Sukses

8 Cara Mengobati Herpes di Wajah, Redakan Rasa Sakitnya

Liputan6.com, Jakarta Herpes adalah penyakit kulit yang lebih sering menyerang wajah. Penyakit ini biasanya akan membuat area kulit wajah melepuh dan kering. Ketika herpes menyerang wajah, sudah pasti akan membuat kepercayaan diri hilang bukan? Hal inilah yang membuat cara mengobati herpes di wajah menjadi penting dilakukan.

Penyakit herpes disebabkan oleh infeksi virus herpesviridae. Sedangkan virus herpes yang paling terkenal adalah herpes simplex virus. Selain bisa memengaruhi penampilan, herpes di wajah juga sangat menyakitkan. Nah, cara mengobati herpes di wajah ini akan membantu meredakan rasa sakit yang ditimbulkannya.

Herpes dikenal sebagai penyakit kulit yang bisa menular. Tentu saja keberadaannya di wajah akan membuat orang lain enggan mendekat. Cara mengobati herpes di wajah untungnya mudah sekali dilakukan. Tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia dan tentu tidak menyakitkan.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengobati herpes di wajah dari berbagai sumber, Senin (13/7/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Cara Mengobati Herpes di Wajah

Es Batu

Es batu bisa digunakan untuk mengobati herpes di wajah. Sensasi dingin yang diberikan es batu bisa mebantu meredakan rasa sakit dan mengurangi terjadi inflamasi. Inflamasi tambahan jelas akan membuat herpes semakin menyebar.

Caranya sangat mudah, hanya perlu menyiapkan kain untuk mengompres dan air serta es batu. Jika air dirasa sudah dingin, celupkan kain di air es. Tempelkan pada wajah yang sakit dan ganti kain jika suhunya sudah berubah.

Jika menggunakan kain terlalu repot, bisa gunakan botol kecil yang diisi air dingin. Langsung saja tempelkan botol ke area kulit yang terkena herpes. Tetap pastikan bahwa botol bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa digunakan untuk mengpbati herpes di wajah. Tepatnya pada bagian gel dalam lidah buayanya. Gel ini bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan panas karena herpes.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, tempelkan saja gel lidah buaya pada wajah. Tepatnya pada wajah yang terkena herpes. Jika tidak ingin menggunakan lidah buaya secara langsung, bisa diganti dengan minyak lidah buaya. Minyak ini bisa dibeli di apotek.

 

3 dari 5 halaman

Cara Mengobati Herpes di Wajah

Baking Soda

Baking soda tidak hanya digunakan untuk memasak, tetapi bisa untuk meredakan sakit karena herpes. Baking soda aman diterapkan pada wajah yang terkena herpes. Sebelum menerapkannya, campurkan baking soda dengan minyak esensial Niauli. Minyak ini dikenal bisa melawan infeksi dan meningkatkan regenerasi kulit.

Takarannya, campurkan satu sendok makan baking soda dengan lima tetes minyak esensial Niauli. Setelah itu tambahkan juga setengah gelas air hangat. Jika sudah, aduk secara merata dan tempelkan pada wajah yang terkena herpes. Bisa mulai tempelkan dengan kain atau kapas.

Mandi Air Dingin

Mandi dengan air dingin juga bisa membantu meredakan peradangan herpes pada wajah. Cara ini bisa sedikit membersihkan dan menjaga luka. Rutinitas ini akan membuat lecet di wajah tetap bersih dan bisa mengurangi risiko infeksi.

Air dingin juga bisa membantu meredakan bintik-bintik sakit dan gatal. Hal ini bisa menurunkan risiko menggaruk wajah yang akan memperparah peradangan.

Goresan justru akan menyebabkan luka menjadi jaringan parut. Jika sudah, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan handuk. Lalu cuci handuk setelah digunakan agar tidak menyebar.

4 dari 5 halaman

Cara Mengobati Herpes di Wajah

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa membantu mengobati herpes pada wajah. Hal ini disebabkan karena sifat antimikroba dan antivirusnya. Minyak zaitun akan membantu melembapkan dan melembutkan kulit akibat infeksi.

Minyak zaitun memiliki banyak vitamin, termasuk A, D, dan K, serta vitamin E. Kandungan ini akan meregenerasi kulit dan mempercepat penyembuhan akibat ruam herpes.

Teh Hijau

Teh hijau memiliki sifat sebagai antioksidan dan antivirus. Keduanya bisa membantu mencegah infeksi yang datang untuk kedua kali. Hal ini penting sekali dilakukan, karena herpes termasuk penyakit kulit seumur hidup dan bisa muncul berulang-ulang. Katekin yang dimiliki teh hijau akan menghambat pertumbuhan bakteri dan virus pemicu herpes. Selain itu, mengonsumsinya juga bisa mempercepat pemulihannya.

5 dari 5 halaman

Cara Mengobati Herpes di Wajah

Cuka Apel

Cuka apel dikenal memiliki sifat antiradang dan antivirus. Tidak heran jika cuka apel memang bisa diandalkan untuk mengobati herpes di wajah. Cuka apel termasuk aman diterapkan di wajah.

Bisa membantu mencegah peradangan yang semakin parah dan infeksi yang datang kedua kali. Caranya sangat mudah, hanya perlu mencampurkan 1 sendok cuka apel dengan 3 sendok air. Aduk keduanya dengan merata dan oleskan campuran ini ke wajah yang terinfeksi.

Makan Sayur

Mengonsumsi lebih banyak sayur bisa membantu mengatasi rasa sakit akibat peradangan herpes di wajah. Mengonsumsi lebih banyak sayur juga bisa membuat daya tahan tubuh lebih baik. Daya tahan tubuh yang baik ini sangat efektif menghalang infeksi virus, termasuk virus herpes. Misalnya saja seperti kembang kol, bayam, dan tomat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.