Sukses

6 Manfaat Air Tajin untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Dibuang

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air tajin mungkin sudah cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu untuk diberikan kepada bayi sebagai tambahan nutrisi. Manfaat air tajin ini berasal dari kandungan pati yang terbentuk sebelum nasi matang, dimana hal tersebut yang menjadi sumber nutrisi baik bagi kesehatan bayi.

Selain manfaat air tajin bagi kesehatan bayi, air yang dikenal berasal dari cucian beras ini juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Bahkan manfaat air tajin ini sudah diakui di berbagai belahan dunia. Salah satu negara yang mengakui manfaat air tajin ini berasal dari negara yang dikenal dengan pohon sakuranya, yaitu Jepang. Di Jepang, manfaat air tajin terutama untuk kecantikan sudah dimanfaatkan sejak 1.000 tahun lalu.

Air tajin memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kecantikan, seperti senyawa bioaktif asam amino, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin E, mineral (natrium dan kalium), hingga zat antioksidan. Selain manfaat air tajin dari segi nutrisi, air tajin juga sangat ekonomis, sebab tidak perlu merogoh kocek yang cukup agar bisa membuatnya.

Dilansir dari doctor.ndtv.com, untuk mendapatkan manfaat air tajin secara maksimal, Anda hanya perlu merebus tiga sendok makan beras ke dalam dua gelas air. Lalu, masak selama 20-30 menit dan biarkan mendidih. Setelah itu, ketika air sudah mulai berubah menjadi putih susu, saring dan biarkan air tajin hingga dingin, lalu minumlah.

Nah, mungkin Anda juga masih bertanya-tanya dan ingin memahami lebih dalam manfaat air tajin tersebut. Maka, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai berbagai manfaat air tajin tersebut seperti yang dilansir dari doctor.ndtv.com, Minggu (12/7/2020).

2 dari 7 halaman

1. Mengatur suhu tubuh

Manfaat air tajin yang pertama yaitu kemampuannya dalam megatur suhu tubuh, terutama bagi Anda yang tinggal di daerah dengan iklim cukup hangat ke panas seperti Indonesia. Air tajin dipercaya menjadi salah satu obat yang sangat efektif untuk mengatur suhu tubuh apabila dikonsumsi dengan cara pengolahan yang benar. Air tajin ini akan membuat suhu tubuh Anda menjadi lebih dingin dan terasa segar setelah dikonsumsi.

3 dari 7 halaman

2. Sebagai sumber energi

Manfaat air tajin yang kedua berasal dari bahan pembuat air tajin itu sendiri, yaitu beras. Beras memang diketahui memiliki kandungan berupa karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat yang terkandung pada beras sendiri merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Manfaat berupa sumber energi ini didapatkan ketika proses pengolahan dalam pembuatan air tajin yang melarutkan nutrisi pada beras.

Jadi, ketika Anda merasa kurang memiliki energi dan terasa lemas, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi air tajin. Namun, jangan diberi tambahan gula, ya. Sebab justru akan menyebabkan asupan kalori yang berlebihan pada tubuh.

4 dari 7 halaman

3. Mencegah dehidrasi

Ketika musim panas, tubuh Anda akan sangat berisiko untuk terkena dehidrasi. Untuk mencegah terjadinya dehidrasi tersebut, maka Anda bisa mengonsumsi segelas air tajin sebelum beraktivitas di luar rumah.

Sebab, kandungan nutrisi pada air tajin akan membantu tubuh Anda dapat bekerja secara optimal dan terhindar dari dehidrasi. Agar lebih segar lagi, Anda bisa mengonsumsi air tajin ini dalam keadaan dingin, dan tentunya jangan beri tambahan gula atau pemanis apapun agar tidak memberi kalori berlebih pada tubuh Anda.

5 dari 7 halaman

4. Mengatasi diare

Manfaat air tajin selanjutnya yaitu kemampuannya dalam mencegah diare. Bahkan, mengonsumsi air tajin menjadi salah satu solusi obat diare di rumah, ketika tidak adanya obat yang mumpuni untuk mengatasi diare tersebut.

Manfaat air tajin untuk mengatasi diare sangat berguna bagi orang dewasa dan juga bayi.  Bahkan, pada sebuah penelitian menunjukkan jika air tajin merupakan obat yang sangat efektif untuk diare pada anak-anak sebab dapat mengurangi volume dan frekuensi keluarnya tinja.

6 dari 7 halaman

5. Mencegah sembelit

Selanjutnya, mengonsumsi air tajin akan menjadi cara yang baik agar sistem pencernaan Anda tetap berfungsi dengan baik. Kandungan nutrisi yang ada di dalam air tajin sangat membantu dalam meredakan sembelit. Namun, meski manfaat air tajin mampu untuk mencegah sembelit, Anda sangat disarankan untuk selali mengonsumsi makanan kaya serat. Sebab, mengonsumsi makanan kaya serat disertai konsumsi air tajin, akan membentuk sistem pencernaan yang baik dan selalu sehat.

7 dari 7 halaman

6. Membuat rambut menjadi sehat

Manfaat air tajin yang terakhir, yaitu manfaatnya dalam menyehatkan rambut. Manfaat air tajin ini sudah ratusan tahun digunakan sebagai sampo serta kondisioner. Selain lebih murah dan dapat menghemat kantong, menggunakan air tajin sebagai bahan untuk merawat rambut sangat baik dan aman, sebab tidak terdapat campuran bahan kimia berbahaya di dalamnya.

Manfaat air tajin bagi ambut tersebut sebenarnya berasal dari kandungan inositol yang dapat meningkatkan elastisitas rambut dan mencegah kerusakan. Selain itu, memijat kulit kepala Anda dengan air tajin juga akan membantu rambut Anda lebih kuat langsung dari akarnya.