Sukses

6 Cara Membersihkan Lensa Kamera, Lakukan dengan Benar

Liputan6.com, Jakarta Untuk mencegah kerusakan pada kamera, ada baiknya kamu memperhatikan bagaimana cara membersihkan lensa kamera yang benar. Lensa merupakan salah satu bagian penting pada kamera yang sangat rentan terhadap kerusakan, baik akibat goresan maupun hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Banyak yang menganggap jika cara membersihkan lensa kamera cukup dengan menggunakan kain dan cairan pembersih lensa kacamata atau bahkan yang hanya membersihkannya dengan kaus. Padahal ketika menggunakan kain seperti kaus, akan sanagt berisiko menyebabkan goresan dan akan memengaruhi hasil dari gambar yang ditangkap pada kamera.

Kain pada pakaian seperti kaus memiliki serat yang cukup kasar. Meski bagi tubuh manusia kaus tersebut sudah teras cukup lembut, namun tidak bagi lensa kamera. Jika tidak terdapat coating yang cukup baik pada lensa kamera, maka dalam waktu singkat lensa kameramu bisa langsung tergores begitu saja.

Jika sudah mengalami goresan seperti itu, maka hasil gambar biasanya menjadi tidak tajam. Bahkan akan menyebabkan banyak bayang-bayang akibat goresan kecil yang timbul pada lensa.

Nah jadi kesimpulannya baik mahal atau murah lensa kamera yang kamu miliki, selama cara membersihkan lensa kamera tdak dilakukan dengan benar, maka bisa menyebabkan berbagai masalah yang mengganggu hasil gambarmu. Maka supaya kamu terhindar dari hal tersebut, di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum bagaimana cara membersihkan lensa kamera yang benar, Rabu (15/7/2020).

2 dari 7 halaman

1. Siapkan Ruangan yang Bersih dan Kering

Cara membersihkan lensa kamera yang pertama, adalah dengan mempersiapkan lingkungan atau ruangan yang bersih dan kering, atau mudahnya yang tidak banyak terdapat debu kotoran. Sebabnya, lingkungan yang berdebu menjadi salah satu faktor yang dapat membuat lensa kamera menjadi tidak bersih maksimal.

Dan, ketika akan membersihkan lensa, ada baiknya untuk mempersiapkan meja atau dudukan yang cukup tinggi, agar proses pembersihan dapat lebih maksimal.

3 dari 7 halaman

2. Perhatikan Kondisi Pencahayaan

Mengapa pencahayaan menjadi sangat penting? Kondisi pencahayaan yang bagus akan membantu dirimu untuk memastian jika debu dan berbagai kotoran yang ada di lensa kamera sudah bersih seluruhnya. Biasanya akan banyak partikel kecil seperti serat dari kain yang hanya bisa dilihat menggunakan bantuan dari pencahayaan yang terang.

4 dari 7 halaman

3. Hati-Hati Ketika Melepas Lensa dari Body

Cara membersihkan lensa kamera selanjutnya bisa kamu lakukan jika kedua hal di atas tadi sudah dilakukan. Ketika proses pelepasan lensa dari body kamera, ada baiknya dilakukan dengan hati-hati.

Selain menjaga tidak adanya kotoran yang masuk ke lensa dari bagian belakang yang terbuka, juga agar sensor dari kamera tersebut tidak terkena kotoran. Jika kedua bagian tersebut terkena kotoran, akan membahayakan dan perlu dilakukan pembersihan oleh ahli.

Selain itu, kamu juga perlu hati-hati ketika akan melepas filter bagian depan lensa. Filter tersebut merupakan bagian yang biasanya banyak tertempel debu dan kotoran. Maka selalu arahkan bagian depan filter berlawanan dengan lensa utama, supaya debu tidak terbang dan mengotori lensa utama tersebut.

5 dari 7 halaman

4. Gunakan Blower dan Kuas Kering

Lalu untuk membersihkan lensa kamera sangat tidak disarankan jika menggunakan jenis kain yang basah. Selain akan membuat lembab dan menjadi rentan tumbuh jamur, kain yang basah juga berpotensi membawa krikil kecil yang bisa membuat goresan pada lensa.

Maka cara membersihkan lensa kamera yang benar adalah dengan menggunaan bantuan blower. Blower tersebut bisa kamu dapatkan di toko kamera terdekat. Blower ini digunakan sebagai tahap pertama yang membersihkan kotoran dengan sifat yang ringan.

Lalu setelah kamu melakukan tahap tersebut, lakukan pembersihan lanjutan ke area sekitar body lensa dan bagian lensa yang banyak terdapat celah-celah kecil dengan menggunakan kuas khusus membersihkan lensa, yang biasanya sudah jadi satu paket dengan blower.

6 dari 7 halaman

5. Gunakan Cairan Pembersih Lensa

Ketika kamu sudah melakukan pembersihan lensa dengan blower dan bantuan kuas, maka pastikan kembali di bawah lampu penerangan, apakah masih ada debu dan kotoran kasar yang menempel di lensa. Hal ini perlu dilakukan agar ketika dilakukan proses pembersihan selanjunya tidak membuat lensa tergores.

Jika sudah dipastikan bersih, maka kamu bisa menggunakan cairan pembersih lensa. Caranya, yaitu dengan meneteskan atau menyemprotkan cairan pembersih pada kain microfiber, dan jangan pernah langsung meneteskan atau menyemprotkan cairan pembersih ke kaca lensa. Selanjutnya, cukup lakukan Gerakan memutar hingga cairan pembersih mulai bertahap mengering.

7 dari 7 halaman

6. Bersihkan Kembali dengan Kain Microfiber Kering

Dan apabila seluruh tahap dari cara membersihkan lensa kamera di atas sudah kamu lakukan, maka tahap ini adalah tahap akhir atau final. Penggunaan kain microfiber kering ini dimaksudkan agar cairan pembersih yang digunakan tadi benar-benar sudah tidak tersisa, dan seluruh debu serta kotoran seperti minyak dari tangan tidak menempel.

Dengan mempraktikkan cara membersihkan lensa kamera di atas, semoga lensa kameramu selalu dalam kondisi yang prima dan hasil fotomu juga selalu bagus.