Sukses

5 Cara Memilih Sabun Mandi yang Tepat, Kenali Jenis Kulit

Ini cara memilih sabun mandi yang tepat agar kulit tidak mengalami masalah kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Cara memilih sabun mandi yang tepat sangat penting Anda perhatikan, karena jika salah salam memilih sabun mandi, maka akan berbahaya bagi kondisi kesehatan kulit Anda. Sebab setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Jenis kulit ini memiliki karakternya masing-masing. 

Ada beberapa jenis kulit yang memang sangat sensitif jika terkena jenis sabun mandi yang memiliki bahan kimia tertentu. Itulah mengapa jika tidak melakukan cara memilih sabun mandi yang tepat, maka akan merugikan kesehatan kulit tubuh tersebut.

Di pasaran banyak jenis sabun yang dijual. Mulai dari sabun yang memiliki kandungan mineral dan nutrisi dan baik untuk melembapkan kulit, sabun yang dapat memutihkan dan membuat kulit bercahaya, hingga jenis sabun mandi yang memang memiliki kandungan berbagai antiseptik.

Efek dari sabun mandi yang digunakan akan berbeda-beda. Namun, agar Anda tidak bingung mengenai bagaimana cara memilih sabun mandi yang tepat, ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda lakukan, dan cara memilih sabun mandi yang tepat ini cukup mudah.

Nah, di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum bagaimana cara memilih sabun mandi yang tepat agar kondisi kesehatan kulit tetap terjaga, Jumat (17/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kenali Jenis Kulit Anda

Cara memilih sabun mandi yang tepat ini menjadi hal yang sangat mendasar. Sebab, sebelum mulai memilih mana produk sabun mandi yang akan dibeli atau digunakan, Anda perlu memahami tipe kulit yang Anda miliki.

Anda harus mengetahui, jenis kulit seperti apakah yang Anda miliki, apakah itu normal, berminyak, atau berjerawat.  Tipe kulit normal misalnya, memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang di dalam kulit. Inilah yang menyebabkan kulit normal dapat terhindar dari masalah kulit.

Selain itu, ada jenis kulit berminyak. Ciri-ciri kulit berminyak seperti pori-pori kulit yang besar, kulit terlihat kusam, memiliki komedo, dan mudah berjerawat. Produksi minyak yang banyak tersebut memudahkan kotoran menempel dan bisa menimbulkan masalah seperti bau badan, dan menyebabkan kulit harus lebih sering dibersihkan.

Sedangkan pada jenis kulit kering, memiliki kadar sebum atau minyak yang rendah. Biasanya, ciri kulit kering yaitu sering terlihat kusam. Lalu, pada permukaan kulit akan terlihat adanya sisik halus dan mudah untuk dikelupas.

Namun, dari beberapa jenis kulit tersebut, ada salah satu jenis kulit yang sangat perlu perhatian khusus sebelum memilih sabun mandi, yaitu jenis kulit sensitif, butuh penanganan dan perawatan khusus agar tidak mudah terkena iritasi.

3 dari 6 halaman

2. Pilih Komposisi Sabun yang Sesuai Jenis Kulit

Jika cara memilih sabun mandi yang tepat sebelumnya sudah dilakukan, maka Anda baru bisa menentukan jenis sabun mandi seperti apa yang akan Anda beli. Jika kulit yang Anda miliki merupakan jenis kulit kering, maka sabun mandi yang cocok untuk kulit yaitu sabun mandi yang berbentuk gel atau lotion untuk melembapkan kulit Anda yang kering.

Namun, jika jenis kulit Anda merupakan jenis kulit berminyak, Anda bisa menggunakan sabun batang yang biasanya memiliki kandungan bahan oil-control, sehingga sangat efektif untuk membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit tubuh Anda.

Dan, apabila Anda memiliki jenis kulit sensitif, ada baiknya untuk menghindari penggunaan sabun mandi yang memiliki banyak kandungan deterjen, sebab sabun dengan banyak kandungan deterjen akan meningkatkan risiko kulit Anda menjadi iritasi.

4 dari 6 halaman

3. Pilih Sabun yang Memiliki Kandungan Antibakteri

Mengapa sangat perlu memilih jenis sabun yang memiliki antibakteri? Sebab, hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi bau tidak sedap yang biasanya muncu ketika Anda berkeringat dan kulit dalam kondisi kotor dan dihinggapi bakteri.

Selain akan menyebabkan bau keringat yang kurang sedap, bakteri yang masih menempel pada tubuh dan tidak maksimal ketika proses pembersihannya, maka akan berpotensi untuk menimbulkan jerawat di area punggung Anda.

Maka dari itu, pastikan sabun yang Anda pilih memiliki kandungan antibakteri, meskipun itu adalah jenis sabun yang diformulasikan untuk kecantikan.

5 dari 6 halaman

4. Pilih Sabun Sesuai Dengan Aktivitas

Selain mengandung antibakteri yang sangat diperlukan oleh tubuh, Anda juga perlu mempertimbangkan sabun seperti apa yang kira-kira Anda butuhkan. Maksudnya, Anda butuh sabun yang bisa merawat tubuh Anda dari berbagai kotoran yang menghinggapi tubuh selama beraktivitas sehari-hari.

Sebagai contoh, jika Anda suka sepakbola atau bermain di lapangan tanah, maka ada baiknya menggunakan jenis sabun yang memang diformulasikan untuk memberishkan bakteri serta kotoran secara efektif pada tubuh. Jika tidak, maka seluruh sisa-sisa kotoran dan bakteri bisa saja menyebabkan penyakit.

6 dari 6 halaman

5. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Jika seluruh hal di atas sudah Anda lakukan, maka langkah terakhir adalah dengan mengecek tanggal kedaluwarsa dari produk sabun tersebut. Hal ini sangat penting diperhatikan, sebab jika tidak akan membuat kondisi kulit Anda bisa menjadi iritasi.

Jadi, cukup mudah bukan memahamai bagaimana cara memilih sabun mandi yang tepat di atas. Selalu hati-hati dan semoga berhasil, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini