Sukses

5 Langkah Darurat Atasi iPhone yang Tidak Bisa Dicas

Liputan6.com, Jakarta Mungkin kamu salah satu pengguna produk keluaran Apple ini. Memang, tampaknya masalah iPhone tidak bisa dicas menjadi salah satu hal yang cukup umum terjadi. Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa dicas ternyata sangat mudah. Kamu bisa mempraktikkan cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa dicas ini sendiri tanpa bantuan teknisi.

Ternyata, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan iPhone milikmu tidak berhasil melakukan proses mengecas. Hal ini bisa disebabkan faktor dari sistem yang berasal dari software iPhone milikmua. Atau, ternyata iPhone tidak bisa dicas karena adanya hambatan pada bagian port pengecasan iPhone tersebut. Hambatan tersebut bisa karena adanya debu dan berbagai benda kecil yang mengganggu koneksi di port pengecasan.

Tapi, memang cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa dicas ini cukup dasar dan sebagai langkah darurat ketika iPhone milikmu perlu melakukan proes pengisian daya tapi terhambat. Dan apabila cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa dicas ini masih belum berhasil, maka memang bukan waktu keberuntunganmu, dan ada baiknya bawa iPhone milikmu ke tempat servis terdekat.

Meski begitu, bukan berarti kamu boleh putus asa. Ada baiknya mencoba beberapa cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa dicas berikut ini. Sebab, tidak ada salahnya mencoba bukan? Nah, supaya kamu tidak salah untuk mempraktikkan cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa dicas, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi tersebut untukmu, Senin (13/7/2020).

2 dari 6 halaman

1. Cek kondisi kabel USB charger

Cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa dicas ini mungkin merupakan respon paling wajar yang dilakukan ketika kamu menyadari jika iPhone milikmu tidak mau mengisi daya. Sebab, biasanya masalah yang paling sering dialami iPhone ada pada kabel USB chargernya.

Tapi, jika kamu merasa kabelmu baik-baik saja, coba tes kabel milikmu di iPhone temanmu. Kemudian cek kembali apakah iPhone milik temanmu mengisi daya. Apabila masih saja tidak mau mengisi daya, maka saatnya kamu mengganti kabel charger iPhone milikmu.

3 dari 6 halaman

2. Cek kondisi adaptor charger

Cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa dicas ini perlu juga untuk kamu lakukan, terutama sebelum membeli kabel baru. Kamu bisa mencoba kabel cas milik temanmu, lalu kamu coba gunakan untuk mengecas iPhone milikmu. Jika masih saja tidak bisa, berarti kamu juga perlu melakukan penggantian pada adaptor charger iPhone milikmu.

Tapi usahakan menggunakan yang original ya. Sebab, selain lebih terjamin kualitasnya, charger yang original juga akan menjaga kondsi iPhone milikmu dari kerusakan yang disebabkan dari aliran listrik yang tidak baik dari charger.

4 dari 6 halaman

3. Lakukan restart pada iPhone

Selanjutnya, cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa dicas yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan restart iPhone milikmu. Cara ini biasanya cukup ampuh ketika sistem yang bekerja di dalam iPhone milikmu mungkin saja sedang bermasalah. Tapi, pastikan jika kondisi kabel dan adaptor charger iPhone milikmu dalam keadaan yang baik dan tidak mengalami kerusakan.

5 dari 6 halaman

4. Factory reset iPhone milikmu

Kalau beberapa cara di atas tadi masih belum berhasil, kelihatannya kamu perlu melakukan factory reset pada iPhone milikmu. Tapi, jangan lupa untuk melakukan backup seluruh data penting di iPhone milikmu, ya. Jangan sampai kamu menyesal karena hilang semua data pentingmu. Tapi, kalau masih belum bisa melakukan pengecasan juga, artinya kamu perlu melakukan langkah selanjutnya.

6 dari 6 halaman

5. Cek dan bersihkan port charging pada iPhone

Cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa dicas ini mungkin diperlukan kehati-hatian. Cara ini dilakukan apabila kamu sudah melakukan berbagai cara di atas, dan iPhone milikmu masih tidak mau ngecas. Biasanya, jika sudah begitu kemungkinan sumber rewelnya iPhone milikmu berasal dari port yang digunakan untuk mengecas.

Hal ini sangat mungkin terjadi, sebab debu yang menempel pada port charging tersebut bisa saja menghalangi arus listrik antara pin di port charging iPhone dengan pin dari kabel USB. Dan ketika port charging iPhone milikmu sudah kotor, kamu bisa ikuti beberapa langkah pembersihan ini:

a. Periksa kondisi port charging dengan senter.

b. Siapkan benda tajam seperti tusuk gigi atau jarum pentul.

c. Secara perlahan, masukkan ke dalam port charging, lalu bersihkan semua kotoran secara perlahan.

d. Cek kembali dengan senter, untuk memastikan jika tidak ada kotoran yang masih menempel pada port.

Atau, kamu juga bisa lakukan tahapan di atas namun dengan bantuan dari tisu kering atau cotton bud. Tapi perlu dilakukan peniupan dengan perlahan agar serat-serat dari tisu atau cotton bud tidak tertinggal.

Nah, seperti yang sempat disinggung di awal tadi, jika beberapa cara memperbaiki iPhone yang tidak bisa dicas tersebut sudah dilakukan, namun iPhone milikmu masih tidak mau ngecas, ada baiknya segera bawa ke teknisi yang kamu mampu dan terpercaya. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.