Sukses

Cara Membuat Celengan dari Kardus Sepatu, Ketahui Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat celengan dari kardus sepatu bisa Anda jadikan bahan pelajaran bagi anak usia dini agar tertarik untuk belajar menabung. Selain berguna untuk menarik minat anak usia dini untuk menabung, mempraktikkan cara membuat celengan dari kardus sepatu ini juga membantu untuk mengasah dan meningkatkan kreativitas anak.

Cara membuat celengan dari kardus sepatu menggunakan bahan dan alat yang dibutuhkan yang mudah ditemukan. Selain itu, cara membuat celengan dari kardus sepatu ini juga sangat simpel. Namun, bagi anak-anak yang dirasa belum mampu untuk menggunakan alat potong seperti gunting atau cutter, lebih baik diberi pengawasan lebih dari orang tua.

Celengan dari kardus ini sebenarnya menjadi instrumen pembelajaran menabung sejak dini yang sangat baik dan efektif. Sebab, dengan memiliki celengan yang dibuat sendiri, maka anak-anak akan belajar menyisihkan uangnya dan berhemat. Namun yang perlu ditekankan kepada mereka, yaitu menabung tidak selalu dengan jumlah yang besar.

Selain itu, anak-anak tidak perlu dibuat terlalu berpikir mengenai apa tujuan menabung, atau mungkin berapa jumlah uang jajan sekolah yang harus disisihkan untuk ditabung. Konsistensi dan ketekunan dalam menabung menjadi hal yang lebih penting, dan jumlah uang yang didapatkan esok di masa depan merupakan sebuah bonus dari konsistennya menabung.

Oleh karena itu, cara membuat celengan dari kardus sepatu ini penting untuk Anda simak. Agar Anda tidak bingung untuk memparktikkan cara membuat celengan dari kardus sepatu tersebut, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum tahapan-tahapan mengenai cara membuat celengan dari kardus sepatu tersebut untuk Anda, Minggu (12/7/2020).

2 dari 4 halaman

Alat dan Bahan

Sebelum Anda mulai mempraktikkan cara membuat celengan dari kardus sepatu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan seluruh bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan bahan ini Anda bisa mencari di sekitar rumah Anda dan tidak memerlukan bahan yang harus dibeli baru.

Ingat, ada beberapa alat dalam membuat celengan dari kardus sepatu bekas ini yang cukup tajam dan berbahaya jika digunakan oleh anak-anak. Maka dari itu, pastikan seluruh bend tajam diawasi penggunaannya oleh orang yang lebih tua. Berikut detailnya:

- Kardus sepatu bekas

- Tali sepatu berwarna

- Pensil

- Spidol warna-warni

- Penggaris

- Paku

- Cutter

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Celengan dari Kardus Sepatu

a. Siapkan terlebih dahulu seluruh bahan untuk membuat celengan dari kardus sepatu. Pastikan kardus tersebut sudah dibersihkan dan tidak terdapat kotoran yang membahayakan kesehatan.

b. Selanjutnya, lepas bagian ujung-ujung dari kardus sepatu dan biarkan seluruh bagian kardus terbuka semua.

c. Langkah ketiga, buat pola pada kardus sepatu berupa bentuk dari celengan yang ingin Anda buat, lebih mudah jika berbentuk kotak.

d. Gambar pola tersebut menggunakan pensil dan penggaris di atas kardus, dan pastikan jika garisnya tidak miring-miring untuk menjaga bentuk celengan yang simetris.

e. Potong pola celengan yang telah digambar pada kardus menggunakan cutter, namun hati-hati ketika melakukan proses pemotongan. Orang tua bisa membantu anaknya ketika proses pemotongan pola ini.

f. Cara membuat celengan dari kardus sepatu berikutnya, lubangi sisi samping dari kardus menggunakan paku.

g. Lubangi dengan hati-hati jangan sampai mengenai tangan. Lubang ini berfungsi sebagai lokasi direkatkannya tiap bagian celegan kardus sepatu.

h. Usahakan jika lubang tersebut sejajar dan pastikan jika semua lubangnya tidak terlalu berdempetan dan diberi jarak yang sama antara satu lubang dengan yang lainnya.

i. Lalu, langkah terakhir dalam cara membuat celengan dari kardus sepatu ini adalah dengan menjahit setiap sisi yang sudah di lubangi menggunakan tali sepatu.

j. Usahakan alur menjahit dimulai dari bagian dalam. Tujuannya agar jahitan terlihat rapi.

k. Apabila celenganmu sudah terjahit, lubangi celah atas celengan menggunakan cutter.

l. lalu, Anda bisa mewarnai celengan tersebut sesuai selera dan kerativitas.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menabung Sejak Dini

Selain berguna dalam mengasah kreativitas anak-anak ketika membuat celengan, penggunaan celengan dengan cara menabung ternyata juga memiliki beberapa manfaat yang sangat baik. Berdasar penelitian yang diterbitkan oleh journal.uii.ac.id menyatakan jika dengan menabung maka seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih hemat dan juga dapat belajar mengatur keuangan.

Selain itu, dengan menabung juga akan membiasakan diri hidup lebih hemat. Maksud dari hidup hemat tentunya menjadi pribadi yang tidak boros. Sebab, dengan menabung maka pengeluaran akan disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga bisa memenuhi kebutuhan dalam jumlah besar dikemudian hari.

Lalu, dengan mengajarkan anak-anak menabung sejak usia dini, akan membuat anak-anak terbiasa untuk belajar mengelola uang pribadi milik mereka, baik yang berasal dari uang jajan atau sumber uang lainnya. Selain itu juga, dengan menabung akan mengajarkan anak-anak untuk memiliki perencanaan keuangan, menjadi menghargai uang, dan belajar untuk disiplin.

Jadi, tidak hanya sebatas cara membuat celengan dari kardus sepatu, namun banyak sekali tentunya manfaat yang bisa didapatkan jika dilihat dari segi pendidikan usia dini.