak konsumsi gandum, telur, susu rendah lemak, sayuran, unggas, ikan, daging tanpa lemak, dan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan buah-buahan, seperti alpukat.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh dengan memperbanyak minum air putih. Cara mengecilkan lengan tangan dan paha ini juga harus benar-benar diperhatikan.

Meminum minimal 8 gelas air putih setiap hari efektif untuk membantu memecah timbunan lemak dalam tubuh dan meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Hal ini akan melancarkan sistem pencernaan, sehingga lemak tidak akan mengendap dan tertimbun sia-sia dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Lengan Tangan

Kamu juga bisa melakukan cara mengecilkan lengan tangan dan paha secara terpisah. Berikut beberapa cara mengecilkan lengan tangan yang bisa kamu lakukan:

Push-up

Tidak hanya ampuh untuk membentuk otot perut dan bahu, push up juga efektif untuk mengecilkan dan mengencangkan lengan. Push-up dapat membantu mengencangkan lengan atas dengan membakar lemak di daerah tersebut. Selain itu, tidak hanya push-up smepurna, kamu juga bisa melakukan push up lutut yang lebih mudah.

Push-up lutut adalah gerakan push-up yang bertumpu pada lutut. Latihan ini cocok buat kamu yang merasa tidak mampu melakukan push up sempurna. Caranya, posisikan tubuh seperti melakukan push-up sempurna namun dengan lutut sebagai tumpuannya. Lakukan push-up secara rutin agar lengan tangan cepat mengecil.

Angkat Beban

Gerakan angkat beban juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengecilkan lengan. Angkat beban di sini bukan berarti harus memakai barbel yang sangat berat layaknya olahragawan yang kerap menyambangi tempat fitness. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan barbel yang sekiranya kamu kuat untuk mengangkatnya.

Caranya, pegang barbel dengan kedua tangan, angkat kedua tangan ke atas kepala sampai otot perut dan lengan terasa ketarik. Tahan posisi tersebut beberapa saat, lalu kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan tersebut semampumu, dan tingkatkan terus intensitasnya setiap harinya.

Pull-up

Pull up juga menjadi salah satu olahraga yang cukup populer untuk mengecilkan lengan. Caranya, berdiri di bawah tiang horizontal lalu genggam tiang tersebut dengan kedua tangan dan angkat seluruh tubuh ke atas sampai bagian kepala melewati tiang tersebut.

Lakukan gerakan ini sesuai dengan kemampuanmu dan tingkatkan intensitasnya sebanyak 10 sampai 15 kali. Lakukan gerakan ini minimal 2 kali dalam sehari, dengan latihan yang rutin maka lengan yang bergelambir akan lebih mengecil.

6 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Paha

Kamu juga bisa melakukan cara mengecilkan lengan tangan dan paha secara terpisah. Berikut beberapa cara mengecilkan paha yang bisa kamu lakukan:

Rutin Jalan Kaki

Berjalan kaki secara rutin selama minimal 30 menit dalam sehari dapat membantu mengecilkan betis dan paha. Tidak hanya itu, dengan berjalan kaki setiap harinya kamu dapat tampak lebih segar. Hanya selama 30 menit per harinya, jalan kaki merupakan cara paling efektif untuk mengecilkan paha dan betis yang melebar.

Naik Turun Tangga

Jika ingin memiliki paha yang bagus, maka mulailah memanfaatkan tangga daripada menggunakan lift atau eskalator saat ingin pergi dari satu lantai ke lantai lainnya. Dengan naik turun tangga, secara tidak langsung tubuhmu melakukan gerakan pembakaran kalori pada kedua kakimu, sehingga dapat mengecilkan bentuk kakimu yang semula lebar. Bukan hanya betis dan paha yang akan menjadi bagus, tapi kesehatan paru-paru pun akan semakin membaik.

Squat

Squat merupakan salah satu latihan terbaik yang dapat membantu menghilangkan lemak berlebih di paha. Latihan ini cukup mudah dan bisa kamu lakukan di mana saja termasuk di dalam rumah.Caranya berdirilah dengan tegak dan kedua kaki dibuka dengan lebar, lalu posisikan kedua tangan pinggang serta lutut ditekuk. Tahan hingga beberapa detik. Lakukan latihan ini secara rutin setiap harinya untuk mendapatkan hasil maksimal.

Itulah beberapa cara mengecilkan lengan tangan dan paha yang bisa kamu terapkan secara rutin. Selain itu, sebenarnya masih banyak lagi olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan.