Sukses

7 Cara Menghilangkan Kutil di Wajah dengan Cara Alami dan Medis

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan kutil di wajah memang perlu dilakukan, terutama jika kutil yang ada di wajah tersebut sudah cukup mengganggu. Selain kutil di wajah bisa mengganggu dan mungkin membuat risih, terkadang kutil di wajah tersebut juga bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri pastinya.

Sebenarnya, munculnya kutil di beberapa bagian tubuh seperti wajah, merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh beberapa orang. Biasanya, munculnya kutil di kulit wajah disebabkan oleh adanya humam papillomavirus (HPV). Selain diwajah, biasanya kutil juga bisa muncul di area seperti leher, tangan dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Jenis kutil yang biasa muncul di wajah merupakan jenis kutil filiform. Kutil tersebut merupakan salah satu kutil yang tumbuh di area wajah, seperti sekitar mata, hidung, mulut, di bawah dagu, dan leher. Umumnya, jenis kutil ini memiliki ukuran yang cukup kecil dan memiliki warna yang serupa dengan kulit. Namun, jika ukuran kutil cukup besar biasanya diperlukan cara menghilangkan kutil di wajah yang benar.

Sebenarnya ada berbagai cara menghilangkan kutil di wajah yang bisa Anda coba. Mulai dari dengan bahan alami atau dengan menggunakan jenis pengobatan khusus. Namun itu semua akan kembali ke Anda, apakah yakin atau tidak untuk mempraktikkan salah satu dari cara menghilangkan kutil di wajah tersebut.

Meski cara menghilangkan kutil di wajah dengan tindakan medis mungkin lebih cepat dan efektif, tapi tidak ada salahnya Anda mencoba cara menghilangkan kutil di wajah dengan bantuan berbagai bahan alami. Bahan-bahan ini sudah sangat umum dan mudah ditemukan di sekitar tempat tinggal Anda. Dan, mempraktikkan cara menghilangkan kutil di wajah dengan bahan alami ini bisa menjadi alternatif yang perlu dicoba sebelum Anda memutuskan melakukan tindakan secara medis.

Nah, di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum bagaimana cara menghilangkan kutil di wajah baik dengan bantuan bahan alami dan dengan tindakan medis yang mungkin bisa dijadikan opsi terakhir setelah cara menghilangkan kutil di wajah dengan bahan alami dilakukan. Sebab, tindakan medis tersebut cukup merogoh kocek dan memiliki efek samping yang mungkin kurang nyaman, Kamis (16/7/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

1. Cuka Sari Apel

Cara menghilangkan kutil di wajah dengan bahan alami yang pertama bisa menggunakan bantuan dari cuka sari apel. Kandungan dari cuka sari apel yang berupa asam asetat, memiliki sifat antivirus yang sangat ampuh untuk membasmi virus penyebab kutil.

Cara memanfaatkan cuka sari apel untuk menghilangkan kutil di wajah cukup dengan mencampur dua sendok makan cuka apel ke setengah gelas air. Selanjutnya, celupkan kapas dan oleskan pada kutil. Tutup dengan perban dan biarkan hingga esok hari.

3 dari 8 halaman

2. Lidah Buaya

Cara menghilangkan kutil di wajah selanjutnya dapat dengan menggunakan lidah buaya, yang memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi tubuh. Biasanya lidah buaya segar akan langsung dipotong dan cairan kentalnya dioleskan ke kutil, dan Anda bisa menggunakan lidah buaya tersebut setiap dua kali sehari.

Namun jika Anda tidak menemukan lidah buaya segar, Anda bisa menggunakan jenis krim topikal yang mengandung sari lidah buaya.

4 dari 8 halaman

3. Nanas

Nanas memiliki kandungan zat asam dan enzim pelarut yang dapat menghancurkan jaringan kutil di wajah. Enzim proteolitik yang ada di dalam nanas bisa mencerna dan melarutkan kutil tersebut. Anda cukup menempelkan perasan nanas dengan kapas sebelum tidur setiap harinya. Jika cara ini dilakukan dengan rutin, maka akan membuat kutil Anda berangsur menghilang.

5 dari 8 halaman

4. Air Lemon

Lemon memiliki kandungan asam sitrat dan kandungan vitamin C yang ternyata ampuh untuk membunuh virus penyebab kutil. Air dari perasan lemon ini juga bisa membantu melembutkan kutil sehingga lebih mudah dilepaskan. Cara aplikasinya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan air perasan lemon ke area kutil minimal tiga kali sehari dan lakukan setiap hari secara rutin hingga kutil benar-benar menghilang.

6 dari 8 halaman

5. Bawang Putih

Dalam bawang, terdapat zat allicin yang bersifat antivirus dan mampu melawan virus HPV penyebab kutil di wajah. Cara memanfaatkan bawang sebagai obat kutil cukup mudah, Anda hanya cukup dengan menghancurkan bawang putih hingga cukup halus, dan tempelkan pada kutil.

Namun Anda perlu menggunakan bawang putih secara hati-hati, sebab bawang putih bisa saja menyebabkan iritasi pada kulit. Itulah mengapa, setelah menggunakan bawang sebagai obat kutil kurang lebih selama 15 menit, langsung basuh wajah Anda dengan menggunakan air dan sabun muka.

7 dari 8 halaman

6. Teknik Sinar Laser

Mungkin Anda sudah mencoba berbagai cara menghilangkan kutil di wajah dengan metode alami, namun Anda tidak sabar menunggu hasilnya. Nah, metode ini merupakan salah satu tindakan medis yang akan mematikan jaringan kutil dengan cara membakar pembuluh darah di dalamnya menggunakan sinar laser.

Dan, apabila jaringan pada kutil tersebut sudah mati, maka kutil biasanya akan terlepas dengan sendirinya. Memang, tindakan medis ini sangat efektif menghilangkan kutil di wajah. Namun, meskipun efektif, menggunakan metode ini untuk mengatasi kutil dapat menimbulkan efek samping berupa munculnya jaringan parut pada kulit wajah yang menjadi area tumbuhnya kutil.

8 dari 8 halaman

7. Krioterapi

Metode dengan tindakan medis selanjutnya yaitu dengan krioterapi atau biasa disebut sebagai terapi pembekuan. Pada metode ini, kutil akan diberi cairan nitrogen agar menjadi beku, hal ini supaya jaringan pada kutil akhirnya mati. Dan ketika jaringan pada kutil sudah mati, maka lepuhan akan terbentuk di area sekitar kutil.

Biasanya, dalam waktu seminggu atau lebih, jaringan kutil yang telah mati tersebut akan mengelupas dengan sendirinya. Cara menghilangkan kutil di wajah dengan metode ini juga dapat merangsang serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna dalam melawan virus penyebab kutil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.