Sukses

10 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Cegah Infeksi

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati gusi bengkak secara alami bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan pada mulut. Gusi bengkak merupakan kondisi yang umum dialami. Masalah ini bisa disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk, gingivitis, infeksi, perubahan hormon, dan kondisi kesehatan lainnya. 

Gusi yang bengkak tidak boleh diabaikan begitu saja. Ada sejumlah cara mengobati gusi bengkak secara alami yang efektif. Cara mengobati gusi bengkak secara alami ini membantu mengurangi peradangan dan menjaga kebersihan mulut.

Cara mengobati gusi bengkak secara alami akan membantu meredakan nyeri yang bisa timbul akibat pembengkakan. Bahan-bahan sederhana bisa digunakan dalam cara mengobati gusi bengkak secara alami. Cara mengobati gusi bengkak secara alami ini terbilang aman untuk gusi bengkak ringan dan sedang.

Berikut 10 cara mengobati gusi bengkak secara alami, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(14/7/2020).

2 dari 6 halaman

Cara mengobati gusi bengkak secara alami

Air garam

Berkumur dengan air garam dapat mengurangi jumlah bakteri berbahaya yang hidup di gusi. Air garam dapat membantu mengurangi pembengkakan yang menyebabkan rasa sakit di gusi. Tambahkan 1 sdt. garam ke air hangat dan aduk rata. Berkumurlah dengan larutan garam ini setidaknya dua kali sehari sampai bengkak mereda.

Kompres

Kompres hangat atau dingin dapat menghilangkan rasa sakit dan pembengkakan pada gusi. Untuk membuat kompres panas untuk gusi, celupkan kain bersih ke dalam air panas. Peras air yang berlebih, lalu tempelkan kain pada bagian pipi atau bibir yang menutupi bagian gusi yang sakit. Untuk kompres dingin, bungkus es dengan kain bersih dan kompres dengan cara yang sama.

3 dari 6 halaman

Cara mengobati gusi bengkak secara alami

Lidah buaya

Gel aloe vera memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Lidah buaya bisa meredakan pembengkakan dan membunuh bakteri berbahaya penyebab gusi bengkak. Gel lidah buaya segar bisa dioleskan langsung ke gusi. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat kumur. Caranya dengan men-jus gel lidah buaya dan berkumur dengan jus lidah buaya tersebut dua hingga tiga kali sehari.

Teh

Tanin dapat mengurangi rasa sakit gusi dengan membunuh bakteri yang dapat mengiritasi gusi. Untuk mengurangi rasa sakit gusi, rendam kantong teh dalam air mendidih selama beberapa menit, lalu keluarkan, biarkan agak dingin. Sementara tas masih hangat, oleskan langsung ke lokasi rasa sakit selama sekitar 5 menit.

4 dari 6 halaman

Cara mengobati gusi bengkak secara alami

Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kunyit juga memiliki sifat antimikroba dan anti jamur. Kunyit dapat membantu menyembuhkan pendarahan dan memerahnya gusi. Buat pasta kunyit dengan 1 sendok teh bubuk kunyit, 1/2 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh air. Oleskan pada gusi yang bengkak, diamkan selama 10 menit. Bilas dengan cara berkumur menggunakan air bersih.

Jahe

Jahe memiliki sifat antibakteri, antijamur, anti-inflamasi, dan antioksidan. Rasa hangat jahe meningkatkan sirkulasi darah di gusi dan merangsang aliran air liur. Senyawa aktif dalam jahe yang disebut gingerol mencegah pertumbuhan bakteri mulut.

Herbal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan pada gusi. Hancurkan atau parut jahe hingga halus. Tambahkan garam hingga membentuk pasta kasar. Oleskan pada gusi yang bengkak, diamkan hingga 10 menit. Bilas dengan air bersih.

5 dari 6 halaman

Cara mengobati gusi bengkak secara alami

Daun jambu biji

Daun jambu telah lama menjadi pengobatan efektif untuk menjaga kebersihan mulut. Daun jambu biji memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang bisa membersihkan mulut. Obat kumur daun jambu biji juga memiliki efek positif pada pengendalian plak. Berkumur dengan daun jambu biji bisa mengurangi peradangan gusi, meringankan nyeri, dan menyegarkan napas. Daun jambu biji bisa direbus dengan air, lalu digunakan untuk berkumur dua kali sehari.

Cengkeh

Cengkeh memiliki sifat antivirus dan antioksidan yang membantu mengatasi plak dan peradangan. Cengkeh juga bisa membantu meringankan rasa sakit. Cengkeh bisa digunakan dengan menghaluskan 1 sendok teh cengkeh, campur dengan sedikit air dan aplikasikan pada gusi yang bengkak dengan kapas. Biarkan selama sekitar satu menit lalu bilas dengan berkumur. Cengkeh juga bisa digunakan dalam bentuk minyak. Aplikasikan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan berkumut.

6 dari 6 halaman

Cara mengobati gusi bengkak secara alami

Minyak serai

Cara mengobati gusi bengkak secara alami selanjutnya adalah menggunakan minyak serai. Minyak serai dapat digunakan sebagai pembersih mulut untuk mencegah penumpukan bakteri. Minyak ini bisa membantu mengurangi plak dan gingivitis. Minyak serai umumnya aman digunakan selama dilarutkan dengan benar. larutkan 2 sampai 3 tetes minyak serai dengan satu gelas air. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik dua kali sehari.

Tea tree oil

Berkumur dengan tea tree oil bisa mengurangi bengkak dan pendarahan pada gusi. Tea tree oil sangat membantu dalam pengobatan sakit gigi, periodontitis, dan infeksi mulut. Sama seperti minyak serai, tea tree oil juga harus dilarutkan terlebih dahulu untuk menghindari iritasi. Larutkan 3 tetes tea tree oil dengan satu gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik dua kali sehari. Larutan tea tree oil juga bisa diteteskan pada pasta gigi yang digunakan untuk membersihkan gigi.