Sukses

4 Cara Mengolah Petai Agar Tidak Bau Sebelum Dimasak, Lebih Lezat

Liputan6.com, Jakarta Cara mengolah petai agar tidak bau tentu banyak dicari orang. Pasalnya, makanan satu ini adalah salah satu bahan masakan yang cukup banyak diminati. Rasa petai yang gurih dan teksturnya yang lembut, membuat banyak orang tidak dapat menolak kelezatannya.

Polong-polongan ini cocok disantap dengan berbagai masakan dan tentunya nutrisinya buat kesehatan tidak diragukan lagi. Namun, tidak sedikit juga orang yang suka petai mengeluhkan baunya. Untuk menghilangkan baunya, diperlukan beberapa cara dalam mengolahnya.

Cara mengolah petai agar tidak bau perlu diterapkan sebelum memasaknya. Tidak hanya menghilangkan baunya, menholah petai dengan tepat akan membuat rasanya lebih gurih dan tentunya lebih lezat saat disantap.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/7/2020) tentang cara mengolah petai agar tidak bau.

2 dari 7 halaman

Bakar Petai Sebelum Dimasak

Cara mengolah petai agar tidak bau yang pertama adalah dengan membakarnya terlebih dahulu sebelum dimasak. Agar bau petai berkurang dan rasanya semakin nikmat, bakar petai bersama kulitnya sebelum dimasak menjadi berbagai olahan.

Sebelum membuat sambal petai, campuran lodeh tempe, sambal teri atau pun campuran sambal goreng kentang, kamu perlu membakarnya terlebih dahulu. Petai yang dibakar memiliki aroma yang tidak terlalu bau jika dibandingkan petai mentah.

Kamu bisa menerapkan beberapa cara, yaitu cara pertama adalah langsung membakar biji petai tanpa mengeluarkannya dari lonjoran. Sedangkan cara kedua adalah mengeluarkan biji petai dari lonjoran, lalu ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar. Petai yang dibakar akan terasa lebih gurih, enak dan baunya cukup berkurang.

3 dari 7 halaman

Rebus Petai Bersama Kulitnya

Merebus petai bersama kulitnya sebelum memasak juga bisa menjadi cara mengolah petai agar tidak bau. Kamu bisa merebusnya sampai empuk dan matang terlebih dahulu sebelum memasaknya. Jika sudah direbus, dinginkan, lalu kupas dan masak bersama masakan lainnya.

Sementara itu, untuk tips membuat sambal petai, kamu dapat merebus petai terlebih dahulu sampai layu. Lalu petai yang sudah matang bisa ditiriskan, kemudian baru diolah jadi sambal. Tak hanya baunya yang berkurang, cara ini membuat tekstur petai jadi lebih lembut.

4 dari 7 halaman

Rendam Biji Petai dalam Air Garam

Cara mengolah petai agar tidak bau selanjutnya adalah dengan merendam bijinya dalam air garam. Coba rendam petai dengan air garam sampai agak layu. Setelah itu cuci bersih, kemudian baru diolah jadi masakan atau hidangan yang kamu inginkan. Hal Ini dapat membantu mengurangi bau petai sekaligus membuat rasa petai jadi lebih gurih dan lezat.

5 dari 7 halaman

Goreng Petai

Cara mengolah petai agar tidak bau selanjutnya adalah dengan menggorengnya. Kamu bisa menggoreng petai hingga matang dengan api kecil. Menggoreng petai akan membuatnya terasa semakin gurih. Petai bisa digoreng sampai layu lalu dicocol sambal atau dinikmati dengan lauk lainnya.

Itulah beberapa cara mengolah petai agar tidak bau sebelum memasaknya. Hal ini juga dapat membuat petai lebih gurih dan tentunya nikmat saat disantap.

6 dari 7 halaman

Resep Olahan Petai

Setelah mengetahui beberapa cara mengolah petai agar tidak bau, kamu bisa memasaknya sekarang. Kamu bisa menerapkan beberapa resep petai yang cukup mudah dibuat, sebagai berikut:

Terong Sambal Petai Teri

Bahan-bahan:

- 3 butir terong ungu

- Segenggam teri cuci bersih goreng, sisihkan

- 2 papan pete, kupas

- secukupnya garam, gula pasir

- minyak goreng

Bumbu ulek:

- 10 buah cabai merah

- 8 butir bawang merah

- 1 buah tomat merah

Cara membuat:

1. Cuci bersih terong, belah 2 sampai putus lalu goreng, sisihkan

2. Tumis bumbu ulek hingga harum dan mateng, lalu masukkan pete bumbui dengan garam dan gula pasir, aduk rata cicipi rasanya

3. Tata terong dipiring saji, lalu siram dengan tumisan bumbu lalu taburi dengan teri goreng

4. Sajikan dengan nasi panas.

7 dari 7 halaman

Nasi Goreng Petai

Bahan-bahan:

- 2 porsi nasi

- 1 batang daun bawnag, iris

- Pete secukupnya

- 3 rawit setan, buang bijinya, potong-potong kulitnya

- 1 sdm ikan teri nasi, goreng

- 1 sdm kecap asin dan 1 sdt kecap manis / sesuai selera

- Penyedap dan garam secukupnya

- 1-2 butir telur ayam - Minyak goreng / margarine secukupnya

Bumbu halus:

- 5 siung bawang putih

- 5-6 butir bawang merah

- 7 rawit lombok

Cara memasak:

1. Panaskan minyak/margarine secukupnya, lalu tumis bumbu halus harum, tambahkan daun bawang dan aduk rata

2. Pinggirkan tumisan cabai, lalu tambahkan telur, aduk-aduk sampai telur matang (orak arik), lalu tambahkan nasi, aduk semua hingga rata, tambahkan pete, kecap asin, penyedap dan garam, dan sebagian ikan teri, koreksi rasa

3. Aduk dan masak sampai benar-benar semua bahan tercampur rata

4. Sajikan dan taburi dengan sisa ikan teri yang telah digoreng.