Sukses

10 Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah secara Alami dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dan cepat penting diketahui. Kulit berminyak bisa disebabkan banyak faktor. Mulai dari genetik, makanan, gaya hidup, hingga hormon, minyak berlebih bisa sangat mengganggu. Kulit berminyak menjadi salah satu penyebab utama jerawat.

Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous di kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum merupakan zat berminyak yang melindungi dan melempabkan kulit. Namun, terlalu banyak sebum membuat kulit jadi sangat berminyak. Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah bisa membantu mengatasinya.

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dan cepat bisa dilakukan dengan mudah. Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah ini dilakukan dengan melakukan kebiasaan dan bahan alami tertentu. Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah bisa membantu mencegah timbulnya jerawat.

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah cocok bagi kamu yang sedang memiliki masalah minyak di wajah. Berikut 10 cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dan cepat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(13/7/2020).

2 dari 6 halaman

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dan cepat

Mencuci wajah secara rutin

Mencuci wajah secara teratur dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit. Gunakan sabun yang lembut seperti sabun gliserin. Hindari sabun yang mengandung wewangian, atau bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit. Pastikan untuk mencuci wajah dua kali sehari.

Saat mengeringkan wajah setelah mencuci dan menggunakan toner, coba untuk menepuk-nepuk kulit dengan handuk lembut. Hindari loofah dan waslap kasar, karena menambahkan gesekan dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak minyak.

Gunakan astringent

Astringents cenderung mengandung konsentrasi alkohol yang lebih tinggi dibanding toner. Astringent dapat membantu mengatasi kelebihan minyak di wajah. Astringen diformulasikan untuk menghilangkan kelebihan minyak dari kulit. Astringent berfungsi mengangkat kelebihan minyak pada kulit yang bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Banyak produk astringent yang dijual bebas di pasaran. Kamu juga bisa menggunakan astringent alami seperti witch hazel dan mentimun.

3 dari 6 halaman

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dan cepat

Gunakan kertas penyerap minyak

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dan cepat adalah menggunakan kertas khusus yang bisa menyerap minyak di wajah. Kertas penyerap minyak akan menghapuskan kelebihan minyak dari wajah untuk membantu meminimalkan kulit mengkilap dan berminyak. Kertas penyerap minyak ini tersedia di banyak toko skin care atau supermarket dengan harga terjangkau.

Tetap gunakan pelembap

Banyak orang menghindari penggunaan pelembap saat kulitnya berminyak. Padahal, pelembap juga penting untuk kulit berminyak. Menggunakan pelembap yang tepat dapat bermanfaat bagi jenis kulit. Pelembap bebas minyak dapat membantu menjaga kulit tetap lembab dan terlindungi tanpa terasa berminyak.

4 dari 6 halaman

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dan cepat

Charcoal

Masker charcoal dan produk charcoal lainnya adalah perawatan yang luar biasa untuk kulit berminyak. Charcoal bisa membantu mengeluarkan sebum, kotoran, dan sisa make up dari pori-pori. Penggunaan masker atau produk charcoal secara rutin bisa membantu mengecilkan pori, menghilangkan minyak berlebih, dan membantu menyeimbangkan kulit.

Madu

Berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, madu dapat digunakan sebagai cara menghilangkan minyak berlebih di wajah dengan cepat. Madu akan melembapkan kulit dan mengurangi sekresi minyak secara alami. Sifat antimikroba juga dapat mencegah jerawat timbul. Madu bisa diaplikasikan langsung ke wajah atau dimasukkan ke dalam campuran masker.

5 dari 6 halaman

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dan cepat

Oatmeal

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dan cepat selanjutnya adalah menggunakan oatmeal. Oatmeal bisa membantu menenangkan kulit dan menyerap minyak berlebih. Oatmeal juga membantu pengelupasan kulit mati. Oatmeal bisa dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah yang dihaluskan seperti pisang, apel, atau pepaya.

Lidah buaya

Lidah buaya punya efek astringent alami yang bisa menghilangkan minyak berlebih di wajah. Gel lidah buaya bisa melembapkan kulit dan meremajakan tanpa membuatnya berminyak. Senyawa tertentu dalam lidah buaya dapat memiliki efek menenangkan alami pada kulit. Sifat anti-inflamasi menenangkan kulit dan menyembuhkan jerawat yang berhubungan dengan kulit berminyak.

Manfaat lidah buaya ini bisa didapat dari produk gel lidah buaya yang dijual di pasaran. Atau kamu juga bisa menggunakan gel lidah buaya segar.

6 dari 6 halaman

Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dan cepat

Tomat

Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak kulit berlebih dan membuka pori-pori. Asam salisilat yang terdapat dalam tomat bekerja sebagai exfoliant alami yang membantu menghilangkan racun, kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah secara alami dan cepat dengan tomat adalah dengan menempelkannya langsung pada wajah atau menjadikannya masker wajah.

Teh hijau

Teh hijau sangat kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), sebuah polifenol yang menurut penelitian dapat mengatasi kulit berminyak. Menggunakan kompres kantung teh atau mencuci muka dengan air teh hijau bisa membantu mengurangi produksi sebum dan mencegah jerawat.