Sukses

10 Cara Membasmi Kecoa di Rumah, Rajin Bersihkan Setiap Sudut Ruangan

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan kecoa di rumah memang sangat mengganggu dan menjijikkan. Hewan kecil berwarna cokelat ini bahkan bisa mengeluarkan alergen. Bagi orang yang memiliki masalah pernapasan harus berhati-hati dengan hewan yang satu ini. Agar bisa terhindar dari kecoa, cobalah cara membasmi kecoa di rumah. 

Cara membasmi kecoa di rumah penting sekali dilakukan. Membasminya berarti turut membasmi mikroba dan bakteri yang ikut terbawa pada permukaan tubuhnya. Jangan sampai bakteri salmonella dan ecoli masuk ke dalam rumah dan menjadi sumber penyakit.

Selalu menjaga kebersihan rumah termasuk cara membasmi kecoa di rumah yang paling dasar. Meski begitu, masih ada cara-cara yang lebih mutakhir untuk membasmi keberadaannya di rumah. Misalnya saja dengan memanfaatkan kopi, baking soda, kapur barus, dan masih banyak lagi sebagai perangkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas cara membasmi kecoa di rumah dari berbagai sumber, Selasa (14/7/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Obat Kumur dan Borks

Obat Kumur

Obat kumur tak hanya membuat napas Anda segar. Obat kumur mengandung mentol, yang menurut penelitian adalah pembunuh kecoak yang kuat. Jika dibandingkan dengan 86 minyak esensial lainnya, mentol berada pada peringkat pertama.

Cara membasmi kecoa di rumah dengan obat kumur adalah membuat semprotan obat kumur. campur 100 ml obat kumur dalam satu galon air dan semprotkan di sekitar rumah Anda.

Boraks dan Makanan Manis

Boraks dan makanan manis bisa dijadikan cara membasmi kecoa di rumah. Coba campurkan makanan manis dengan boraks. Seperti menaruh perangkap untuk kecoa seperti biasanya, letakkan di tempat tersembunyi. Tetap pastikan juga perangkap ini jauh dari jangkauan anak kecil atau hewan peliharaan.

 

3 dari 6 halaman

Perangkap Lengket dan Kopi

Perangkap Lengket

Perangkap lengket ternyata bisa digunakan untuk membasmi kecoa. Sama seperti tikus dan lalat. Perangkap lengket juga bisa diterapkan untuk kecoa. Letakkan perangkap lengket di setiap sudut rumah dan jauhkan dari jangkauan dari anak-anak dan hewan peliharaan.

Kopi dan Minyak

Cara membasmi kecoa di rumah bisa dengan membuat perangkapnya. Cobalah membuat perangkap kecoa menggunakan kopi atau minyak. Caranya gunakan botol plastik bekas, yang telah dibelah. Masukan umpan dan bahan penjebak ke dalam botol.

Gunakan kopi yang dicampur air atau minyak. Kecoa menyukai bau kopi, ia akan merangkak naik lalu mencari bau kopi. Setelah dapat ia terjebak dalam air atau minyak dan tidak akan bisa kembali memanjat.

4 dari 6 halaman

Bersihkan Rumah dan Kapur Barus

Bersihkan Rumah

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah membersihkan seluruh bagian rumah. Kecoa gemar bersarang di tempat yang kotor, sempit, gelap, dan lembap. Sebaliknya, ia tak dengan area yang bersih.

Bersihkan setiap sudut di rumah terutama area dapur. Lakukan cara membasmi kecoa di rumah dengan membersihkan bagian lemari.

Seperti lemari penyimpanan alat masak, lemari makanan, dan lemari penyimpanan bahan makanan. Menjaga kebersihan rumah berarti sudah memperkecil pergerakan kecoa untuk datang ke rumah.

Kapur Barus

Kapur barus salah satu obat untuk mengusir kecoa. Cara membasmi kecoa di rumah dengan kapur barus bisa dengan menyebarnya. Coba saja menyebar kapur barus di pojok-pojok ruang. Wangi kapur barus tidak disukai kecoa dan dapat mengusir kecoa sehingga tidak datang lagi.

Namun hati-hati, hindari menaruh kapur barus di dekat makanan atau lemari makanan. Anda dapat menggantinya menggunakan bahan alami, seperti daun salam yang juga tak disukai kecoa sehingga lebih aman untuk makanan.

5 dari 6 halaman

Tutup Saluran Air dan Deterjen

Tutup Saluran Air

Kecoa dapat bertahan hidup satu bulan tanpa makanan, namun ia tak bisa bertahan hidup lebih dari satu minggu tanpa air. Tak heran kalau kecoa suka sekali bersarang di tempat-tempat lembap dan basah seperti di bawah wastafel atau saluran air.

Oleh sebab itu, cara membasmi kecoa di rumah adalah dengan menutup saluran air yang bocor. Coba periksa dan teliti setiap saluran air yang ada di rumah. Termasuk pipa wastafel kamar mandi, dapur, atau pipa keran kamar mandi. Segera perbaiki jika terjadi kebocoran pipa air di rumah.

Deterjen dan Hairspray

Kecoak akan sekarat dengan campuran air dan sabun. Metode ini sangat efektif untuk kecoak dan jangkrik di Jerman. Cara membasmi kecoa di rumah bisa dengan mencampurkan 4 sendok makan deterjen cair dengan 4 gelas air. Semprotkan sesuai kebutuhan di tempat kecoak bersembunyi.

Hairspray memiliki tekstur lengket dan sekali kecoa tersangkut di sana, mereka ia akan terjebak untuk selamanya. Hairspray sangat bagus untuk disemprotkan langsung pada kecoak saat Anda melihatnya bergerak. Ini akan membuatnya berhenti bergerak segera. Ikuti semprotan hairspray dengan satu atau dua semprotan air sabun untuk menghabisi serangga ini.

 

6 dari 6 halaman

Peppermint dan Daun Salam

Minyak Peppermint

Kecoa benci bau minyak peppermint. Minyak peppermint bertindak sebagai insektisida alami yang tidak hanya membuat kecoak di mabuk tetapi juga untuk membunuh mereka. Coba buat papermint sebagai cara membasmi kecoa di rumah.

Buat pengusir mint dengan mengisi botol semprot dengan air dan menambahkan dua puluh tetes minyak peppermint ke dalam air. Semprotan ini 100% tidak beracun dan aman digunakan di sekitar hewan peliharaan dan anak-anak. Lakukan di tempat tersembunyi.

Daun Salam

Daun salam digunakan terutama sebagai rempah pengharum masakan khususnya di sejumlah negeri di Asia Tenggara, baik untuk masakan daging, ikan, sayur mayur, maupun nasi.

Namun, selain menyedapkan masakan, daun salam juga berguna sebagai pembasmi kecoa. Daun salam dikenal sebagai salah satu solusi rumah terbaik untuk kecoa. semprotan daun salam ini akan membuat kecoa di rumah berlarian pergi.

Cara membasmi kecoa di rumah dengan daun salam adalah cukup hancurkan sedikit daun salam dan tinggalkan di dekat sudut dan celah tempat kecoak bersembunyi. Anda juga bisa meletakkan segenggam di bagian bawah tong sampah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.