Sukses

11 Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Kucing Secara Alami, Praktis dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan telur kutu pada kucing bisa dilakukan dengan memperhatikan kebersihannya. Apalagi, tak hanya menimbulkan gatal dan masalah kulit pada kucing, kutu bisa membahayakan kesehatan kucing kamu. Oleh karena itu, penting mengenali cara menghilangkan telur kutu pada kucing. 

Gejala telur kutu pada kucing ini biasanya ditandai dengan kucing sering menggaruk, menggigit kulit, menjilat, dan tampak gelisah. Hal ini dapat disebabkan karena faktor lingkungan yang kotor, interaksi dengan kucing yang kutuan, hingga kucing tidak bisa membersihkan dirinya sendiri.

Cara menghilangkan telur kutu pada kucing bisa menggunakan beberapa bahan alami. Selain itu, tidak hanya badan kucing saja yang harus dibersihkan, kandang kucing, rumah, dan lingkungan tempat ia bermain juga harus kamu bersihkan dari kutu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/7/2020) tentang cara menghilangkan telur kutu pada kucing.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Kucing

Mandikan Kucing dengan Sampo Khusus

Cara menghilangkan telur kutu pada kucing yang pertama adalah memandikannya dengan sampo khusus. Sampo khusus kucing bisa dengan mudah ditemukan di pet shop atau dokter hewan. Memandikan kucing bisa membantu membersihkan kulit dan bulu kucing dari kutu dan telur-telurnya. Mandikan kucing dengan air hangat dan segera keringkan kucing setelah dimandikan.

Sisir Bulu Kucing

Setelah memandikan kucing, cara menghilangkan telur kutu pada kucing berikutnya adalah mengeringkan bulunya dan menyisir bulunya. Pilihlah sisir kutu khusus yang memiliki gigi halus dan rapat. Ini dapat membantu memisahkan kutu dari bulu kucing. Menyisir bulu kucing bisa membantu mengangkat telur kutu yang menempel pada bulu kucing.

Beri Obat Kutu

Memberikan obat kutu juga merupakan cara menghilangkan telur kutu pada kucing yang ampuh. Obat kutu kucing biasanya berbentuk cairan spray atau bedak. Semprotkan obat kutu di sekujur tubuh kucing.

Pastikan kamu memilih obat kutu yang aman untuk kucing karena ia bisa menjilat bulunya setelah diberi obat kutu.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Kucing

Cuci Kandang Kucing

Selanjutnya, kamu harus mencuci kandang kucing atau tempat ia sering tidur dan beristirahat. Cara menghilangkan kutu pada kucing ini harus dilakukan dengan air panas dan dicampur dengan cuka agar telur kutu hilang sepenuhnya.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kebersihan tempat tinggalmu agar telur kutu yang bertebaran di rumah bisa menghilang.

Isolasi Kucing

Cara menghilangkan telur kutu pada kucing selanjutnya adalah dengan mengisolasinya. Saat kucing memiliki kutu di tubuhnya, segera isolasi kucing dari peliharaan lainnya. Kamu bisa menaruhnya di kandang atau ruangan khusus.

Hal ini dilakukan agar ia tidak menularkan kutu pada peliharaan lainnya dan membuat perawatan dan menghilangkan telur kutu lebih cepat dan mudah.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Kucing Secara Alami

Air Lemon

Cara menghilangkan telur kutu pada kucing secara alami yang pertama adalah menggunakan air lemon. Kutu kucing sangat membenci aroma lemon, jadi bila kamu menggunakannya secara teratur kutu kucing tidak akan menyerang kucing kesayangan kamu lagi.

Cara membuatnya cukup mudah, rebus air dengan satu atau dua potong lemon. Dinginkan air lemon selama beberapa jam. Kemudian, saring semua partikel lemon dari campuran dan tuangkan ke dalam botol semprot.

Semprotkan pada kulit dan bulu kucing, pastikan untuk benar-benar membasahi semua bulu. Berhati-hatilah air lemon tidak mengenai mata kucing.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan telur kutu pada kucing. Sifat asam dalam cuka apel mampu membunuh kutu yang ada pada bulu kucing.

Kamu bisa membuat larutan cuka apel dan air dengan skala 1:2. Misalnya jika menggunakan satu sendok teh cuka apel, gunakan dua sendok teh air untuk melarutkannya. Masukkan pada botol semprot, dan semprotkan larutan cuka apel pada tubuh kucing.

Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan telur kutu pada kucing. Bahkan, lidah buaya juga dapat membantu mengatasi luka dan peradangan yang disebabkan oleh kutu.

Kamu bisa menggunakan lidah buaya segar, mengambil bagian gelnya dan mengoleskannya pada bulu kucing. Gel lidah buaya juga bisa dicairkan dan dijadikan semprotan untuk menghilangkan kutu.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Telur Kutu pada Kucing Secara Alami

Minyak Telon

Kamu juga bisa menggunakan minyak telon sebagai cara menghilangkan telur kutu pada kucing. Kandungan minyak atsiri dalam minyak telon bisa membunuh parasit yang ada di tubuh kucing. Kamu tinggal mengoleskan sedikit minyak telon pada area yang sering didiami kutu seperti di perut atau leher.

Minyak Zaitun

Cara menghilangkan telur kutu pada kucing selanjutnya adalah dengan minyak zaitun. Aplikasikan minyak zaitun pada bulu kucing, biarkan zaitun menembus bulu dan kulit kucing selama 15 menit.

Saat minyak menembus rambut, kutu akan terlepas. Setelah itu, kamu bisa memandikan kucing dengan sampo biasa dan mengeringkannya. Minyak zaitun juga mampu mengatasi peradangan atau luka akibat gigitan kutu kucing.

Air Garam

Cara menghilangkan telur kutu pada kucing selanjutnya adalah dengan air garam Air garam juga bisa menjadi cara alternatif membunuh kutu pada kucing. Larutan air garam juga mampu meluruhkan telur dan larva kutu yang ada pada kucing.

Caranya cukup buat larutan garam, lalu gunakan larutan untuk memandikan kucing. Namun, hindari cara ini jika kucing memiliki iritasi atau luka pada kulitnya.