Sukses

4 Cara Memasang Tempered Glass di HP, Ketahui Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Cara memasang tempered glass di HP bisa membantumu memasang sendiri anti gores. Tempered glass kini menjadi anti gores yang banyak digunakan pada smartphone. Berbeda dengan anti gores dari plastik, tempered glass jauh menawarkan perlindungan lebih besar dari anti gores biasa.

Tempered glass dibuat dengan teknik tempering. Tempering adalah proses memanaskan kaca untuk membentuk lembaran dan kemudian dengan cepat didinginkan. Hasilnya adalah selembar kaca yang kuat dan lebih tahan lama.

Biasanya, tempered glass akan dipasangkan langsung ketika membelinya di toko aksesoris HP. Namun, bagaimana jika kamu membeli tempered glass secara online? Mau tidak mau kamu harus mengetahui bagaimana cara memasang tempered glass di HP sendiri.

Mungkin ada sedikit keraguan saat melakukan cara memasang tempered glass di HP. Kamu mungkin takut cara memasang tempered glass di HP tidak sesuai, meleset atau bahkan salah pasang. Padahal, jika dilakukan dengan benar, cara memasang tempered glass di HP bisa dengan mudah dilakukan.

Tak perlu ragu, kamu bisa belajar cara memasang tempered glass di HP sendiri dengan benar. Berikut tips cara memasang tempered glass di HP, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (14/7/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Bersihkan layar dengan wet wipe

Biasanya dalam tiap kemasan tempered glass sudah tersedia wet wipe dan dry wipe atau lap basah dan lap kering. Wet wipe ini sangat berguna untuk membersihkan layar dari debu dan kotoran sebelum tempered glass dipasang. Merk tempered glass yang menyertakan lap ini di antaranya adalah Nillkin, Cafele, dan KingKong.

Matikan hp, buka bungkus wet wipe dan bersihkan layar hp dengan wet wipe secara menyeluruh. Pastikan tidak ada kotoran dan debu yang menempel. Kotoran dan debu ini bisa mengganjal tempered glass dan membuatnya terlihat bergelembung setelah dipasang.

3 dari 6 halaman

Keringkan dengan dry wipe

Setelah layar bebas dari debu dan kotoran, keringkan layar dengan dry wipe yang telah tersedia. Lap jenis dry wipe ini berfungsi untuk mengeringkan cairan pembersih yang ada di wet wipe. Buka bungkus dry wipe dan usapkan dengan lembut pada layar hp.

Pastikan cairan dari wet wipe benar-benar kering dan terangkat dari layar hp. Cairan yang masih tertinggal di layar juga bisa membuat tempered menggelembung dan tidak merekat dengan sempurna.

4 dari 6 halaman

Gunakan duster (opsional)

Untuk memastikan layar benar-benar bersih dari debu, kamu bisa memanfaatkan duster yang biasanya juga tersedia secara bawaan dalam produk tempered glass. Duster dapat mengangkat debu yang tersisa dari proses pembersihan menggunakan wet wipe dan dry wipe.

Memastikan layar benar-benar bersih sangat penting. Ini karena tempered glass memiliki daya rekat yang sangat kuat dan bisa bersifat semi-permanen. Jika masih ada debu yang menempel, pemasangan tempered jadi tidak maksimal dan debu bisa terperangkap pada layar.

5 dari 6 halaman

Memasang tempered glass

Cara memasang tempered glass di HP selanjutnya adalah memasang komponen tempered glass. Jika sudah yakin layar hp bebas dari debu dan kotoran, saatnya kamu mulai memasang tempered glass.

Berbeda dengan anti gores konvensional yang berbahan lembaran plastik, tempered glass memiliki struktur yang lebih kaku sehingga relatif lebih mudah dipasang karena dapat mempertahankan bentuknya dan tidak melengkung ketika perekatnya dilepas.

Pastikan posisi tempered glass dan hp berada di arah yang sama. Tempelkan tempered glass dengan hati-hati, lalu tekan tempered glass dari tengah agar seluruh permukaan bisa merekat baik di layar.

6 dari 6 halaman

Manfaat memasang tempered glass

Melindungi layar dari benturan

Tempered glass sangat berguna melindungi layar dari benturan. Layar hp terutama smartphone, rentan mengalami benturan. Memasang tempered glass bisa mencegah layar asli hp pecah atau rusak akibat benturan. Tempered glass bisa jadi perlindungan pertama bagi layar terhadap benturan.

Tempered glass juga akan melindungi hp dari tekanan, membuat hp semakin tahan terhadap tindihan dan tak mudah retak. Ketika jatuh atau terbentur, paling tidak tempered glass yang akan retak atau pecah. Ini bisa meminimalisir kerusakan pada hp.

Melindungi layar dari goresan

Manfaat tempered glass yang tak kalah penting lainnya adalah melindungi layar dari goresan. Selain benturan, layar hp rentan mengalami gesekan yang membuanya mudah tergores. Tempered glass juga lebih tahan gores dan akan tahan terhadap gesekan. Memasang tempered glass memastikan permukaan layar tetap sempurna dan bersih lebih lama.

Menjaga kejernihan layar

Tempered glass tidak akan memengaruhi warna, kualitas gambar, dan ketajaman dari tampilan layar hp. Berbeda dengan pelindung layar plastik yang dapat mengaburkan transmisi cahaya dari layar sehingga memengaruhi warna pada perangkat. Tempered glass juga tahan goresan dan mudah dibersihkan membuat tampilan tidak mudah kabur dan keruh.

Mudah diganti jika retak

Jika tempered glass retak atau tergores, kamu bisa dengan mudah menggantinya dengan yang baru. Dan layar hp utamamu akan masih tetap bersih dan bebas dari kerusakan. Kamu pun hanya perlu mengganti tempered glass dengan yang baru tanpa harus membayar servis untuk penggantian layar utama.

Mudah dibersihkan

Seiring waktu, pelindung layar plastik bisa mengumpulkan lebih banyak goresan dan jauh lebih sulit untuk dibersihkan. Sementara tempered glass dapat dengan mudah dibersihkan karena sebagian besar dilengkapi dengan lapisan oleophobic yang juga membuatnya tahan terhadap minyak dan sentuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.