Sukses

7 Cara Mengeluarkan Dahak pada Anak yang Aman Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Dahak biasanya akan timbul karena batuk. Batuk berdahak istilahnya. Batuk yang disertai dengan dahak terjadi ketika paru-paru anak terinfeksi. Selain batuk, dahak juga bisa timbul karena infeksi lain yang mengganggu saluran pernapasan. Hal ini membuat cara mengeluarkan dahak pada anak penting untuk diketahui. 

Dahak yang menyumbat saluran pernapasan anak sudah pasti berbahaya. Bisa membuat anak sulit bernapas dan ada banyak bakteri di sana. Bakteri dalam dahak sudah seharusnya dikeluarkan bukan? Nah, cara mengeluarkan dahak pada anak ini bisa dilakukan dengan bahan alami.

Bahan alami dipilih untuk mengeluarkan dahak pada anak karena lebih aman. Apalagi bagi anak yang masih berusia di bawah enam tahun. Bagi anak usia ini sebaiknya hindari cara mengeluarkan dahak pada anak menggunakan obat. Memberi anak obat untuk mengeluarkan dahak justru akan menimbulkan risiko yang sangat bahaya.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengeluarkan dahak pada anak dari berbagai sumber, Jumat (10/7/2020).

2 dari 7 halaman

Menepuk Punggung dan Rempah-Rempah

Menepuk Punggung

Menepuk punggung anak bisa dilakukan sebagai cara mengeluarkan dahak pada anak. Sebelum mulai menepuk, pastikan untuk menelungkupkan anak terlebih dahulu. Menelungkupkan akan bisa lebih memudahkan dahak keluar.

Bisa juga dengan coba meletakkan satu kaki ibu sedikit lebih ke atas daripada kaki bagian satunya. Telungkupkan dengan posisi kepala berada di bagian lebih rendah dan badannya di bagian yang lebih tinggi sedikit. Ketika dahak sudah keluar, bersihkan dengan tisu atau kain kering lembut.

Rempah-Rempah

Memberi anak makanan yang kaya rempah juga bisa dijadikan solusinya. Rempah-rempah ini adalah jahe, ginseng, bawang putih, dan masih banyak lagi. Kandungan dalam rempah-rempah mampu membunuh virus atau bakteri penyebab dahak. Lendir yang berlebihan juga menjadi lebih mudah diatasi. Cobalah dengan mencampurkan makanan atau minuman anak dengan rempah-rempah.

3 dari 7 halaman

Cairan

Mengkonsumsi lebih banyak cairan saat mengalami batuk berdahak bagi orang dewasa tentu lebih mudah. Cara ini sangat berbeda dengan anak yang belum memiliki kesadaran mengonsumsinya. Hal ini membuat ibu harus lebih telaten memberikan anak cairan agar dahak bisa lebih cepat encer.

Misalnya saja seperti memberinya teh hangat, jeruk hangat, atau minuman hangat yang lain. Bisa juga dengan memberikan air garam. Cara mengeluarkan dahak pada anak ini terbilang cukup ampuh. Coba campurkan setengah sendok teh garam dengan air hangat.

Bila anak masih di bawah 6 bulan, maka beri dia ASI yang lebih banyak dari sebelumnya. Bila anak sudah di atas 6 bulan, berikan ASI atau air putih untuk memenuhi cairannya.

4 dari 7 halaman

Daun Sirih

Daun sirih juga bisa digunakan untuk mengeluarkan dahak pada anak. Hanya perlu mengukur beberapa lembar daun sirih. Kemudian balurkan pada dada anak. Kombinasikan juga dengan penggunaan minyak telon atau minyak kayu putih.

Sebelum itu, oleskan minyak telon atau minyak kayu putih pada dada dan punggung. Bagi anak yang alergi minyak esensial sebaiknya hindari. Jika sudah, letakan lembaran daun sirih ke dada anak beberapa menit. Hal ini bisa mengencerkan dahak anak, sehingga mudah dibuang.

5 dari 7 halaman

Madu

Dahak pada anak juga bisa dikeluarkan dengan memberinya madu sebelum tidur. Cara mengeluarkan dahak pada anak ini bisa membuat tenggorokan anak terlindungi dan tidak sakit. Coba campurkan madu bersama teh atau meminumkannya secara langsung.

Bagi anak yang berusia di bawah 12 bulan, disarankan untuk tidak memberikan madu. Madu justru akan membuatnya mengalami botulisme karena banyak parasit yang bisa membahayakannya. Berikan madu pada anak yang sudah berusia lebih dari satu tahun. Madu ini dipercaya memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang efektif mengeluarkan dahaknya.

6 dari 7 halaman

Uap

Tenggorokan yang lembap akan semakin memudahkan pengeluaran dahak. Cara melembapkan tenggorokan, bisa menggunakan alat cool-mist humidifier. Alat ini sangat disarankan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute.

Pastikan bahwa anak tidur menggunakan humidifier di malam hari dengan menutup jendela. Humidifier ini mampu membunuh bakteri yang menyebabkan batuk berdahak atau infeksi pernapasan lainnya.

Cara mengeluarkan dahak pada anak selain humidifier:

- Terapi uap sederhana, caranya dengan mengisi mangkuk besar dengan air panas. Lalu mengarahkan tubuh anak bagian atas, dari kepala hingga dada ke atas mangkuk besar dengan menutup kepala anak dengan handuk. Tarik napas dengan menghirup uap air dari mangkuk tersebut.

- Selain itu, Sahabat Dream juga bisa melakukan penguapan dengan mandi air hangat, dan menyuruh anak untuk berendam di dalamnya.

7 dari 7 halaman

Hangatkan

Menghangatkan tubuh anak adalah cara mengeluarkan dahak pada anak yang ampuh dan mudah dilakukan. Menghangatkan anak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memandikannya dengan air hangat. Bisa juga dengan memberinya makanan yang mengandung herbal.

Makanan yang mengandung herbal, misalnya:

- Bawang putih

- Jahe

- Lemon

- Lada dan Paprika

- Gingseng