Sukses

8 Cara Agar Kuku Tetap Sehat, Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Cara agar kuku tetap sehat perlu Anda perhatikan dengan cermat. Sebab, jika mengabaikan cara agar kuku tetap sehat ini akan berpotensi membuat kuku Anda menjadi rusak dan yang lebih parah bisa menimbulkan iritasi hingga infeksi.

Mungkin Anda sering mengalami kondisi dimana kuku menjadi rapuh atau pecah-pecah. Bahkan, pada beberapa orang terdapat kondisi dimana kuku sudah tumbuh tidak beraturan dan menimbulkan bau tidak sedap. 

Nah, untuk memperjelas bagaimana cara agar kuku tetap sehat, maka di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum dari berbagai sumber informasi mengenai cara agar kuku tetap sehat tersebut, Selasa (14/7/2020).

2 dari 5 halaman

Rajin memotong kuku dan jaga agar tetap kering

1. Rajin memotong kuku

Cara agar kuku tetap sehat ini mungkin sudah sejak kecil diajarkan oleh orang tua. Sebab, rajin memotong kuku dapat menghindarkan dari berbagai bibit penyakit, yang sudah pasti berbagai bibit penyakit tersebut bersarang di area dan celah-celah kuku yang panjang. Dan, dengan memotong kuku, juga akan membantu dalam mengontrol pertumbuhan kuku yang mungkin tidak sempurna.

2. Jaga agar kuku tetap kering

Selanjutnya, sangat disarankan untuk menjaga kondisi kuku agar tetap kering dan bersih. Sebab, kondisi kuku yang basah dan lembab dapat meningkatkan risiko timbulnya bakteri yang muncul di celah-celah dari kuku.

Selain itu, kuku akan semakin berisiko pecah-pecah apabila terlalu sering terkena air. Sebab, kuku memang sangat rentan terhadap air dan bisa menyebabkan kuku mudah patah.

3 dari 5 halaman

Hentikan menggigit kuku dan jangan memotong kutikula kuku

3. Hentikan menggigit kuku

Salah satu cara agar kuku tetap sehat adalah tidak melakukan kebiasaan untuk menggigit kuku. Sebab luka kecil di samping kuku yang diakibatkan kebiasaan menggigit tersebut, dapat meningkatkan risiko bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi.

Padahal, seperti yang telah banyak orang ketahui, jika mulut merupakan sumber dari berbagai bakteri. Dan, menggigit kuku juga akan menyebabkan bentuk kuku menjadi tidak terpotong dengan sempurna, sehingga memberi bentuk kuku yang kurang sedap dipandang.

4. Jangan memotong kutikula kuku

Banyak dermatologis menyarankan bahwa memotong kutikula kuku akan menyebabkan dampak yang kurang baik pada kuku. Sebab, kutikula atau kulit bewarna putih membatasi antara kuku dan kulit tersebut akanberbahaya jika dipotong.

Hal ini tidak lain karena risiko infeksi atau iritasi dari berbagai bakteri yang bisa saja hinggap di area tersebut ketika menyentuh benda-benda yang kotor. Dan, apabila nekat untuk memotong kutikula, bisa menyebabkan masalah kuku, seperti bagian punggung kuku yang berbintik putih atau garis putih, serta kondisi dimana kuku yang mengalami infeksi bakteri dapat menghambat pertumbuhan kuku.

4 dari 5 halaman

Kurangi penggunaan cat kuku, terutama yang mengandung bahan kimia keras

5. Kurangi penggunaan cat kuku

Cara agar kuku tetap sehat ini juga penting untuk diperhatikan. Sebab, penggunaan cat kuku yang telalu sering akan membuat kuku tidak mendapatkan asupan udara segar. Dimana, kedaan tersebut akan kurang baik bagi kesehatan kuku.

Dan, apabila kuku Anda mengalami kekusaman akibat sering menggunakan cat kuku maka Anda bisa merendam tangan ke dalam air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis, dan biarkan selama 15-20 menit. Air jeruk tersebut mengandung astringent yang bisa mengembalikan kecerahan pada kuku.

6. Jangan gunakan cat kuku yang mengandung bahan kimia keras

Di pasaran sangat banyak jenis cat kuku yang mengandung beraneka ragam bahan kimia yang memiliki racun berbahaya, seperti toluena, dibutil ftalat, dimetil dan dietil ftalat, kapur barus, serta formaldehida.

Namun, penggunaan berbagai macam bahan kimia berbahaya tersebut sudah mulai dihindari oleh beberapa produsen cat kuku. Tapi tetap berhati-hati, ya. Sebab, masih tetap besar peluang Anda mendapatkan cat kuku dengan bahan kimia berbahaya. Jadi selalu lebih cermat ketika membeli cat kuku, atau Anda bisa membeli jenis cat kuku yang berbahan dasar air. Memang tidak bertahan lebih lama dari yang berbahan dasar kimia, namun cat kuku ini lebih aman.

5 dari 5 halaman

Konsumsi makanan dan minuman yang sehat serta suplemen tambahan

7. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

Cara agar kuku tetap sehat bisa dilakukan tidak hanya dari bagian luar saja. Anda juga bisa meningkatkan kesehatan kuku Anda dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi jenis makanan dan minuman sehat, yang pastinya kaya akan nutrisi penting bagi tubuh.

Salah satu minuman yang penting dalam menjaga kesehatan kuku yaitu air putih. Dengan mengonsumsi cukup air putih, dapat membantu merawat kondisi kuku Anda. Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk menjaga kondisi kuku, yaitu jenis makanan yang mengandung banyak kalsium, seperti susu, keju, yogurt, ikan sarden, kacang-kacangan, serta jenis biji-bijian.

8. Konsumsi suplemen tambahan

Dan, cara agar kuku tetap sehat yang terakhir adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis suplemen yang memang diperlukan dalam menjaga kesehatan kuku, salah satunya biotin. Biotin tersebut dipercaya mampu untuk membuat kuku menjadi lebih kuat dan terhindar dari kerapuhan.

Akan tetapi, sebelum Anda akan mengonsumsi suplemen, ada baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai boleh atau tidaknya suplemen tersebut Anda konsumsi.

Jadi, tidak sulit bukan mempraktikkan berbagai cara agar kuku tetap sehat di atas. Yang paling penting adalah selalu lakukan dan jalani dengan rutin, agar hasil yang didapatkan lebih optimal.