Sukses

Cara Membuat Masker Kefir Bengkoang, Mudah Dipraktikkan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat masker kefir bengkoang ternyata sangat mudah. Bahkan tidak diperlukan waktu lama untuk dapat  mempraktikkan cara membuat masker kefir bengkoang tersebut. Bahan yang digunakan untuk membuat masker kefir bengkoang sendiri juga tidak terlalu beragam dan memiliki harga yang mahal.

Perawatan kecantikan memang menjadi hal yang tak boleh disepelekan, terutama bagi Anda yang sudah mulai menginjak usia di atas 20 tahun. Masker kefir bengkoang ini merupakan produk perawatan wajah yang aman untuk digunakan. Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara membuat masker kefir bengkoang ini.

Masker kefir bengkoang merupakan masker wajah alami yang terbuat dari endapan hasil proses fermentasi susu kambing atau sapi. Endapan tersebut yang ternyata memiliki kandungan probiotik aktif atau lactobacillus, dimana probiotik tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda.

Dengan memahami cara membuat masker kefir bengkoang ini, setidaknya Anda tidak perlu khawatir akan berbagai produk perawatan wajah yang mungkin ditakutkan memiliki berbagai bahan kimia berbahaya di dalamnya. Terutama jika kulit wajah Anda merupakan jenis kulit yang cukup sensitif.

Lalu, bagaimana dengan tahapan-tahapan untuk mempraktikkan cara membuat masker kefir bengkoang? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai cara membuat masker kefir bengkoang dari berbagai sumber, dilengkapi dengan tahapan cara menggunakan masker kefir bengkoang tersebut, Minggu (12/7/2020).

2 dari 4 halaman

Cara membuat masker kefir

Tahap pertama dalam cara membuat masker kefir bengkoang adalah dengan membuat bahan berupa kefir itu sendiri. Sebenarnya sudah banyak produk masker kefir di luar sana. Namun, jika Anda ingin membuatnya sendiri, maka ikuti langkah-langkah berikut:

Bahan:

- 1 liter susu kambing atau sapi murni

- 50 gram bibit kefir

Cara membuat:

a. Siapkan seluruh bahan untuk membuat kefir di atas.

b. Selanjutnya, camput susu dan bibit kefir ke dalam wadah atau toples kaca, lalu aduk hingga rata dan menyatu.

c. Setelah itu, tutup wadah atau toples dengan kain dan diamkan adonan kefir tersebut di ruangan gelap selama 24-48 jam agar susu terfermentasi sempurna.

d. Apabila proses fermentasi telah selesai, maka akan terlihat jika susu terbagi menjadi curd (cairan kental) di bagian atas dan whey (cairan bening) pada bagian bawah.

e. Selanjutnya, saring susu menggunakan kain tipis agar whey dan curd dapat dipisahkan.

f. Setelah terpisah, curd atau bagian cairan yang lebih kental merupakan bagian dari hasil fermentasi yang bisa Anda gunakan sebagai masker untuk wajah.

g. Sebelum digunakan, pastikan curd telah bersih dari bibit kefir yang masih tersisa, setelah itu baru curd bisa digunakan sebagai masker wajah.

h. Khusus untuk bagian berupa whey, Anda bisa mengonsumsinya sebagai minuman segar dengan campuran berbagai bahan seperti buah.

3 dari 4 halaman

Cara membuat masker kefir bengkoang

Setelah masker kefir telah siap, maka selanjutnya Anda bisa mencampur masker kefir tersebut dengan bengkoang. Penambahan bengkoang pada masker kefir ini tentunya akan memberi tambahan manfaat yang berguna bagi kesehatan wajah.

Sebab, kandungan bengkoang pada masker kefir bengkoang tersebut, akan bermanfaat sebagai pemutih wajah alami, mencerahkan wajah, mencegah keriput, mengencangkan kulit wajah dan membuat kulit menjadi lembut dan berkilau.

Cara membuat masker kefir bengkoang tersebut juga tidaklah sulit, berikut caranya:

Bahan:

- 2 sendok makan kefir

- 1/2 buah bengkoang

Cara membuat:

a. Kupas bengkoang lalu bersihkan dengan air bersih yang mengalir.

b. Potong bengkoang menjadi beberapa bagian.

c. Parut bengkoang tersebut hingga benar-benar lembut.

d. Setelah diparut, peras parutan bengkoang tersebut lalu masukkan sarinya ke dalam mangkuk.

e. Campurkan sari bengkoang tersebut ke dalam masker kefir yang telah Anda buat dan siapkan tadi.

4 dari 4 halaman

Cara menggunakan masker kefir bengkoang

Untuk mengaplikasikan masker kefir bengkoang ke wajah caranya cukup mudah, berikut tahapannya:

a. Pertama-tama bersihkan wajah dari sisa make up dan kotoran hingga benar-benar bersih.

b. Siapkan masker kefir bengkoang yang sudah didinginkan dari dalam kulkas.

c. Setelah itu, oleskan masker kefir bengkoang secara merata ke seluruh bagian wajahmu.

d. Diamkan kurang lebih 30 hingga 45 menit agar masker kefir bengkoang tersebut meresap dan mengering dengan baik pada wajah.

e. Apabila masker kefir sudah mengering sempurna, selanjutnya bilas dengan air bersih sedikit demi sedikit sembari digosok halus dengan jari. Pada tahap ini, juga berfungsi dalam mengangkat sel-sel kulit mati paada wajah Anda.

f. Terakhir, keringkan dengan handuk atau kain kering yang bersih.

Jadi bagaimana menurut Anda? Cukup mudah bukan cara membuat masker kefir bengkoang di atas. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan hasil yang maksimal, ya.