Sukses

8 Cara Menghilangkan Kapalan di Telapak Tangan, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Kapalan terjadi akibat tekanan atau gesekan berulang yang menyebabkan penebalan pada kulit. Kapalan memang paling sering terjadi di telapak tangan. Hal ini jelas tidak nyaman dirasakan dan terkadang membuat kepercayaan diri hilang. Cara menghilangkan kapalan di telapak tangan perlu dilakukan sebagai solusinya.

Terutama bagi orang-orang yang terlalu berlebihan menggunakan tangannya untuk beraktivitas. Misalnya seperti mengendarai sepeda motor, menulis, bermain gitar, pemain tenis, dan lain sebagainya. Jika kapalan sudah benar-benar parah biasanya akan terasa sangat kering dan kasar. Untungnya keluhan seperti ini bisa diatasi dengan cara menghilangkan kapalan di telapak tangan.

Cara menghilangkan kapalan di telapak tangan ini mudah sekali dipraktikkan. Bahan-bahan alami masih bisa diandalkan. Dalam metode pengobatan juga tidak akan menyakitkan karena pada dasarnya kapalan tidak terasa sakit. Hanya saja jika cara ini tidak berhasil dilakukan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan kapalan di telapak tangan dari berbagai sumber, Selasa (14/7/2020).

2 dari 5 halaman

Air dan Sari Apel

Air Hangat

Air hangat bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan kapalan di telapak tangan. Caranya juga sangat sederhana dan bisa dilakukan di rumah sambil bersantai. Coba rendam telapak tangan yang kapalan kurang lebih selama 20 menit. American Academy of Dermatology sangat merekomendasikan cara ini karena dinilai sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan.

Jika sudah direndam, keringkan tangan menggunakan handuk. Maka lapisan kulit yang menebal akan melunak. Saat mulai melunak, segera hilangkan dengan cara menggosoknya perlahan. Lakukan lebih rutin agar kapalan pada telapak tangan benar-benar hilang.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dikenal memiliki kandungan asam cukup kuat. Kandungan inilah yang dipercaya mampu menghilangkan kapalan di telapak tangan. Cara menghilangkan kapalan di telapak tangan ini cukup ampuh dan bisa melembutkan kapalan.

Caranya, campurkan cuka dan air sebanyak empat banding satu. Kemudian rendam telapak tangan selama 20 menit. Lalu kulit kapalan akan segera bisa dikelupas perlahan. Jangan terburu-buru mengelupas, karena bisa merusak area kulit di sekitarnya dan menimbulkan rasa sakit.

Jika tidak ingin sekadar mengelupasnya dan menimbulkan rasa sakit, bisa gunakan batu apung. Pada keesokan paginya, gosok telapak tangan kapalan dengan batu apung untuk membantu pengelupasannya. Setelahnya bilas dengan air bersih. Kemudian oleskan minyak zaitun untuk tetap menjaga kelembapan kulitnya.

3 dari 5 halaman

Asam Salisilat dan Garam Epsom

Asam Salisilat

Asam salisilat bisa digunakan untuk menghilangkan kapalan di telapak tangan. Bahan asam salisilat ini bisa menguraikan protein dan keratin pada lapisan kulit mati. Jadi, tidak heran jika asam salisilat bisa dijadikan cara menghilangkan kapalan di telapak tangan. Produk yang mengandung asam ini biasanya berbentuk krim, plester, atau pad.

Garam Epsom

Garam epsom bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan kapalan di telapak tangan. Cobalah untuk menyiapkan air hangat yang kemudian dicampurkan dengan garam Epsom. Siapkan juga batu apung untuk digosokkan ke telapak tangan.

Setelah itu, rendamkanlah telapak tangan ke dalamnya kurang lebih 10 menit. Jika sudah gosok bagian kaki kapalan dengan batu apung agar kulit yang menumpuk terlepas.

Kemudian bilas dengan air bersih. Lanjutkan dengan mengeringkan telapak tangan dan berikan pelembap. Cara ini bisa membantu membuat telapak tangan menjadi lembut kembali.

 

4 dari 5 halaman

Nanas dan Soda Kue

Nanas

Nanas bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kapalan di telapak tangan. Kandungan asam pada buah nanaslah penyebabnya. Enzim dalam buah nanas ini bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga sangat efektif untuk menyembuhkan luka pada kulit.

Cara menggunakan nanas untuk menghilangkan kapalan adalah dengan mengusapkan dan menggosok. Gosokkan nanas yang masih muda ke bagian kulit telapak tangan yang kapalan. Lakukan secara perlahan pada bagian tersebut, kemudian bilas dengan air bersih. Praktikkan secara rutin hingga kondisinya membaik secara total.

Soda Kue

Soda kue atau baking soda bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kapalan di telapak tangan. Caranya mempraktikkannya juga cukup mudah. Campurkan 2 sendok makan air dengan soda kue sampai teksturnya mengental. Jika sudah, tambahkan beberapa tetes perasan jeruk nipis.

Oleskan ramuan pada telapak tangan yang terkena kapalan secara merata. Lalu tutup kapalan dengan perban, kassa, atau kaus kaki. Cara ini bisa diulangi setiap malam samppai kapalan menghilang.

Jika tidak ingin menjadikannya pasta, soda kue bisa untuk merendam telapak tangan. Cukup campurkan soda kue dengan air hangat. Aduk hingga merata. Kemudian rendam telapak tangan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

5 dari 5 halaman

Batu Apung dan Tea Tree Oil

Batu Apung

Batu apung memang terdengar sangat kuno. Jangan salah, walaupun terdengar kuno batu apung ampuh mengobati kapalan di telapak tangan. Bahkan, cara ini sudah menjadi tradisi masyarakat zaman dulu.

Batu apung yang efektif digunakan, yakni yang memiliki pori dan ringan. Batu ini dipercaya efektif untuk mengelupas kulit mati dan kapalan. Sebelum menerapkannya pada telapak tangan, rendam area yang kapalan dengan air hangat. Kurang lebih rendam selama 10 menit. Jika sudah, gosok area kapalan dengan batu apung secara perlahan.

Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah sejenis minyak esensial yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kapalan di telapak tangan. Kandungan dalam tea tree oil inilah penyebabnya. Memiliki sifar antijamur, antibakteri, dan antiseptik alami.

Cobalah campurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam satu baskom air hangat. Aduk secara merata dan mulai rendam tangan sampai kulit kapalan melunak. Cukup rendam 15 menit karena kandungan dalam minyak ini sangat kuat. Dikhawatirkan justru akan merusak lapisan kulit di telapak tangan.