Sukses

3 Cara Membuat Air Mawar Sendiri di Rumah untuk Segarkan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Air mawar dikenal manfaatnya untuk kesehatan kulit. Air mawar didapat dari ekstrak kelopak bunga mawar dari sejumlah proses. Air mawar memiliki aroma harum yang menyenangkan. Air ini biasa digunakan dalam perawatan kulit dan parfum alami.

Produk air mawar bisa ditemukan dengan mudah sebagai skin care harian. Kamu juga bisa membuat air mawar sendiri di rumah. Cara membuat air mawar terbilang sederhana. Kamu hanya memerlukan kelopak mawar segar, air distilasi, panci, dan botol.

Cara membuat air mawar sendiri ini bisa menghemat pengeluaran. Air mawar yang kamu gunakan juga akan bebas dari bahan kimia. Berikut cara membuat air mawar sendiri di rumah, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(14/7/2020).

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Air Mawar: Teknik pendidihan

Pendidihan adalah cara termudah dan tercepat untuk membuat air mawar. Kamu cuma membutuhkan kelopak mawar segar, air sulingan (distiled water), saringan, panci, gelas ukur, dan wadah tertutup seperti botol. Berikut cara membuat air mawar dengan teknik pendidihan:

Siapkan mawar

Siapkan 2 hingga 3 bunga mawar segar. Pisahkan kelopaknya, bersihkan dengan air untuk menghilangkan kotoran yang ada. 2 sampai 3 bunga mawar bisa menghasilkan 1 gelas kelopak mawar.

Masukkan mawar ke dalam panci

Rendam kelopak dalam 1 ½ gelas air. Gunakan air sulingan atau distiled water. Tempatkan panci di atas kompor dan bawa air ke api kecil. Tutup hingga mendidih.

Didihkan air mawar

Biarkan selama 15 hingga 30 menit atau sampai kelopaknya kehilangan warna atau kelopak berubah picar. Matikan api dan biarkan dingin sepenuhnya.

Saring

Kamu dapat menggunakan saringan atau kain lembut untuk memisahkan kelopak dan air mawar. Setelah selesai, buang kelopaknya.

Simpan air mawar ke dalam botol

Air mawar bisa dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Menggunakan botol semprotan atau toples adalah cara terbaik untuk menyimpan air mawar. Air ini bisa bertahan selama satu minggu di suhu ruang dan bisa disimpan di lemari es hingga satu bulan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Air Mawar: Teknik penyulingan

Selain merebus air mawar, kamu juga bisa membuat air mawar dengan cara penyulingan. Penyulingan adalah cara tradisional untuk membuat air mawar. Meski lebih memakan waktu, teknik bisa menghasilkan air mawar yang lebih baik. Air mawar yang dihasilkan oleh teknik ini lebih banyak manfaat alami daripada teknik pendidihan. Berikut cara menyuling air mawar:

Siapkan mawar

Sama seperti cara sebelumnya, siapkan 2 hingga 3 bunga mawar. Pisahkan kelopak dari batangnya dan bersihkan dengan air.

Siapkan panci

Tempatkan mangkuk kecil atau piring keramik di tengah panci. Masukkan kelopak mawar dan air sulingan (distiled water) di luar mangkuk atau di sela-sela antara pinggiran mangkuk dan panci. Pastikan untuk tidak memasukkan kelopak atau air ke dalam mangkuk. Ambil tutup panci dan gunakan dalam posisi terbalik. Tutupnya digunakan untuk menjebak uap di dalam panci dan akan masuk ke mangkuk.

Panaskan panci

Nyalakan api kecil, dan biarkan panci panas dan air mendidih. Setelah air di dalam panci mulai mendidih, kurangi panasnya dan biarkan air mendidih. Ini akan memakan waktu sekitar 20 hingga 25 menit atau sampai warna kelopak mawar memudar.

Uap mawar akan terkumpul di bagian bawah tutup panci, kemudian menetes ke dalam mangkuk bersih, memberimu air mawar yang lebih murni dan terkonsentrasi.

Ambil hasil sulingan

Matikan api dan tunggu sampai dingin sebelum membuka tutupnya. Pastikan tidak ada tetesan uap yang tersisa menetes ke dalam mangkuk. Keluarkan mangkuk dari panci. Tuangkan ke dalam botol semprot. Air ini bisa bertahan satu minggu di suhu ruang dan enam bulan di lemari es.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Air Mawar: Teknik penghalusan

Cara membuat air mawar ini hampir sama dengan teknik pendidihan. Bedanya adalah cara menyiapkan mawarnya. Di sini kelopak mawar akan dihaluskan atau dihancurkan terlebih dahulu. Metode ini juga dapat digunakan untuk membuat jumlah air mawar yang lebih besar. Berikut caranya:

Siapkan mawar

Siapkan dan bersihkan kelopak mawar. 2-3 bunga mawar bisa menghasilkan 1 gelas kelopak mawar. Sesuaikan dengan jumlah yang kamu butuhkan.

Menghaluskan kelopak mawar

Bagi kelopak bersih menjadi dua tumpukan yang sama. Hancurkan tumpukan pertama di ulekan.

Pindahkan ke mangkuk

Masukkan kelopak yang sudah dihancurkan ke mangkuk. Biarkan selama 2 hingga 3 jam agar cairan menebal. Campurkan kelopak yang tersisa dan diamkan selama 24 jam pada suhu kamar.

Didihkan kelopak mawar

Tempatkan campuran kelopak mawar dengan 1 gelas air sulingan dalam panci keramik. Jangan menggunakan panci logam karena akan menghilangkan minyak dan memengaruhi pewarnaan air mawar. Atur panas ke rendah dan didihkan.

Simpan air mawar

Setelah mendidih, angkat dari kompor. Biarkan dingin dan tempatkan pada botol. Tutup dan tinggalkan di tempat yang cerah seperti jendela selama 2 hingga 3 jam. Sinar matahari akan mengeluarkan minyak alami.

5 dari 5 halaman

Manfaat air mawar untuk wajah

Air mawar bisa digunakan sebagai penyegar kulit. Caranya dengan membuat semprotan air mawar dan menyemprotkannya setiap saat. Air mawar juga bisa digunakan dengan cara mengoleskannya pada kulit dengan bantuan kapas. Berikut manfaat air mawar untuk wajah:

Atasi peradangan

Sifat antibakteri dalamair mawardapat membantu mengurangi jerawat. Sifat antiinflamasinya dapat mengurangi kemerahan pada kulit. Air mawar dapat membantu membersihkan dan melawan infeksi luka dan terbakar.

Hidrasi kulit

Air mawar membantu hidrasi, merevitalisasi dan melembabkan kulit sehingga memberikan kulit tampilan yang segar.

Mengandung antioksidan

Kelopak mawar dan minyak mawar mengandung sejumlah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel kulit dari kerusakan.

Cegah penuaan

Air mawar sering ditemukan dalam produk kecantikan yang bertujuan mengurangi keriput. Air mawar memiliki efek anti-penuaan. Selain menenangkan kulit yang teriritasi, air mawar dapat mengurangi munculnya keriput saat dioleskan.

Astringent alami

Karena sifat astringent alami yang dimilikinya, air mawar membantu membersihkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Menerapkan air mawar setelah mencuci muka membantu mengencangkan kulit, mengurangi kemerahan dan noda.