Sukses

8 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Kamar Mandi yang Efektif

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau tak sedap pada kamar mandi perlu diperhatikan. Pasalnya, hal ini tekait dengan kenyamanan kamu dalam menggunakannya. Tentunya saat kamar mandi berbau tak sedap, kamu jadi tidak nyaman saat mandi dan membersihkan diri.

Masalah kamar mandi bau ini mungkin dialami banyak orang. Apalagi, jika kamar mandi tidak dibersihkan secara rutin. Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan oleh berbagai produk kesehatan dan kecantikan yang disimpan di kamar mandi seperti sampo, sabun, krim cukur, dan lain-lain.

Cara menghilangkan bau tak sedap pada kamar mandi dilakukan dengan memperhatikan kebersihan dan menggunakan pengharum dari bahan alami. Menjaga kebersihan kamar mandi penting dilakukan tidak hanya untuk menghilangkan bau, tapi juga untuk menjaga kesehatan kamu dan keluarga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/7/2020) tentang cara menghilangkan bau tak sedap pada kamar mandi.

2 dari 5 halaman

Perhatikan Sirkulasi Udara dan Bersihkan Secara Teratur

Perhatikan Sirkulasi Udara

Cara menghilangkan bau tak sedap pada kamar mandi yang pertama adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara. Kamu harus memastikan kamar mandi memiliki ventilasi yang cukup.

Jika ada jendela kecil yang bisa dibuka, maka sebaiknya jendela tersebut kamu buka secara teratur agar udara segar bisa masuk ke dalam kamar mandi. Sirkulasi udara yang tak sehat di kamar mandi biasanya menyebabkan kamar mandi menjadi lembap dan berbau.

Bersihkan Secara Teratur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu cara menghilangkan bau tak sedap pada kamar mandi yang paling efektif adalah membersihkannya secara rutin. Jika memasang pewangi saja tak cukup, bersihkan kamar mandi secara teratur. Meski sudah ada ventilasi yang baik, namun jika tak sering dibersihkan, kamar mandi pasti juga akan berbau.

3 dari 5 halaman

Mengunakan Baking Soda dan Cuka

Mengunakan Baking Soda

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan baking soda atau soda kue sebagai cara menghilangkan bau tak sedap pada kamar mandi. Hal ini dapat mengatasi bau tak sedap yang berasal dari toilet atau WC.

Caranya adalah siram WC dengan air, kemudian beri secangkir baking soda ke dalamnya. Tutup dudukan toilet dan biarkan sejenak. Setelah satu jam, siram kembali dan bersihkan WC. Bau tak sedap pada kamar mandi pun akan segera menghilang.

Menggunakan Cuka

Cara menghilangkan bau tak sedap pada kamar mandi berikutnya adalah menggunakan cuka. Hal ini berkaitan dengan beberapa orang yang terbiasa merokok di dalam kamar mandi. Menggunakan cuka akan menyerap bau rokok yang mengganggu di kamar mandi.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, teteskan cuka putih pada handuk, kemudian kibas-kibaskan di dalam kamar mandi.

4 dari 5 halaman

Jaga Kamar Mandi Tetap Kering dan Menggunakan Lilin Aromaterapi

Jaga Kamar Mandi Tetap Kering

Kamar mandi yang lembap pada bagian dinding dan lantai biasanya menyebabkan bau tak sedap. Karena itu, salah satu cara menghilangkan bau tak sedap pada kamar mandi adalah dengan menjaganya agar tetap kering. Biarkan pintu terbuka dan lap shower hingga dinding kamar mandi agar tetap kering dan udara segar bisa masuk.

Menggunakan Lilin Aromaterapi

Menyalakan lilin aroma terapi di kamar mandi juga bisa menjadi cara menghilangkan bau tak sedap pada kamar mandi. Ini adalah cara yang mudah untuk diterapkan. Sembari mandi, nyalakan lilin aroma terapi untuk menetralisir bau tak sedap di kamar mandi.

5 dari 5 halaman

Menggunakan Kopi dan Pewangi Ruangan

Menggunakan Kopi

Cara menghilangkan bau tak sedap pada kamar mandi selanjutnya adalah dengan kopi. Cobalah menuangkan ampas kopi ke dalam lubang WC dan sekitarnya, karena dapat menyerap bau yang timbul di kamar mandi. Kemudian, masukkan kopi giling atau kopi bubuk pada kain, lalu gantungkan pada ruangan kamar mandi.

Kamu juga bisa meletakkan bungkusan kopi pada kamar mandi atau laci. Selain  itu, ampas, biji dan serbuk kopi juga dapat menghilangkan bau di ruangan lainnya.

Menggunakan Pewangi Ruangan

Salah satu cara menghilangkan bau tak sedap pada kamar mandi yang paling mudah tentunya dengan menggunakan pewangi ruangan.  Jangan gunakan pewangi yang menyengat, namun pilih yang berbau alami dan menyegarkan seperti aqua atau eucalyptus.