Sukses

5 Cara Membeli Saham bagi Pemula, Pahami Tahapannya

Cara membeli saham bagi pemula ternyata cukup mudah, berikut tahapan-tahapannya.

Liputan6.com, Jakarta Cara membeli saham bagi pemula menjadi dasar penting sebelum melangkah ke tingkat selanjutnya. Sebab, banyak orang yang tidak menghiraukan cara membeli saham bagi pemula ini dan akhirnya gagal. Padahal, saham sendiri membutuhkan proses belajar yang bertahap dan tidak bisa dalam waktu singkat. 

Umumnya, tujuan untuk berinvestasi di saham karena memiliki harapan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Namun, yang namanya investasi selalu memiliki risiko di dalamnya. Risiko inilah yang penting untuk diminimalisir agar tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.

Dalam dunia investasi, saham sendiri sangat banyak dipilih karena dianggap mampu untuk memberikan keuntungan yang besar dalam jangka panjang, namun dengan melakukan langkah-langkah yang benar.

Dan, jika Anda tertarik untuk ikut berinvestasi saham dan mungkin bingung bagaimana cara membeli saham bagi pemula, jangan khawatir, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai bagaimana cara membeli saham bagi pemula tersebut untuk Anda, Selasa (14/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Belajar dan Pahami Ilmu Dasar Saham

Cara membeli saham bagi pemula yang paling dasar adalah dengan mempelajari dan memahami apa itu saham dan bagaimana mekanisme saham tersebut dapat dijalankan. Hal ini sangat perlu dilakukan dan menjadi hal yang sangat fundamental. Apabila dilewatakan, hanya akan membuat Anda menjadi bingung dan tidak tahu langkah apa yang harus dilakukan ketika bermain saham.

Anda juga sangat perlu memahami keuntungan dan risiko yang biasa terjadi di dalam investasi saham. Tentu, tujuannyaagar Anda lebih siap menghadapi apapun yang akan terjadi ke depannya. Sebab, semakin besar keuntungan maka akan semakin besar pula risiko yang mungkin terjadi.

Hal ini mungkin tidak hanya berlaku di saham, namun ketika Anda akan memulai jenis investasi apapun. Anda harus paham betul tentang dunia baru yang ingin Anda pilih seperti saham. Jadi, jangan gegabah dan ingin segalanya instan, ya.

3 dari 6 halaman

2. Tentukan Perusahaan Sekuritas

Cara membeli saham bagi pemula yang selanjutnya, yaitu dengan menentukan mana perusahaan sekuritas yang akan membantu Anda untuk menjadi perantara ketika bermain saham. Sebab, perusahaan sekuritas ini memiliki peran sebagai perantara untuk Anda melakukan jual beli saham dan akan membantu dalam pembukaan rekening saham di BEI. Itulah mengapa, Anda perlu menentukan dan juga memastikan perusahaan sekuritas mana yang akan dipercaya.

Usahakn untuk memilih perusahaan sekurtias yang terdaftar di BEI dan sudah memiliki reputasi yang baik. Selain itu, Anda juga perlu memahami tentang layanan dan biaya yang biasanya ditetapkan oleh perusahaan sekuritas.

4 dari 6 halaman

3. Mulai Memilih Saham

Jika cara membeli saham bagi pemula di atas sudah dilakukan dan Anda sudah memiliki rekening saham, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus menentukan mana saham yang akan dibeli. Akan tetapi, sebelum membeli saham tersebut, jangan lupa untuk memilih jenis saham yang paling menguntungkan.

Selain menguntungkan, saham tersebut juga harus memiliki risiko yang rendah. Kondisi mengenai risiko saham tersebut bisa Anda lihat dari kondisi perusahaannya, grafik harga saham perusahaan tersebut, serta Anda juga bisa meminta masukan dari perusahaan sekuritas yang Anda percaya untuk memilih saham terbaik.

5 dari 6 halaman

4. Lakukan Pembelian Saham

Selanjutnya, ketika Anda sudah menentukan mana saham yang akan dibeli, maka Anda bisa mulai untuk membeli saham yang sudah dipilih tersebut. Untuk membeli saham tersebut, Anda bisa membeli melalui broker untuk membeli saham yang Anda inginkan atau Anda juga bisa membelinya sendiri melalui aplikasi trading saham online.

Umumnya, perusahaan sekuritas yang memiliki reputasi baik dan dipercaya sudah memiliki sistem trading sendiri yang bisa Anda unduh dan pasang di ponsel pintar milik Anda. Dan, biasanya aplikasi tersebut juga mencangkup berbagai informasi seperti pergerakan saham dari perusahaan peserta.

6 dari 6 halaman

5. Selalu Memantau Pasar

Cara membeli saham bagi pemula yang kelima adalah dengan memantau pasar saham. Biasanya, perdagangan saham di pasar sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, politik, keamanan, serta berbagai faktor lainnya. Itulah mengapa, sangat penting bagi Anda untuk memantau kondisi pasar saham secara berkala.

Selain itu, Anda juga harus belajar mencermati naik turunnya harga saham. Tentu saja, tujuannya agar Anda bisa mendapatkan keuntungan dari investasi saham, karena Anda jadi mengetahui kapan harus membeli dan menjual saham supaya mendapat keuntungan yang maksimal.

Nah, bagaimana menurut Anda, cukup mudah bukan cara membeli saham bagi pemula di atas. Namun, dalam bermain saham sangat diperlukan kesabaran dan kehati-hatian, ya. Sebab, apabila Anda gegabah ketika membeli saham yang ada di pasaran, maka akan berisiko menimbulakan kerugian.

Selain itu, Anda juga harus selalu update mengenai informasi terbaru mengenai naik turunnya harga saham yang ada di pasaran setiap hari. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.