Sukses

4 Cara Membuat Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan, Lengkap dengan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat surat pengunduran diri dari perusahaan akan sangat membantu bagi kamu yang ingin resign. Karena suatu alasan, kamu mungkin ingin mengakhiri pekerjaanmu di suatu perusaaan. Cara Membuat Surat Pengunduran Diri dari perusahaan bisa membantumu untuk keluar secara profesional.

Mengajukan surat pengunduran diri dari pekerjaan biasanya menjadi syarat yang diminta perusahaan. Dengan memberikan surat ini, kamu bisa mengundurkan diri secara resmi dan terhormat. Surat pengunduran diri juga bisa menjadi pemberitahuan bagi perusahaan tentang ketersediaanmu dalam sebuah pekerjaan.

Dengan surat pengunduran diri, statusmu sebagai pekerja juga akan lebih jelas ke depannya. Maka dari itu, penting mengetahui cara membuat surat pengunduran diri dari perusahaan. Pembuatan surat ini juga tidak sembarangan.

Cara membuat surat pengunduran diri dari perusahaan harus ditulis secara jelas dan tidak bertele-tele. Cara membuat surat pengunduran diri dari perusahaan juga harus mencantumkan informasi penting yang dibutuhkan perusahaan. Berikut cara membuat surat pengunduran diri dari perusahaan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (16/7/2020).

2 dari 8 halaman

Tentukan tanggal pengunduran diri

Tanggal pengunduran sangat penting diberitahukan pada perusahaan. Kamu bisa membaca ulang kontrak kerjamu. Jika ada ketentuan tertentu terkait waktu pengunduran diri, maka kamu bisa mengikuti ketentuan tersebut.

Misalnya, sejumlah perusahaan memberlakukan ketentuan "one month notice." Artinya, kamu harus memberitahukan pengunduran dirimu saty bulan sebelumnya. Ini membuat perusahaan bisa mencari pengantimu saat kamu keluar.

Pastikan untuk tidak memberitahukan tanggal pengunduran diri secara mendadak. Perusahaan bisa saja menolak pengunduran dirimu karena belum siap mencari pengganti.

3 dari 8 halaman

Beri alasan yang jelas

Dalam surat pengunduran dirimu, kamu harus menjelaskan alasan jelas yang membuatmu harus resign. Berilah alasan yang baik tanpa harus mencela atau merendahkan perusahaan.

Pastinya kamu punya alasan tepat untuk berhenti bekerja. Alasan ini seperti melanjutkan studi, pindah ke tempat yang lebih baik, atau alasan keluarga.

4 dari 8 halaman

Gunakan bahasa formal

Cara membuat surat pengunduran diri dari perusahaan yang tak kalah penting adalah penggunaan bahasa. Dalam menulis surat pengunduran diri, kamu harus menggunakan bahasa formal yang baku. Ini akan membuat surat terlihat lebih resmi dan profesional.

Tulislah juga menggunakan kalimat yang efektif, tidak berbelit, dan mudah dipahami. Ini membuat perusahaan bisa mengetahui dengan jelas bahwa kamu akan mengundurkan diri.

5 dari 8 halaman

Isi surat

Penting juga mengetahui apa saja yang harus dicantumkan dalam surat pengunduran diri. Ada sejumlah poin penting yang harus disampaikan. Poin ini di antaranya adalah:

- Tanggal surat dibuat

- Tujuan surat (seperti pada atasan atau HRD)

- Salam pembuka

- Tanggal pengunduran diri

- Nama lengkap

- Jabatan

- Nomor kepegawaian

- Ucapan terima kasih dan permohonan maaf

- Salam penutup

- Tanda tangan dan nama terang.

6 dari 8 halaman

Manfaat mengajukan surat pengunduran diri

Lebih profesional dan terhormat

Surat pengunduran diri membuatmu bisa keluar dari perusahaan secara profesional dan terhormat. Beda halnya jika kamu pergi dari perusahaan tanpa surat pengunduran diri, reputasimu bisa jelek di mata perusahaan.

Perusahaan memiliki kesempatan untuk mencari pengganti

Dengan memberi surat pengunduran diri, perusahaan jadi memiliki waktu dan kesempatan untuk mencari penggantimu sebelum kamu benar-benar pergi. Perusahaan tidak akan kewalahan dalam mencari pengganti untuk mengisi posisi kamu.

Menentukan jelas atau tidaknya status pekerjaan

Dengan memberikan surat pengunduran diri, perusahaan pun mempunyai data yang jelas akan pegawai atau karyawannya. Selain itu, status seseorang dalam perusahaan juga menjadi jelas.

Mengakhiri pekerjaan secara resmi

Pengajuan surat pengunduran diri menjadi proses akhir dari mengundurkan diri secara resmi. Setelahnya, kamu pun bisa mengundurkan diri dengan baik sesuai dengan waktu yang diajukan.

7 dari 8 halaman

Contoh format surat pengunduran diri dari perusahaan

Yogyakarta, 18 Juli 2020

Kepada Yth:

Kepala PT. Surya Makmurdi

Jl. Sudirman no 22

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Anindita Kusuma

Jabatan: Staf keuangan

Nomor kepegawaian: 1234567890

Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengundurang diri dari jabatan dan PT. Surya Makmur. Terhitung pada tanggal 18 Agustus 2020.

Saya mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar, berkembang dan bekerja secara profesional. Saya memohon maaf yang karena tidak lagi bisa menjadi bagian perusahaan karena harus melanjutkan studi S2 di kota lain. Saya berharap PT. Surya Makmur semakin maju dan berkembang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

 

Anindita kusuma

8 dari 8 halaman

Contoh format surat pengunduran diri dari perusahaan

Yogyakarta, 18 Juli 2020

Kepada Yth:

Kepala PT. Surya Makmurdi

Jl. Sudirman no 22

Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Anindita kusuma, bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan staf keuangan di PT. Surya Makmur terhitung pada tanggal 18 Juli 2020. Adapun alasan saya untuk tidak lagi bekerja di PT. Surya Makmur adalah hendak melanjutkan studi S2 di kota lain.

Saya mengucapkan terima kasih atas bimbingan, ilmu, dan pengalaman selama saya berada di perusahaan ini. Saya juga berterima kasih kepada perusahaan yang telah memberi kesempatan saya untuk terus berkembang dalam karier.

Saya juga memohon maaf atas kesalahan yang saya perbuat baik yang saya sadari atau tidak sadari. Saya berharap PT. Surya Makmur semakin maju dan berkembang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

 

Anindita kusuma