Sukses

6 Obat Nyamuk Alami yang Ampuh dan Cara Menggunakannya

Liputan6.com, Jakarta Nyamuk merupakan serangga kecil yang mungkin ukurannya tidak lebih besar dari ukuran kuku jari manusia. Namun, meski begitu ketika seseorang terkena gigitan nyamuk bisa menimbulkan gatal, iritasi, hingga risiko penyakit mematikan seperti demam berdarah dengue (DBD) serta malaria. Ada berbagai metode untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk, salah satunya dengan menggunakan obat nyamuk alami. 

Sayangnya, pengunaan obat nyamuk alami ini masih jarang dilirik oleh banyak orang. Padahal, penggunaan obat nyamuk alami ini sudah pasti lebih aman jika dibandingkan dengan penggunaan obat nyamuk yang biasa dijual di pasaran. Sebab, pada obat nyamuk alami ini tidak terdapat berbagai bahan kimia berbahaya, yang biasanya menimbulkan gangguan pada pernafasan.

Selain obat nyamuk alami ini lebih aman terutama bagi kesehatan pernafasan, berbagai bahan yang digunakan dalam obat nyamuk alami ini juga sangat mudah didapatkan. Bahkan Anda bisa mendapatkannya di tukang sayur keliling sekalipun. Juga, dengan menggunakan obat nyamuk alami ini bisa membantu Anda dalam menghemat pengeluaran untuk membeli obat nyamuk. Sebab, obat nyamuk alami ini bisa dibilang bahannya sangat murah dibandingkan obat nyamuk konvensional.

Menggunakan obat nyamuk alami ini juga bisa dijadikan alternatif ketika Anda kesulitan untuk menemukan obat nyamuk yang biasa dijual di pasaran. Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba dan memahami apa saja jenis obat nyamuk alami yang bisa digunakan.

Nah, jadi apa saja bahan obat nyamuk alami yang bisa digunakan tersebut? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, apa saja bahan obat nyamuk alami tersebut yang pastinya mudah untuk Anda dapatkan, Selasa (14/7/2020).

2 dari 7 halaman

1. Kemangi

Salah satu obat nyamuk alami yang sangat mudah ditemukan yaitu kemangi. Salah satu tanaman yang bisa Anda temukan di rumah-rumah makan ini menjadi salah satu bahan yang sangat efektif dalam mengusir nyamuk. Mungkin Anda juga tidak menyadarinya, sebab biasanya kemangi lebih terkenal dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Padahal, tanaman yang terkenal dengan aroma wangi khasnya ini sangat tidak disukai nyamuk.

Aroma dari kemangi sendiri memang sangat menyengat. Aroma ini memang berasal dari senyawa yang terkandung di dalam daun kemangi yaitu zat geraniol yang membuat bau kemangi menjadi sangat kuat dan tidak disukai oleh nyamuk.

Untuk memanfaatkan kemangi sebagai obat nyamuk alami caranya cukup mudah. Anda bisa meletakkan daun kemangi yang telah dicuci pada sudut-sudut yang menjadi sarang nyamuk, seperti gantungan baju, sudut-sudut rumah, serta lain sebagainya. Atau, Anda juga bisa menggunakan daun kemangi layaknya memakai lulur, yaitu dengan menumbuk daun kemangi dan membalurkannya ke seluruh kulit tubuh yang tidak terlindungi pakaian.

3 dari 7 halaman

2. Bawang Putih

Selanjutnya, merupakan salah satu jenis bumbu masakan yang sudah sangat terkenal di masyarakat, yaitu bawang putih. Bawang putih sendiri menjadi obat nyamuk alami yang cukup ampuh untuk mengusir nyamuk. Sebab, bawang putih memiliki aroma yang sangat kuat. Aroma tersebut tidak lain berasal dari senyawa sulfur alami pada bawang putih.

Mengapa bisa aroma sulfur tersebut bisa mengusir nyamuk? Sebab, aroma dari sulfur ternyata tidak disukai nyamuk. Selain karena kandungan sufurnya, nyamuk juga tidak tahan dengan bawang karena mengandung asam nicotinic.

Dan, untuk mendapatkan manfaat bawang putih dalam mengusir nyamuk, Anda bisa merebus bawang putih lalu taruh ke dalam wadah semprotan. Setelah itu, Anda bisa menyemprotkan cairan bawang putih ke lokasi yang memang terindikasi banyak nyamuk.

4 dari 7 halaman

3. Minyak Peppermint

Minyak peppermint merupakan salah satu jenis insektisida alami dan sangat ampuh sebagai pengusir serangga, seperti nyamuk. Anda bisa menggunakan minyak peppermint yang diberi campuran air lemon atau sari cuka apel. Namun, Anda diperlukan kehati-hatian ketika menggunakan minyak peppermint.

Sebab, biasanya minyak peppermint dapat menimbulkan sensasi hangat ketika dioleskan ke kulit, dan jika teerlalu berlebihan dapat menyebabkan ruam di kulit Anda. Untuk menekan risiko ruam tersebut, Anda bisa memberi campuran minyak canola atau minyak zaitun ke dalam minyak peppermint tersebut

5 dari 7 halaman

4. Daun Serai

Daun serai juga dipercaya ampuh menjadi obat nyamuk alami. Sebab, di dalam daun serai terkandung sitronela dan atsiri, dimana bahan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk. Itulah mengapa, daun serai sering digunakan sebagai bahan utama dalam beberapa produk pengusir nyamuk.

Cara memanfaatkan daun serai sebagai obat nyamuk alami cukup mudah. Anda hanya perlu merebus daun serai dengan air secukupnya. Lalu, air rebus daun serai tersbeut bisa digunakan untuk mengepel lantai atau digunakan untuk menyemprot ke area yang dirasa banak terdapat nyamuk.

6 dari 7 halaman

5. Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu bahan yang memiliki kandungan senyawa cinnamaldehyde yang sangat dibenci oleh nyamuk demam berdarah. Cara pemanfaatn kayu manis untuk obat nyamuk alami ini juga terbilang mudah.

Anda cukup menjadikan kayu manis tersebut sebagai bubuk. Lalu, taburkan kayu manis tersebut ke beberapa sudut ruangan. Atau, Anda bisa merebus kayu manis tersebut, dan tentunya air rebusan tersebut digunakan sebagai bahan yang bisa disemprotkan ke tiap-tiap sudut ruangan.

7 dari 7 halaman

6. Kulit Jeruk

Obat nyamuk alami yang terakhir bisa dengan mudah Anda dapatkan. Kulit jeruk sendiri di dalamnya terdapat kandungan berupa senyawa lemonen yang mampu merusak sistem pernafasan pada nyamuk.

Namun, salah satu kelemahan ketika menggunakan berbagai bahan obat nyamuk alami di atas, yaitu Anda harus rajin-rajin untuk membersihkan sisa-sisa bahan yang sudah layu, seperti kulit jeruk. Sebab, jika dibiarkan saja justru akan berpotensi menimbulkan datangnya nyamuk.