Sukses

6 Cara Membersihkan Keyboard Laptop agar Mengetik Lebih Lancar

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan keyboard laptop yang benar ternyata cukup penting untuk kamu perhatikan. Sebab, jika tidak melakukan cara membersihkan keyboard laptop yang benar tersebut, dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan yang tidak diinginkan. Dan, apabila kerusakan pada keyboard laptop sudah terjadi, maka akan membuatmu harus merogoh kocek cukup dalam untuk memperbaikinya. 

Keyboard memiliki fungsi memasukan berbagai perintah ke dalam CPU, sehingga hasilnya dapat kamu lihat pada monitor. Sebagai contoh, seperti pada pengolahan kata, dimana kamu melakukan kegiatan mengetik. Jika keyboard tersebut sudah mulai kotor, maka kegiatan mengetikmu bisa sangat terganggu, bahkan yang paling parah tombol pada keyboard tidak dapat diketik atau macet.

Banyak faktor yang menyebabkan keyboard laptop mengalami kemacetan. Hal tersebut bisa karena kotoran yang masuk ke celah-celah tombol keyboard, hingga usia keyboard yang sudah terlalu tua dan sudah tidak berfungsi dengan baik. Namun, selama perawatan dan cara membersihkan keyboard laptop dilakukan dengan benar, usia dari keyboardmu bisa bertahan lebih lama.

Mungkin kamu cukup takut untuk mempraktikkan cara membersihkan keyboard laptop sendiri. Padahal, cara membersihkan keyboard laptop tersebut cukup mudah dilakukan, yang terpenting seluruh peralatan untuk membersihkan keyboard tersebut sudah tersedia, sehingga bisa memudahkan pekerjaan Anda.

Nah, karena cara membersihkan keyboard laptop ini sebenarnya cukup mudah, pasti kamu pensaran bukan seperti apa saja cara membersihkan keyboard laptop yang benar dan mudah dilakukan tersebut? Di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum informasi mengenai cara membersihkan keyboard laptop yang didapatkan dari berbagai sumber, Rabu (15/7/2020).

2 dari 7 halaman

1. Posisikan Laptop dalam Keadaan Terbalik

Maksud dari cara membersihkan keyboard laptop yang pertma ini adalah dengan memposisikan laptop secara terbalik, dimana posisi keyboard mengarah ke bawah. Tentu saja, tujuannya agar kotoran yang terdapat di sela-sela dari tombol keyboard dapat keluar dengan mudah.

Tapi, sebelum mulai melakukan cara membersihkan keyboard laptop ini, jangan lupa untuk mematikan terlebih dahulu laptopmu, ya. Setelah laptop sudah mati dan dalam keadaan terbalik, selanjutnya kamu bisa mengetik secara acak tombol keyboardmu dan menggoyang-goyangkannya agar kotoran tersebut jatuh keluar.

3 dari 7 halaman

2. Bersihkan dengan Brush Makeup

Nah, apabila cara membersihkan keyboard laptop yang pertama masih belum menunjukkan hasil yang memuaskan, maka kamu bisa mencoba cara membersihkan keyboard laptop yang selanjutnya ini. Penggunaan brush makeup untuk membersihkan keyboard laptop cukup efektif, sebab serat-serat yang ada pada brush makeup cukup mampu masuk ke celah dari tombol keyboard laptopmu.

Apakah boleh menggunakan kuas untuk melukis? Sebenarnya kuas yang digunakan untuk melukis juga cukup efektif untuk membersihkan keyboard laptop. Namun, kuas lukis biasanya memiliki serat yang cukup kasar, dan dikhawatirkan akan membuat keyboardmu menjadi tergores.

4 dari 7 halaman

3. Gunakan Cotton Bud

Apabila kamu kesulitan mencari brush makeup, maka kamu juga bisa mencoba membersihkan keyboard laptop dengan menggunakan bantuan dari cotton bud. Namun, penggunaan cotton bud untuk membersihkan keyboard laptop akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Dan, biasanya penggunaan cotton bud ini lebih efektif jika digunakan untuk membersihkan jenis kotoran yang sudah mulai mengerak atau mulai mengendap, seperti karena cairan keringat. Kamu cukup menggunakan jenis cotton bud yang memiliki ukuran kecil agar dapat lebih masuk ke dalam celah dari keyboard laptop.

5 dari 7 halaman

4. Menggunakan Hair Dryer

Cara membersihkan keyboard laptop selanjutnya, kamu bisa menggunakan bantuan dari hair dryer. Penggunaan hair dryer ini akan membantumu untuk menghempaskan kotoran yang sifatnya ringan, seperti debu atau helai rambut yang terjatuh di sela keyboard.

Meski cukup membantu dalam membersihkan keyboard laptop, namun sangat disarankan untuk tidak menggunakan hair dryer dalam waktu lama. Sebab hawa panas yang dihasilkan hair dryer cukup berbahaya bagi komponen keyboard laptop.

6 dari 7 halaman

5. Menggunakan Penyedot Debu

Cara selanjutnya, kamu bisa menggunakan bantuan penyedot debu berukuran kecil. Biasanya penyedot debu ini banyak dijual di toko alat elektronik atau marketplace. Harganya juga umumnya tidak terlalu mahal, tapi tentunya sesuai dengan kualitas barangnya. Penyedot debu berukuran kecil ini biasanya sudah banyak yang dioperasikan hanya dengan menggunakan tenaga dari USB atau baterai, sehingga cukup praktis untuk digunakan.

7 dari 7 halaman

6. Membongkar Tombol Keyboard

Jika berbagai cara membersihkan keyboard laptop di atas masih belum bisa mengembalikan performa dari keyboard laptopmu, maka kamu bisa mencoba dengan membongkar tombol keyboard laptop milikmu. Tapi, yang perlu diperhatikan, kamu harus memiliki skill dasar dalam bongkar pasang alat elektronik seperti computer atau laptop.

Namun, jika kamu merasa tidak yakin untuk membongkar tombol keyboard laptopmu, lebih baik kamu membawa laptopmu ke tempat servis. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan yang justru membawa kerusakan pada keyboard laptopmu.