Sukses

Cara Cek Resi JNE, Sangat Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Cara cek resi JNE ternyata tidak serumit yang mungkin dibayangkan. Bahkan saat ini bisa dilakukan melalui aplikasi yang tersedia di smartphone Anda. Hal ini menjadi langkah maju JNE yang siap menghadapi tantangan dan bisnis di bidang ekspedisi. 

JNE sendiri sudah berdiri sejak 26 November tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan atau impor kiriman barang serta dokumen yang tujuan pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia.

Hampir berdiri kurang lebih 30 tahun, memang menjadi indikator bagaimana cerdiknya JNE untuk melakukan berbagai inovasi yang bisa memajukan perusahaan ini. Dahulu, untuk Cara Cek Resi JNE memang tidak semudah sekarang. Bahkan, dahulu terkadang perlu dilakukan telpon langsung ke kantor layanan JNE terdekat.

Nah, mungkin Anda salah satu konsumen produk-produk yang biasa menggunakan jasa ekspedisi agar barang dapat dikirim dengan selamat. Dan jika Anda baru saja menggunakan salah satu produk dari JNE maka tidak perlu khawatir dengan bagaimana cara cek resi JNE yang mudah, baik dari situs JNE langsung atau aplikasi di smartphone.

Di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum mengenai bagaimana cara cek resi JNE yang mudah, baik dari situs resminya atau dari aplikasi My JNE di smartphone, Jumat (17/7/2020).

2 dari 4 halaman

1. Melalui Situs resmi JNE

Untuk mengecek status kiriman paket Anda, bisa dengan melakukan pengecekan melalui situs resmi JNE. Cara cek resi JNE dari situs resmi bisa dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

a. Arahkan browser menuju situs www.jne.co.id.

b. Lalu, masukkan nomor resi dari paket milik Anda ke kolom “Lacak Kiriman”.

c. Dan secara otomatis informasi terkait destinasi, penerima barang, orang yang menerima, tanggal diterima, dan status pengiriman (delivered, on process, atau delay) ditampilkan seluruhnya.

3 dari 4 halaman

2. Dengan aplikasi MyJNE

Aplikasi MyJNE merupakan aplikasi berbasis android yang terhubung dengan nomor telepon pelanggan JNE Express, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima. Anda bisa mengunduh aplikasi ini melalui Playstore atau AppStore.

Fungsi aplikasi MyJNE ini secara keseluruhan yaitu, mengecek tarif pengiriman JNE seluruh Indonesia, mengecek status pengiriman JNE, mengecek lokasi JNE terdekat, melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli individual. Nah, sedangkan cara cek resi JNE dengan MyJNE ikuti langkah mudah berikut ini:

a. Unduh aplikasi MyJNE di Google Playstore dan cari aplikasi MyJNE

b. Lengkapi informasi yang diminta. MyJNE akan mengirimkan email konfirmasi dan pelanggan harus klik link yang terdapat pada email tersebut. Akun pelanggan akan aktif setelah mengisi seluruh kolom yang diminta dan nomor telepon pelanggan langsung terhubung dengan kiriman JNE miliknya.

c. Lalu klik masukkan nomor AWB atau resi dari kiriman milikmu.

d. Atau, Anda juga bisa langsung melakukan pemindaian terhadap barcode yang ada di resi paket milikmu.

4 dari 4 halaman

Produk JNE Lainnya

1. COD Retail

COD (Cash On Delivery) Retail adalah fitur pembayaran bagi online seller yang melakukan pengiriman barang dengan menggunakan layanan JNE

2. Super Speed (SS)

SUPER SPEED (SS) adalah layanan pengiriman dengan mengutamakan kecepatan dan penyampaiannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan/disepakati.

3. PESONA (Pesanan Oleh-oleh Nusantara)

Kini ribuan ragam makanan khas Nusantara dapat dipesan secara online dan akan didatangkan langsung dari daerah asalnya.

4. YES (Yakin Esok Sampai)

YES adalah layanan dengan waktu penyampaian di tujuan keesokan hari (termasuk hari Minggu dan hari libur nasional).

5. REG (Reguler)

REGULER adalah layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman 1-7 hari kerja, tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman.

6. OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)

OKE adalah Layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan tarif ekonomis dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman lebih lama dari Service REGULER. Tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman.

7. JNE Loyalty Card (JLC)

JNE Loyalty Card (JLC) merupakan program keanggotaan yang ditujukan kepada pelanggan setia JNE.

8. Jesika

JESIKA memberikan layanan penjemputan ASI dari tempat aktivitas hingga pengantaran ke tempat tujuan.

9. Money Remittance

JNE Money Remittance adalah layanan pengiriman uang oleh JNE yang bekerjasama dengan perusahaan kelas dunia bidang pengiriman uang, Western Union.

10. JNE Pick-Up Point (JNE PIPO)

JNE Pick-Up Point adalah layanan alternatif pelanggan dalam proses penerimaan kiriman.

11. @box

JNE @BOX adalah layanan pengemasan kiriman sesuai persyaratan pengiriman udara.

12. Diplomat

DIPLOMAT adalah layanan pengiriman barang dan dokumen bernilai tinggi yang dibawa langsung oleh petugas JNE (hand carry) dengan mengutamakan kepastian, keamanan dan kecepatan kiriman mulai dari penjemputan hingga di tangan penerima.

13. JNE Online Payment (JOP)

JNE Online Payment (JOP) adalah layanan untuk pemesanan atau pembelian dan pembayaran tiket seperti tiket Kereta Api dan pembayaran tagihan seperti tagihan PLN, TELKOM, dan Speedy melalui JNE. JOP tersedia di beberapa cabang JNE di Indonesia.

14. JNE Online Booking (JOB)

JNE Online Booking (JOB) adalah layanan pemesanan tiket pengiriman JNE secara online dimana pelanggan bisa mengisi resi pengiriman dan melakukan pembayaran biaya pengiriman secara online di www.booking.jne.co.id kapan saja dan dimana saja.

15. JNE Trucking (JTR)

JTR adalah layanan pengiriman dalam jumlah besar dengan menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif.

16. International Service

JNE Internasional adalah layanan pengiriman dengan tujuan ke luar negeri.

17. Pop Box

JNE-PopBox menawarkan kemudahan untuk Anda tanpa harus berada di rumah atau kantor ketika barang kiriman anda tiba, karena anda bisa mengambilnya langsung di lokasi loker terdekat. JNE-PopBox aman dan mudah digunakan.