Sukses

Cara Membuat Sabun Cair Sendiri di Rumah, Mudah Dipraktikkan

Cara membuat sabun cair sendiri di rumah bisa menggunakan dua cara.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat sabun cair sendiri di rumah bisa menggunakan dua cara, yaitu membuatnya langsung dari proses awal, atau membuatnya dari sabun batang. Kamu bisa menerapkan kedua cara tersebut agar mendapatkan sabun cair yang diinginkan.

Dalam cara membuat sabun cair dengan proses dari awal tentunya kamu bisa memilih semua bahan yang akan digunakan, sehingga bisa menggunakan bahan-bahan alami. Sedangkan, jika kamu membuatnya dari sabun batang, kamu bisa memilih produk yang dibuat dari bahan alami.

Cara membuat sabun cair dengan bahan alami tidak begitu sulit diterapkan. Tentunya kamu perlu mengikuti segala proses dengan baik agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Kamu perlu menyiapkan berbagai peralatan dan bahan-bahan sesuai komposisi yang dibutuhkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/7/2020) tentang cara membuat sabun cair.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Sabun Cair Alami

Cara membua sabun cair alami sendiri di rumah tidak terlalu sulit. Syaratnya, kamu harus menyiapkan berbagai peralatan dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Apalagi, pemilihan peralatan saat membuat sabun benar-benar harus diperhatikan, karena alkali. Jadi kamu harus menggunakan peralatan yang berbahan stainless steel.

Kamu bisa memilih berbagai bahan sesuai keinginan sendiri, namun komposisi yang ditentukan harus pas. Jika komposisi berbagai campuran bahan tersebut tidak pas, maka dapat menyebabkan cara membuat sabun cair gagal nantinya.

Berikut cara membuat sabun cair alami yang benar dari awal:

Peralatan:

 - Mangkuk stainless steel

- Sendok pengaduk stainless steel

- Thermometer stainless steel

- Pengukur stainless steel

- Cetakan silikon

- Handuk bekas

- Koran

Bahan-bahan:

- Minyak Kelapa

- Minyak Zaitun

- Minyak Alami lainnya (sesuai selera)

- Alkali sebanyak ¼ gelas

- Air dingin ¾ gelas

 

3 dari 4 halaman

Cara membuat sabun cair alami sendiri:

1. Tutupi lantai atau meja yang akan digunakan untuk membuat sabun dengan koran bekas. Kemudian siapkan semua peralatan dan bahan di atasnya.

2. Kenakan sarung tangan, kacamata dan masker.

3. Siapkan mangkuk khusus yang sudah diisi air dingin, kemudian masukkan alkali perlahan-lahan.

4. Tunggu beberapa detik, kemudian aduk alkali hingga berasap dan air berubah menjadi lebih jernih.

5. Kemudian, tambahkan beberapa tetes minyak dengan menggunakan pipet.

6. Setelah itu, diamkan sejenak, dan hangatkan larutan ke dalam oven selama beberapa menit dengan suhu 95 hingga 120 derajat Celsius.

7. Setelah itu, tambahkan lagi beberapa tetes minyak alami dan aduk perlahan selama kurang lebih 5 menit.

8. Aduk hingga larutan berubah mengental seperti pudding.

9. Tambahkan beberapa bahan alami yang diinginkan, kemudian aduk lagi.

10. Setelah itu, masukkan adonan sabun dalam cetakan dan diamkan selama 12-24 jam.

11. Sabun mandi alami siap digunakan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Sabun Cair dari Sabun Batang

Selain cara membuat sabun cair alami dari awal, kamu juga bisa mengikuti cara membuat sabun cair dari sabun batang yang lebih mudah. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah mudahnya. Berikut cara membuat sabun cair dari sabun batang:

1. Pilih sabun batang yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan sabun batang jenis apa pun sesuai keinginan.  

2. Kemudian, parutlah sabun tersebut. Gunakan parutan yang halus untuk memarut seluruh batangan sabun ke dalam sebuah mangkuk. Hal ini untuk membuat sabun lebih cepat meleleh nantinya. Anda dapat memotong sabun menjadi potongan-potongan tebal jika dapat memudahkan Anda untuk memarutnya.

3. Didihkan secangkir air. Kamu dapat mendidihkan sekitar 235 ml air yang nantinya akan dicampurkan dengan parutan sabun.

4. Campurkan parutan sabun dengan air mendidih. Tuangkan parutan sabun ke dalam kompor yang telah diisi air mendidih tadi. Campurkan air dan sabun hingga memiliki tekstur kental seperti pasta. Dalam hal ini, kamu juga bisa menggunakan microwave.

5. Tambahkan gliserin di dalam adonan. Campurkan 1 sendok (5g) gliserin, aduk hingga tercampur seluruhnya. Gliserin berperan sebagai pelembap untuk kulit, dan membuat sabun lebih lembut untuk digunakan pada tubuh.

6. Tambahkan beberapa bahan yang diinginkan. Kamu bisa menambah beberapa bahan yang diinginkan dalam proses ini. Misalnya kamu mau menambah pewangi, dan menambah bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit. Kamu bisa menambahkan lavender, chamomile, minyak alami dan pewarna alami untuk membuat sabun menjadi semakin unik.

7. Aduk hingga kekentalan sabun cair terasa pas. Kamu bisa mengaduknya kembali setelah menambahkan berbagai bahan yang diinginkan. Masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam campuran sambul diaduk hingga sabun Anda memiliki kekentalan yang ideal.

8. Setelah dingin, tuangkan sabun ke dalam wadahnya. Kamu bisa menuangkan sabun cair yang telah jadi ke wadahnya. Dengan begitu, kamu sudah bisa menggunakan sabun cair yang kamu buat sendiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini