Sukses

Nurhasanah Pengisi Suara Doraemon Meninggal Dunia, Ini 5 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali datang dari dunia dubber Indonesia. Nurhasanah yang diketahui sebagai pengisi suara dari karakter Doraemon dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (12/7/2020).

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh sang putra yang juga dubber Doraemon terkini versi Indonesia, Dana Robbyansyah. Ia menyampaikan kabar duka tersebut melalui akun Instagram Stories pribadinya,

"Mommy Innalillahi wa innailaihi rojiun," tulis Dana yang disertai dengan foto dirinya bersama Nurhasanah.

Dana juga menyampaikan kabar kepergian sang ibunda melalui akun Instagram Nurhasanah @nurhasanahdora pada Minggu (12/7/2020). Bahkan, melalui foto terbaru dalam akun Instagram @nurhasanahdora, terdapat pula sebuah penghargaan atas karier Nurhasanah yang telah menjadi dubber Doraemon selama 10 tahun di samping jenazah almarhumah.

Kepergian pengisi suara Doraemon ternama tersebut pun cukup mengejutkan banyak pihak. Bahkan, tak sedikit netizen dari generasi 80 hingga 90-an bahkan 2000-an yang berduka atas kehilangan sosok Nurhasanah.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut fakta terkait dengan meninggalnya pengisi suara Doraemon, Nurhasanah, Minggu (13/7/2020).

2 dari 6 halaman

1. Idap stroke

Kepergian dubber Doraemon, Nurhasanah pada Minggu (12/7/2020) cukup mengejutkan banyak pihak. Tak hanya keluarga, akan tetapi banyak pula netizen yang merasakan kehilangan. Wanita yang memiliki nama asli Nurhasanah Iskandari ini diketahui meninggal dunia karena penyakit stroke yang telah cukup lama diidapnya.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun, pengisi suara doraemon ibu Nur Hasanah wafat hari ini. Kami para dubber serial doraemon mau ke rumah duka, Pondok Gede, Bekasi. Info dari keluarga, beliau sakit stroke."tulis info yang diterima tim Liputan6.com.

3 dari 6 halaman

2. Sempat menggunakan kursi roda

Nurhasanah yang diketahui telah mengidap store pun diketahui telah cukup lama menggunakan kursi roda. Dubber Doraemon ini setidaknya telah sekitar dua tahun lalu mulai menggunakan kursi roda. Hal ini juga dapat dilihat pada sebuah vlog milik Aji Darma Susanto, dubber yang pernah mengisi suara Patrick dari Spongebob Squarepants.

4 dari 6 halaman

3. Menjadi Dubber hingga 2018

Nurhasanah sendiri dikenal sebagai dubber dari karakter kartun ternama Doraemon. Ia pun diketahui telah mengisi suara Doraemon pertama kali hingga 2018 lalu.

"Beliau mengisi suara dari doraemon pertama sampai 2018," sambung info tersebut.

Nurhasanah diketahui telah menjadi dubber karakter Doraemon sejak 1993 lalu. Meski sempat vakum pada 2006 dan ada pergantian dubber. Namun, animo masyarakat terhadap Nurhasanah membuatnya memutuskan kembali mengisi suara robot kucing tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Mantan pengisi sandiwara radio

Sebelum dikenal luas sebagai seorang dubber Doraemon, Nurhasanah sempat berkerja di Radio Republik Indonesia (RRI) sejak 1982. Ia pun diketahui berkarier pada bidang sandiwara radio.

Tak hanya berkarier dalam sandiwara radio saja. Akan tetapi wanita kelahiran 20 Mei 1958 ini juga kerap mengisi suara telenovela ataupun film India.

6 dari 6 halaman

5. Warganet berduka

Kesedihan mengenai kepergian Nurhasanah sebagai dubber Doraemon pun dirasakan oleh para warganet. Tak sedikit dari warganet yang turut mengucapkan duka hingga ungkapan terima kasih kepada Nurhasanah. Bahkan, nama Doraemon pun sempat menjadi trending di media sosial.