Sukses

8 Cara Mengobati Ambeien Luar Secara Alami, Ampuh dan Mudah Diterapkan

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati ambeien luar secara alami bisa diterapkan di rumah. Hal ini dapat dilakukan untuk meredakan gejala dan mencegah agar wasir tidak berkembang pada tingkat yang lebih serius. Apalagi, ambeien luar berbeda dengan ambeien biasa.

Ambeien sendiri merupakan pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena yang terletak di sekitar anus dan rektum bagian bawah. Perbedaannya dengan ambeien luar adalah, jika kondisi ambeien tersebut sudah menimbulkan penonjolan keluar dari lubang anus, maka disebutlah ambeien luar.

Cara mengobati ambeien luar bisa menggunakan bahan alami dan menerapkan kebiasaan sehat. Oleh karena itu, kamu harus menghindari berbagai kebiasanya yang dapat menimbulkan masalah ambeien luar ini. Konsumsi makanan juga perlu diperhatikan dalam mengobati gangguan kesehatan satu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/7/2020) tentang cara mengobati ambeien luar.

2 dari 5 halaman

Berendam Air Hangat dan Kompres Es

Berendam dengan Air Hangat

Cara mengobati ambeien luar yang pertama bisa dilakukan dengan berendam air hangat. Air hangat mampu meningkatkan aliran darah untuk membantu mengecilkan vena yang bengkak. Hal ini juga dapat membantu meringankan gejala seperti gatal, iritasi, hingga kejang otot anus yang dialami penderita diabetes.

Kamu bisa merendam bokong dan pinggul menggunakan air hangat selama 20 menit setelah buang air besar. Lakuakn secara rutin sebanyak 2-3 kali sehari. Kamu juga bisa mencampurkan garam ke dalam air hangat, untuk membantu menyempitkan wasir atau ambeien lebih banyak lagi. Kemudian, jangan lupa mengeringkan daerah anus dengan lembut setelah melakukannya.

Kompres dengan Es

Kompres dengan es juga bisa jadi cara mengobati ambeien luar yang efektif. Es bisa mendinginkan dan mengecilkan ambeien serta memberikan efek lega. Tidak hanya itu, mengunakan es juga dapat meredakan nyeri dan pembengkakan pada ambeien.

Kamu bisa menggunakan es untuk mengatasi ambeien dengan cara mengisi plastik dengan es. Kemudian bungkusan es tersebut kamu duduki di atasnya selama sekitar 20 menit untuk menghilangkan ambeien.

Selain itu, duduk di atas permukaan yang empuk, seperti di atas bantal, dapat membantu mengurangi pembengkakan ambeien. Duduk di tempat yang empuk juga dapat mencegah terbentuknya ambeien yang baru.

3 dari 5 halaman

Tidak Menunda BAB dan Tidak Mengejan Terlalu Kuat

Tidak Menunda BAB

Tidak menunda BAB juga bisa menjadi salah satu cara mengobati ambeien luar yang ampuh. Menunda keinginan untuk buang air besar, terutama bagi penderita ambeien dapat menimbulkan bahaya.

Hal ini dapat membuat tinja berkumpul semakin banyak dan menambah tekanan pada dan tegangan pada ambeien. Maka dari itu, sebaiknya kamu membuat jadwal buang air besar secara teratur, agar kondisi ambeien yang diderita dapat mereda.

Tidak Mengejan Terlalu Kuat saat BAB

Cara mengobati ambeien luar berikutnya adalah dengan tidak mengejan terlalu kuat saat BAB. Mengejan terlalu kuat saat BAB menimbulkan tekanan dan tegangan yang berlebihan, sehingga dapat menyebabkan perdarahan dan nyeri pada ambeien. Hal ini tentunya harus dihindari.

Selain saat BAB, kamu juga harus memperhatikan kegiatan saat mengangkat benda yang terlalu berat, batuk, atau sedang hamil, karena juga dapat membuat kamu mengejan dan meningkatkan tekanan dalam rongga perut. Hal ini berguna agar ambeien yang sedang kamu alami tidak berkembang semakin parah.

4 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Mengandung Serat dan Olahraga Teratur

Konsumsi Makanan Mengandung Serat dan Cairan

Cairan dan serat merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk mengurangi tekanan pada ambeien dan menjadikan tinja lebih lembut. Cara mengobati ambeien luar satu ini dapat mengurangi perdarahan, peradangan, dan pembesaran ambeien, serta mencegahnya agar tidak bertambah parah.

Hal ini juga dapat mengurangi iritasi yang disebabkan oleh sisa-sisa tinja yang terperangkap di sekitar pembuluh darah. Kamu bisa mengonsumsi gandum utuh, brokoli, polong-polongan, hingga buah-buahan segar sebagai makanan mengandung serat cara untuk mengobati ambeien luar. Jangan lupa juga untuk memenuhi asupan cairan tubuh setiap harinya.

Olahraga Teratur

Cara mengobati ambeien luar selanjutnya adalah berolahraga dengan teratur. Olahraga teratur selama 20-30 menit setiap hari dapat merangsang gerakan usus, sehingga tinja mudah keluar. Kamu bisa menerapkan olahraga ringan seperti aerobik dan jalan cepat setiap harinya sebagai cara mengobati ambeien luar yang ampuh.

5 dari 5 halaman

Mengobati Ambeien dengan Lidah Buaya dan Bawang Putih

Mengobati Ambeien dengan Lidah Buaya

Cara mengobati ambeien luar secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Dengan gel yang sejuk, lidah buaya dapat menjadi obat ambeien alami yang menenangkan dan melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus mengurangi ukuran ambeien.

Sedangkan kandungan arakuinon pada lidah buaya, mampu mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak. Hal ini membuat kotoran tinja pada usus akan lebih mudah bergerak dan mencegah penyumbatan yang akan menyebabkan ambeien.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai cara mengobati ambeien luar juga cukup mudah, ambil beberapa potong daun lidah buaya, kemudian, cuci bersih lidah buaya terlebih dahulu, lalu diblender. Setelah itu, kamu bisa minum jus ini dengan rutin setiap hari.

Mengobati Ambeien dengan Bawang Putih

Bawang putih atau allium sativum, ternyata juga bisa menjadi cara mengobati ambeien luar. Bawang putih sangat kaya belerang, antara lain mengandung asam amino, mineral dan enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase.

Tumbuhan ini juga memiliki zat anti inflamasi, antibakteri, zat dan detoksifikasi. Fungsi bawang putih untuk ambeien juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai bakteri usus, dan melindungi pembuluh darah.

Cara mengobati ambeien luar dengan bawang putih mudah saja, tumbuk halus 2 siung bawang putih, lalu oleskan pada benjolan yang ada di sekitar anus. Untuk membasmi bakteri dari dalam, kamu bisa melakukannya dengan cara meminum jus bawang putih setiap hari. Baik pengobatan dengan cara mengoleskan pada benjolan ataupun dengan cara meminumnya harus dilakukan dengan rutin agar benjolan ambeien cepat kempes.

Itulah beberapa cara mengobati ambeien luar secara alami. Jika ambeien tidak kunjung reda setelah melakukan berbagai cara tersebut, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.