Sukses

5 Cara agar Motor Kopling Tidak Boros Bensin

Liputan6.com, Jakarta Cara agar motor kopling tidak boros bensin memang perlu dilakukan agar pengalaman berkendaramu semakin menyenangkan. Bayangkan saja jika tidak mempraktikkan cara agar motor kopling tidak boros bensin justru membuat kamu kehabisan bahan bakar ketika sedang di tengah-tengah perjalanan. Beruntung jika ada penjual bensin di sekitar area tersebut, jika tidak? Kamu tahu sendiri jawabannya.

Memang mengendarai motor kopling menjadi kenikmatan tersendiri, meskipun sudah banyak motor yang terbilang lebih praktis, seperti motor matic. Namun, sensasi mengendari motor kopling memang tidak ada duanya. Dengan motor kopling kamu bisa mengontol motormu seutuhnya. Bahkan, ketika gas pada motor kopling dibetot, motor kopling seakan menjambakmu.

Biasanya, motor dengan penggunaan kopling ini bisa kamu temukan di jenis motor sport atau yang umum disebut motor laki. Selain itu, motor dengan kopling juga biasanya digunakan pada motor-motor dengan kapastias mesin yang besar seperti motor Harlet atau Triumph. Sebab, sang pengendara memang diwajibkan mampu untuk mengontrol laju dari motor tersebut seutuhnya.

Memang, menggunakan motor dengan kopling tidak bisa dianggap enteng dan mudah. Sebab dibutuhkan pemahaman khusus agar motor kopling bisa berjalan mulus tanpa hambatan. Selain itu, jika kamu salah satu yang baru saja bisa mengendarai motor kopling dengan benar, bisa saja kamu melakukan kesalah yang membuat bensin motor menjadi boros. Maka dari itu penting untukmu memperhatikan cara agar motor kopling tidak boros bensin ini.

Nah, jadi seperti apa sih cara agar motor kopling tidak boros bensin yang benar? Tenang saja, di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum bagaimana cara agar motor kopling tidak boros bensin tersebut. Tapi jangan lupa mengenakan alat perlengkapan berkendara yang benar ya sebelum mempraktikkannya, Senin (13/7/2020).

2 dari 6 halaman

1. Cek tekanan angin pada ban

Cara agar motor kopling tidak boros bensin yang paling dasar sebenarnya dengan mengecek kondisi dari ban motor tersebut. Ada baiknya kamu selalu memerikas tekanan angin pada ban secara berkala. Mungkin hal ini terlihat simpel dan mungkin jarang diperhatikan, padahal mengecek tekanan ban ini merupakan salah satu cara agar motor kopling tidak boros bensin yang cukup efektif untuk dilakukan.

Sebab, ketika ban sedang dalam kondisi yang baik akan sangat mampu memberikan akselerasi motor yang lebih ringan dan memiliki daya gulir lebih jauh. Dan, begitupun sebaliknya, ketika tekanan ban kempis atau kekurangan angin justru dapat mengurangi kemampuan mencengkeram aspal dengan baik yang menyebabkan beratnya akselerasi pada motor.

Untuk mengecek tekanan angin pada ban sangat disarankan untuk dilakukan ketika kondisi ban sedang dingin. Kamu bisa mengecek ketika pagi hari sebelum motor digunakan. Kondisi tersebut yang akan memudahkanmu dalam mengetahui tekanan ban tersebut, sebab kondisi udara dalam ban lebih stabil ketika dingin.

3 dari 6 halaman

2. Pemilihan bahan bakar

Cara agar motor kopling tidak boros bensin selanjutnya yaitu dengan memerhatikan pemilihan bahan bakar yang akan digunakan. Pada motor kopling dengan kapasitas mesin 250 cc, biasanya memiliki perbandingan kompresi yang cukup besar. Hal ini menjadi penyebab mengapa dibutuhkan angka oktan bahan bakar yang tinggi. Sebagai contoh, perbandingan kompresi motor kopling di angka 11,5:1 yang berarti kompresi mesin tersebut tergolong tinggi. Pada kompresi tersebut, maka motor membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi dengan RON 92.

Sebab, bahan bakar dengan oktan RON 92 ke atas memiliki kemampuan untuk menerima tekanan pada mesin kompresi tinggi, sehingga mesin dapat bekerja dengan optimal. Dan, dampak yang ditimbulkan tentunya membuat tenaga dari motor tersebut semakin meningkat.

Kesimpulannya, dengan penggunaan bahan bakar yang tepat, maka proses pembakaran pada mesin akan sempurna dan bahan bakar akan terpakai dengan optimal. Hal ini akan membantumu tidak perlu membuka gas berlebihan agar motor bisa mendapatkan akselerasi maksimum.

4 dari 6 halaman

3. Ganti oli secara teratur

Motor kopling yang digunakan dengan instensitas tinggi, sangat perlu diperhatikan dari sisi oli yang digunakan. Sebab, apabila oli tidak diganti secara teratur dapat membuat performa mesin menurun. Itulah mengapa sangat penting untuk mengganti oli, sebab mesin akan menjadi lebih tahan lama dan konsumsi bahan bakar dapat lebih efisien.

Sangat disarankan, ketika akan bepergian jauh, Anda melakukan penggantian oli terlebih dahulu, agar performa selama di perjalanan dapat maksimal, dan penggunaan bahan bakar lebih optimal. Sehingga, motor kopling Anda tidak boros penggunaan bensin.

5 dari 6 halaman

4. Perhatikan perpindahan gir

Salah satu cara agar motor kopling tidak boros bensin ini sangat penting dipahami dan dipraktikkan dengan benar. Sebab, menggunakan motor kopling memang seluruh kontrol ada di pengendara. Atau dengan kata lain, pengendara yang menjadi penyebab hemat atau borosnya pengunaan bensin motor.

Misalnya, ketika melakukan perpindahan gir terlambat di jalan agak menanjak, biasanya motor akan kurang bertenaga. Dan dengan terpaksa bukaan gas akan diperbesar akan motor tidak mati. Hal ini akan menyebabkan penggunaan bensin menjadi tidak optimal, sebab pembakaran dipaksakan tapi tenaga pada motor tidak keluar dengan benar disebabkan salah dalam mengoper gir.

6 dari 6 halaman

5. Hindari modifikasi mesin

Dan, cara agar motor kopling tidak boros bensin yang terakhir mungkin yang paling banyak berpengaruh kepada kondisi boros tidaknya motor. Terkadang keinginan untuk mendongkrak performa dari motor yang dimiliki menyebabkan motor pada akhirnya di modifikasi sedemikian rupa, terutama pada sektor mesin.

Padahal, hal tersebut sangat berperan besar pada konsumsi bahan bakar yang berlebihan. Itulah mengapa, jika memang tujuan dari penggunaan motor kopling bukan untuk kebut-kebutan atau bukan untuk keperluan balap, sangat disarankan untuk tidak melakukan perombakan pada mesin.