Sukses

12 Cara Menghitamkan Rambut Tanpa Semir, Andalkan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitamkan rambut biasanya banyak yang mengandalkan semir. Memang tidak salah karena semir lebih praktis dan instan memberikan kesan rambut hitam pekat. Padahal sebenarnya ada Cara Menghitamkan Rambut tanpa semir, loh.

Bahkan, cara menghitamkan rambut tanpa semir ini bisa dilakukan untuk mengatasi rambut yang sudah di-bleaching. Bisa juga digunakan untuk menghitamkan rambut yang sudah beruban atau disemir warna-warni. Selain itu, jika memiliki rambut pirang dan bercabang karena sinar matahari, cara ini bisa dipraktikkan untuk mengatasi.

Salah satunya adalah melalui pemilihan produk perawatan rambut yang tepat dan menutrisi, seperti shampo dan kondisioner dari PANTENE Gold Series Black and Glossy.

 

Kandungan vitamin E, Pro-V, dan antioksidan di dalamnya dapat membantu menjaga hitam alami rambut dan merawat rambut dari kerusakan UV. Tidak hanya itu, PANTENE Gold Series Black and Glossy yang bisa Anda dapatkan di sini juga membantu menjaga kekuatan rambut sehingga rambut jadi lebih fleksibel dan tidak mudah patah. Tunggu apa lagi? Yuk coba sekarang!

Kelebihan dari cara menghitamkan rambut tanpa semir adalah lebih aman. Pengguna tidak dikhawatirkan dengan obat keras yang biasanya ada pada semir rambut. Iritasi juga lebih minim terjadi karena ini bahan alami. Namun, kelemahan dari cara ini adalah menuntut kesabaran dan ketelatenan ekstra.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghitamkan rambut tanpa semir dari berbagai sumber, Jumat (17/7/2020).

2 dari 7 halaman

Minyak Kemiri dan Minyak Kelapa

Minyak Kemiri

Minyak kemiri bisa digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami. Selain menghitamkan rambut, minyak ini juga bisa membuat rambut lebih tebal juga. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin pada kemiri yang bisa dijadikan pewarna alami.

Cara menghitamkan rambut tanpa semir yang mengandalkan minyak kemiri bisa dilakukan dengan membakarnya. Bakar atau Sangrai kemiri hingga berubah warna menjadi kehitaman. Kemudian kamu bisa menumbuk kemiri tersebut hingga mengeluarkan minyak.

Setelah itu, gosokkan minyak kemiri yang kamu dapatkan ke rambut secara merata. Tentu saja untuk memperoleh hasil rambut hitam alami, kamu harus melakukannya secara rutin.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami. Bahkan cara menghitamkan rambut tanpa semir ini bisa membuat rambut tampak berkilau. Manfaat minyak kelapa lainnya bisa digunakan untuk menjaga kelembaban rambut agar tidak kering dan tidak mudah rontok.

Penggunaan minyak kelapa untuk menghitamkan rambut mudah dilakukan. Cobalah panaskan sedikit minyak kelapa, kemudian oleskan ke seluruh rambut yang kering ataupun setengah basah.

Diamkan sekitar 15 hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Minyak kelapa ini mampu membuat rambutmu tumbuh hitam dan berkilau secara alami. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

3 dari 7 halaman

Minyak Zaitun dan Daun Bunga Sepatu

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa digunakan sebagai cara menghitamkan rambut tanpa semir. Cobalah untuk mengoleskan sekitar 5 tetes minyak zaitun ke seluruh rambut. Gunakan minyak zaitun murni tanpa campuran untuk hasil maksimal.

Setelah itu, diamkan semalaman agar kandungan nutrisi pada minyak zaitun meresap ke dalam rambut. Esoknya bilas rambut dengan air bersih dan juga shampo jangan lupa untuk menggunakan conditioner juga.

Selain itu, mengeringkan rambut usahakan jangan menggunakan hair dryer ataupun flat iron. Kamu cukup membiarkan rambut kering secara alami dengan bantuan handuk rambut saja.

Daun Bunga Sepatu

- Siapkan sebanyak 10 helai daun dari bunga sepatu.

- Cuci daun tersebut menggunakan air sampai bersih. Hindari meremas daun saat mencuci.

- Setelah dicuci bersih barulah daun-daun tersebut diremas agar keluar lendirnya.

- Lendir yang sudah terkumpul tadi dioleskan ke bagian rambut yang sudah dibasahi dengan air sebelumnya.

- Mengoleskan lendir ke rambut yang telah dibasahi. Pengolesan lendir pun bisa lebih mudah dan lebih bisa merata jika rambut dalam kondisi basah.

- Setelah rambut mengering, selanjutnya bilas rambut menggunakan air bersih.

4 dari 7 halaman

Lidah Buaya dan Biji Pepaya

Lidah Buaya

Memiliki rambut sehat berkilau memang dambaan semua orang. Lidah buaya bisa digunakan sebagai cara menghitamkan rambut tanpa semir. Selain itu, lidah buaya pun bisa membantumu untuk memperoleh rambut hitam dan berkilau.

Kamu hanya perlu memilih lidah buaya dengan daging yang cukup tebal. Ambil daging lidah buaya tersebut dan haliskan hingga lembut. Kamu tak perlu untuk mencucinya, karena daging lidah buaya memiliki air yang dibutuhkan untuk menutrisi rambut.

Haluskan lidah buaya yang sudah dihaluskan ke seluruh rambut dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Tujuannya agar kandungan nutrisi meresap ke rambut. Setelah itu keramas hingga bersih. Gunakan masker lidah buaya ini minimal seminggu sekali secara rutin.

Biji Pepaya

- Ambillah papaya yang masih segar, kemudian belah papaya tersebut lalu ambil bijinya.

- Cuci biji papaya sampai bersih, selanjutnya sangrai biji papaya tersebut.

- Setelah itu, tumbuk dengan mencampurkannya dengan minyak kelapa sampai halus.

- Oleskanlah pada bagian kulit kepala dan rambut sembari dipijat-pijat perlahan.

- Bungkus rambut kamu dengan handuk selama 2 jam.

- Kemudian bilaslah dengan menggunakan air dingin sampai rambut bersih.

 

 

5 dari 7 halaman

Minyak Wijen dan Santan Kelapa

Minyak Wijen

Minyak wijen bisa digunakan sebagai cara menghitamkan rambut tanpa semir. Minyak ini dipercaya bisa meresap dengan cepat dalam rambut. Bahkan bisa ikut menutrisinya dari luar dengan baik.

Cara menerapkannya:

- Usapkan minyak wijen ke kulit kepala sambil dipijat-pijat.

- Usapkan minyak wijen ke kulit rambut juga dari batang rambut sampai dengan ujung rambut.

- Kemudian diamkan selama 20 menit.

- Lakukan ini secara teratur, minimal seminggu tiga kali.

Santan Kelapa

- Parut setengah butir kelapa dan ambil ampasnya saja. Berikan sedikit air dan kemudian peras.

- Ambil santan yang kental. Jangan langsung menggunakan air yang banyak sebab santan bisa encer. Semakin encer santan semakin tidak bagus khasiatnya untuk menghitamkan rambut.

- Balurkan santan yang kental tersebut ke bagian pangkal rambut sampai dengan ujung rambut.

- Kemudian diamkan selama 30 menit. 30 Menit itu digunakan sebagai peresapan santan ke dalam kulit kepala dan juga batang rambut.

- Setelah didiamkan selama 30 menit barulah kamu bisa keramas menggunakan shampoo biasa.

6 dari 7 halaman

Kulit Apel dan Alpukat

Kulit Apel

Kulit apel rupanya memiliki manfaat buat kamu. Kulit apel sendiri memiliki manfaat untuk meminimalisir uban dan bisa membuat rambutmu menjadi hitam berkilau Cara menghitamkan rambut tanpa semir ini hanya perlu menghaluskannya.

Haluskan buah apel beserta kulitnya menggunakan blender. Kamu bisa menggunakan beberapa buah apel sesuai kebutuhan rambut. Setelah itu oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu keramas hingga bersih dengan shampo. Lakukan perawatan dengan apel ini setiap hari agar hasil maksimal.

Alpukat

- Belah buah alpukat menjadi dua bagian, ambil daging buah alpukat menggunakan sendok.

- Alpukat yang digunakan adalah buah yang sudah matang

- Haluskan daging buah alpukat sampai benar-benar halus.

- Daging alpukat yang telah halus dicampurkan dengan kuning telur dan juga satu sendok teh minyak zaitun. Aduk sampai rata.

- Setelah menjadi masker, oleskan masker alpukat ke bagian pangkal rambut sampai dengan ujung rambut.

- Diamkan selama 30 menit. Ini bermanfaat untuk membuat masker alpukat meresap ke dalam rambut dan juga kulit rambut.

- Setelah kering bilas menggubakan shampoo agar lebih bersih.

7 dari 7 halaman

Daun Rambutan dan Mengkudu

Daun Rambutan

Daun rambutan memiliki kandungan yang membantu produksi pigmen rambut. Jadi, tidak salah jika cara menghitamkan rambut tanpa semir bisa mengandalkan daun rambutan. Ambil beberapa lembar daun rambutan, rendam di dalam air dan remas daunnya sampai sedikit hancur.

Diamkan daun rambutan ini dalam air selama 15 menit. Setelah itu, remas kembali daunnya sampai benar-benar hancur. Basuhkan air daun rambutan ini ke rambut kita dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, keramaslah seperti biasa. 

Mengkudu

- Pertama parut buah mengkudu sampai benar-benar halus.

- Buah mengkudu yang telah halus kemudian diperas dan diambil sarinya.

- Gunakan air perasan mengkudu untuk diusapkan di bagian rambut terutama di bagian kulit rambut.

- Diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air dingin, tidak perlu menggunakan shampoo.

- Kamu bisa lakukan ini seminggu sebanyak tiga kali sehari.