Sukses

12 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing, Bikin Sehat dan Lincah

Liputan6.com, Jakarta Melihat kucing peliharaan kehilangan nafsu makannya bisa membuat pemilik cemas. Kucing yang kehilangan nafsu makan bisa nampak lesu dan kehilangan semangatnya. Kucing bisa bisa tiba-tiba berhenti makan karena sejumlah faktor.

Nafsu makan kucing bisa terganggu karena jenis makanan yang tidak cocok, sakit gigi, masalah pencernaan, stres, dan kondisi kesehatan lainnya. Meskipun ada banyak alasan potensial bagi kucing untuk menolak makanan, ada sejumlah tips untuk mengatasinya.

Cara meningkatkan nafsu makan bisa dengan memenuhi kebutuhan nutrisi kucing. Mengetahui penyebab kucing kehilangan nafsu makan juga bisa membantu mengatasi masalah ini. Berikut 12 cara meningkatkan nafsu makan kucing, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (15/7/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Berikan makanan basah

Seperti halnya manusia, kucing memiliki preferensi dalam rasa dan tekstur dalam hal makanan. Banyak kucing akan lebih suka makanan dengan kadar air yang lebih tinggi, terutama kucing yang belum biasa makan makanan kering.

Makanan basah juga bisa mempermudah kucing mengunyah dan menelan. Ini sangat membantu ketika kucing memiliki masalah mulut seperti sakit gigi. Makanan basah juga lebih mudah dicerna.

Berikan makanan beraroma kuat

Makanan beraroma kuat bisa memicu kucing untuk makan. Kucing menyukai makanan yang memiliki aroma daging atau ikan yang kuat. Kamu bisa memberikan ikan atau ayam yang sudah direbus untuk meningkatkan nafsu makan kucing.

3 dari 7 halaman

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Beri makanan favoritnya

Jika kucing punya makanan favorit kamu bisa memberikannya ketika nafsu makannya menurun. Memberi makanan favorit kucing bisa membuat kucing lebih bersemangat untuk makan. Kamu juga bisa memberikan cat treats atau snack kucing yang sangat disukai kucing.

Penuhi kebutuhan protein

Banyak kucing menikmati rasa protein dan asam amino. Protein juga penting untuk kesehatan dan pertumbuhan kucing. Umumnya kucing tidak akan makan dengan lahap jika kandungan protein dalam makanan kurang dari 20%. Jadi pastikan untuk memenuhi kebutuhan protein kucing dalam makanannya.

4 dari 7 halaman

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Hangatkan makanan

Bagi kucing, terutama kitten yang terbiasa dengan kehangatan ASI, makanan yang dingin bisa terasa asing dan tidak disukai kucing. Cobalah untuk menghangatkan makanan kucing sebelum memberikannya.

Kucing dewasa juga menyukai makanan hangat. Makanan hangat juga bisa lebih nyaman dicerna perut saat kucing sakit.

Beri elusan saat makan

Memberi belaian dan kasih sayang pada kucing saat makan bisa membantu kucing melahap makananannya dengan baik. Memuji dan membelai kucing saat makan juga dapat meningkatkan respons kucing. Temani kucing saat makan, beri elusan dan pujian bahwa ia telah makan dengan lahap dan sehat.

5 dari 7 halaman

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Ajak makan bersama kucing lain

Melihat kucing lain di rumah menikmati makanannya juga dapat membantu. Cobalah memberi makan semua kucing di rumah secara bersamaan.

Tapi perlu diingat sejumlah faktor kucing kehilangan nafsu makan adalah karena penyakit, jadi sebisa mungkin untuk memberi jarak makan pada kucing. Melihat saudara-saudaranya melahap makanan lezat bisa menjadi satu-satunya dorongan untuk kucing makan lebih banyak.

Ganti makanan kucing

Kadang kucing bisa kehilangan nafsu makan karena ketidakcocokannya pada makanan yang ia dapat. Kucing juga bisa bosan dengan jenis dan rasa makanan yang terus sama dalam waktu lama.

Kamu bisa mencoba mengganti jenis atau merk makanan yang berbeda untuk kucing. Pastikan juga untuk memerhatikan nutrisi yang terkandung dalam makanan.

6 dari 7 halaman

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Pastikan kucing tetap terhidrasi

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, pastikan juga kucing tidak dehidrasi. Kucing yang dehidrasi bisa berisiko mengalami masalah kesehatan yang berpengaruh pada nafsu makannya. Pastikan untuk selalu menyediakan air minum untuk kucing. Air juga bisa ditambahkan pada makanan kucing.

Hindarkan kucing dari stres

Stres menjadi salah satu penyebab kucing kehilangan nafsu makannya. Pastikan untuk mengenali tanda-tanda kucing stres seperti grooming berlebihan dan terus mengeong tanpa sebab. Sering menggendong, mengajak bermain dan mengelus kucing bisa menurukan tingkat stres pada kucing.

7 dari 7 halaman

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Beri minyak ikan

Rasa dan aroma amis pada minyak ikan juga bisa membantu meningkatkan selera makan kucing jika mereka kesulitan makan. Minyak ikan juga bisa menjadi suplemen untuk memberikan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan kucing.

Minyak ikan dapat bermanfaat untuk beberapa penyakit kulit dan masalah kesehatan lainnya. Minyak ikan bisa diberikan pada kucing pada campuran makanan atau diteteskan langsung ke mulut kucing.

Bawa ke dokter hewan

Penting untuk mengetahui penyebab kucing kehilangan nafsu makannya. Cara yang paling tepat untuk mengetahuinya adalah membawanya ke dokter hewan.

Jika kucing tidak makan dalam jumlah normal, dan melanjutkan perilaku ini selama lebih dari dua kali makan, saatnya untuk pergi ke dokter hewan. Dokter akan merekomendasikan diet ideal yang secara khusus sesuai dengan kebutuhan kucing.

Oh ya jangan lupa ya, untuk memastikan kucingmu terawat dengan baik, pastikan kamu benar-benar memperhatikan kecukupan nutrisi yang sehat dan seimbang.

Kamu bisa coba berikan Muezza yang mengandung ekstrak Yucca Schidigera dan sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin.

Selain itu Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Ada lima varian Muezza seperti, Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS