Sukses

10 Cara Melancarkan Darah Haid yang Sedikit, Ketahui Penyebabnya

Darah haid yang sedikit bisa disebabkan banyak faktor.

Liputan6.com, Jakarta Cara melancarkan darah haid yang sedikit bisa mendukung siklus menstruasi yang sehat. Banyak faktor dapat memengaruhi aliran darah haid dan membuat darah yang keluar jadi sangat sedikit.

Darah haid yang keluar dari bulan ke bulan memang bisa bervariasi. Namun, darah haid yang sedikit selama beberapa bulan bisa menandakan adanya sebuah masalah pada tubuh. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara melancarkan darah haid.

Dalam kasus-kasus tertentu, darah haid yang sedikit dapat menunjukkan kehamilan atau kondisi terkait hormon. Darah haid yang sedikit juga bisa diakibatkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti kelelahan, stres, atau kenaikan berat badan. Mengetahui penyebab dari sedikitnya darah haid juga bisa membantu menentukan cara melancarkan darah haid yang sedikit dengan tepat.

Cara melancarkan darah haid yang sedikit bisa dilakukan dengan mengatasi penyebab dari darah haid yang sedikit. Perubahan gaya hidup menjadi kunci cara melancarkan darah haid yang sedikit. Memenuhi asupan vitamin juga penting dalam cara melancarkan darah haid yang sedikit.

Berikut cara melancarkan darah haid yang sedikit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(15/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab darah haid sedikit

Stres

Stres kadang-kadang bisa menjadi penyebab haid yang sedikit atau telat. Ketika merasa stres, tubuh bisa menghasilkan hormon seperti kortisol atau adrenalin. Hormon stres ini dapat menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron yang penting untuk mempertahankan siklus menstruasi teratur.

Kurangnya ovulasi

Terkadang seorang wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur karena tubuhnya tidak melepaskan sel telur yang dikenal sebagai anovulasi. Ini dapat menyebabkan darah haid yang lebih ringan atau tidak teratur.

Penurunan dan kenaikan berat badan secara drastis

Kekurangan berat badan juga membuat haid sangat ringan atau berhenti sama sekali. Perubahan ini terjadi karena kadar lemak tubuh mereka turun sangat rendah sehingga mereka tidak berovulasi secara teratur.

Kehamilan

Selama kehamilan, haid seseorang biasanya akan berhenti total. Kehamilan juga bisa ditandai dengan flek atau pendarahan implantasi yang kerap dikira sebagai haid yang sedikit. Jika Anda aktif secara seksual dan tidak biasa mengalami haid yang sedikit, cobalah untuk memeriksakan tanda kehamilan ke dokter atau bidan.

Kondisi medis

Kondisi medis yang memengaruhi hormon dalam tubuh, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) dan kondisi terkait tiroid, dapat memengaruhi siklus haid.

Usia

Aliran darah haid juga bisa dipengaruhi oleh usia. Periode awal biasanya lebih ringan dan hanya melibatkan bercak. Haid menjadi lebih teratur ketika seseorang berusia 20-an dan 30-an. Di akhir usia 30-an dan 40-an haid bisa lebih berat dan pendek. Dan haid bisa kembali lebih ringan dan lebih tidak teratur selama perimenopause.

3 dari 7 halaman

Cara melancarkan darah haid yang sedikit

Olahraga cukup dan tidak berlebihan

Olahraga dapat membantu melancarkan haid. Olahraga akan mempertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur dan cenderung sedikit.

Namun, olahraga tidak boleh terlalu berat dan terlalu tinggi intensitasnya. Terlalu banyak olahraga juga dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, tertunda, atau haid yang sedikit. Ini karena olahraga berat dapat menurunkan kadar estrogen dan menyebabkan haid berhenti.

Yoga

Yoga merupakan bentuk latihan ringan yang menenangkan. Berlatih yoga dapat menjadi cara yang efektif untuk melancarkan haid. Yoga bisa membantu menghilangkan stres dan menjaga tubuh tetap sehat.

4 dari 7 halaman

Cara melancarkan darah haid yang sedikit

Kompres hangat

Kompres air hangat ke perut dapat meningkatkan aliran darah sehingga secara perlahan mempercepat siklus menstruasi. Berendam atau mandi air hangat juga bisa mengendurkan otot-otot tegang dan menghilangkan stres emosional.

Hidrasi tubuh

Minum banyak air penting untuk tetap terhidrasi selama menstruasi. Konsumsi cukup air bisa membantu melancarkan haid dan mengurangi gejala haid yang tidak menyenangkan seperti pusing dan kembung. Buah-buahan yang kaya air seperti semangka dan mentimun juga bagus untuk tetap terhidrasi.

5 dari 7 halaman

Cara melancarkan darah haid yang sedikit

Tidur cukup

Tidur yang cukup bisa mengatasi kelelahan yang merupakan salah satu penyebab haid tidak lancar. Tidur cukup dan berkualitas akan mengurangi tingkat stres dan mencegah kenaikan berat badan.

Jaga berat badan

Perubahan berat badan dapat memengaruhi haid. Jika kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan berat badan bisa membantu mengatur kelancarkan haid. Penurunan berat badan yang ekstrem juga dapat menyebabkan haid tidak teratur. Itulah mengapa penting untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Menjaga berat badan sehat bisa dilakukan dengan pola makan sehat, olahraga, dan cukup istirahat.

6 dari 7 halaman

Cara melancarkan darah haid yang sedikit

Penuhi asupan vitamin D

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D juga dapat membantu mengatur ovulasi. Vitamin D yang rendah dalam tubuh dikaitkan dengan siklus haid yang tidak teratur. Vitamin D juga efektif dalam mengobati ketidakteraturan menstruasi pada wanita dengan PCOS.

Penuhi asupan vitamin C

Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu melancarkan haid. Diperkirakan vitamin C dapat meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron. Ini menyebabkan rahim berkontraksi dan mendukung kelancaran haid.

7 dari 7 halaman

Cara melancarkan darah haid yang sedikit

Konsumsi nanas

Nanas adalah obat rumahan yang populer untuk masalah menstruasi. Buah ini mengandung bromelain, enzim yang diklaim dapat melunakkan lapisan rahim dan melancarkan haid. Bromelain juga memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu menghilangkan rasa sakit selama haid.

Konsumsi jahe

Jahe adalah obat tradisional untuk menginduksi menstruasi dan diyakini menyebabkan kontraksi di rahim. Minum jahe sebelum jaod juga bisa menghilangkan gejala perubahan suasana hati, fisik, dan gajala premenstrual syndrome (PMS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.