Sukses

10 Manfaat Minum Susu dengan Madu, Atasi Insomnia

Susu dan madu menjadi perpaduan yang nikmat.

Liputan6.com, Jakarta Madu dan susu kerap dipadukan sebagai minuman yang nikmat. Rasa manis madu bisa memperkaya rasa pada susu. Ditambah lagi, kedua bahan ini memiliki sifat menyehatkan bagi tubuh.

Memasangkan susu dengan madu dapat dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan. Minuman ini tak hanya nikmat, tapi bisa memberi rasa tenang. Manfaat minum susu dengan madu ini menggabungkan kebaikan susu dan khasiat madu yang luar biasa.

Susu dan madu aman dikonsumsi setiap hari. Susu hangat bisa dicampur dengan satu sendok madu sebelum diminum. Berikut manfaat minum susu dengan madu, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu(19/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat minum susu dengan madu

Kaya antioksidan

Madu, terutama madu mentah, dikenal kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Madu alami mengandung berbagai senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk phytochemical, flavonoid, dan asam askorbat.

Tingkatkan kekebalan

Minum susu dengan madu juga bisa mendukung kekebalan tubuh. Susu mengandung nutrisi seperti probiotik, vitamin D, dan imunoglobulin yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara madu memiliki sifat anti bakteri, jamur, dan virus yang melindungi tubuh dari penyakit.

3 dari 7 halaman

Manfaat minum susu dengan madu

Tingkatkan kualitas tidur

Minum susu dan madu juga sudah terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur. Ini terutama bisa menjadi solusi bagi orang yang mengalami insomnia. Susu dan madu memiliki sifat menenangkan. Ini membuat orang lebih mudah tertidur di malam hari. Minum madu membuat otak melepaskan insulin bersama dengan pelepasan senyawa yang disebut triptofan. Senyawa ini akhirnya dikonversi menjadi serotonin, neurotransmitter yang meningkatkan perasaan tenang. erotonin akhirnya diubah menjadi melatonin yang bisa membantu tidur.

Dukung kesehatan tulang

Susu dikenal sebagai minuman yang baik untuk tulang. Minum susu dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang serta dikaitkan dengan risiko osteoporosis dan patah tulang yang lebih rendah. Sementara madu dapat melindungi kesehatan tulang karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

4 dari 7 halaman

Manfaat minum susu dengan madu

Dukung kesehatan jantung

Minum susu dan madu juga dikaitkan dengan kesehatan jantung. Susu murni telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) yang dapat membantu membersihkan plak di arteri. Sementara madu dapat mengurangi kadar trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol LDL (jahat) yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. Sifat anti-inflamasinya juga dapat melindungi dari penyakit jantung.

Sehatkan pencernaan

Madu dan susu merupakan prebiotik yang baik untuk bakteri baik di usus. susu dikonsumsi setiap hari dengan beberapa tetes madu, ia membantu memulihkan flora bakteri sehat yang dibutuhkan untuk sistem pencernaan yang baik. Konsumsi susu dengan madu bisa mencegah kembung, sembelit, dan kram.

5 dari 7 halaman

Manfaat minum susu dengan madu

Penambah stamina

Minum susu dan madu di pagi hari bisa meningkatkan stamina untuk beraktivitas. Susu dan madu bisa memenuhi asupan karbohidrat, protein, dan mineral untuk menghasilkan energi. Madu juga dikenal untuk meningkatkan laju metabolisme. Ini mempercepat proses tubuh untuk memberi energi untuk bergerak.

Kurangi stres

Minum susu dan madu memiliki efek menenangkan pada tubuh karena melepaskan serotonin di otak yang membantu relaksasi. Kadar vitamin D yang ada pada susu mendukung produksi serotonin. Minum susu dan madu menurunkan kadar kortisol dalam tubuh yang merupakan hormon stres. Enzim alami madu juga bertindak sebagai pengangkat suasana hati.

6 dari 7 halaman

Manfaat minum susu dengan madu

Tingkatkan konsentrasi

Efek menyegarkan dari minum susu dingin dan madu membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam semua kegiatan. Pelepasan serotonin membantu fokus, sementara gula sederhana dalam madu memberikan semua kalori yang diperlukan untuk aktivitas mental atau fisik.

Sehatkan kulit

Madu dan susu memiliki beberapa nutrisi penting yang diperlukan untuk kulit halus dan bercahaya. Protein, asam amino, vitamin dan mineral hadir untuk mempromosikan pertumbuhan jaringan sehat dari dalam. Sifat antioksidan dan antimikroba pada madu membantu mencegah kulit dari infeksi dan jerawat.

7 dari 7 halaman

Cara membuat susu madu yang aman dikonsumsi

Meski aman dikonsumsi, penting untuk mengetahui cara membuat susu madu yang benar. Ini karena pemanasan madu dalam suhu tinggi bisa mengubah kualitasnya. Memanaskan madu hingga 140 derajat atau lebih dapat meningkatkan pembentukan hydroxymethylfurfural (HMF). Jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi, senyawa ini bisa berakibat negatif.

Maka dari itu, mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan menghindari memanaskannya pada suhu tinggi dapat mencegah efek toksisitas ini. Berikut resep susu madu yang aman dikonsumsi:

Bahan:

Susu pasteurisasi

Madu

Cara membuat:

1. satu cangkir susu dalam panci sampai hangat tetapi jangan sampai mendidih.

2. Tuangkan ke dalam cangkir dan biarkan hingga dingin atau tidak terlalu panas.

3. Aduk satu sendok teh madu ke dalam susu.

4. Susu madu siap diminum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini