Sukses

Aktor Haruma Miura 'Attack On Titans' Meninggal Dunia, Ini 5 Faktanya

Mengawali karier di dunia hiburan sejak usia 7 tahun, semasa hidupnya Haruma Miura telah menyabet banyak penghargaan.

Liputan6.com, Jakarta Aktor asal Jepang, Haruma Miura dikabarkan ditemukan telah meninggal dunia di usianya yang ke-30 tahun, pada Sabtu (18/7/2020). Penyebab kematian dari aktor pria kelahiran 5 April 1990 ini diduga karena bunuh diri.

Sebelum dinyatakan meninggal dunia, pemeran Eren Yeager di film Attack On Titan Live Action ini sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat namun nyawanya tak tertolong karena cederanya yang terlalu parah.

Menurut manajernya, pada hari Sabtu (18/7/2020), Haruma Miura memiliki jadwal bekerja dan sudah memiliki janji temu dengan seseorang. "Miura harusnya pergi untuk bekerja hari ini. Tapi saat ia tak datang, seorang staff berinisiatif untuk mendatangi kediamannya. Dan jenazahnya ditemukan sekitar pukul 1 siang (Waktu Jepang)," ungkapnya.

Berikut ini merupakan fakta-fakta terkait Haruma Miura yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (19/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Penemuan surat terakhir

Haruma Miura ditemukan meninggal dunia di apartemen miliknya di kawasan Minato-ku Tokyo, Sabtu (18/7/2020). Berdasarkan penyidikan, Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo menemukan sepucuk surat yang dipercaya sebagai surat terakhir yang ditulis oleh aktor berusia 30 tahun ini.

Dikutip NHK, menurut orang-orang yang terlibat dalam penyelidikan, sebuah catatan bunuh diri ditemukan di dalam ruangan. Departemen Kepolisian Metropolitan sedang menyelidiki detail dari situasi tersebut, dengan asumsi bahwa itu adalah upaya bunuh diri.

3 dari 7 halaman

2. Nama Asli

Tak banyak yang tahu, nama Miura yang melekat pada sosok pria kelahiran 5 April 1990 ini merupakan nama panggung. Nama aslinya adalah Haruma Sakamoto. 

Haruma Miura biasa dipanggil Harumacchi oleh para penggemar dan kawan-kawannya. Julukan ini diberikan oleh teman-teman sekelas Miura saat masih duduk di bangku sekolah.

4 dari 7 halaman

3. Awal karier dan debut J-Pop

Mengawali karier di dunia hiburan sejak berusia 7 tahun, Haruma Miura bisa dibilang telah makan asam garam di dunia akting. Pertama kali debut, ia berperan dalam drama berjudul AGRI yang tayang di saluran NHK. Dalam drama ini ia memerankan karakter bernama Shotaro.

Sambil melanjutkan karir aktingnya di drama televisi Jepang, Haruma dan dua siswa Tsukuba Actor's Studio lainnya membentuk sebuah grup J-Pop bernama Brash Brats. Setelah Tsukuba Actor's Studio tutup, ketiganya bergabung dengan salah satu agensi bakat terbesar di Jepang, Amuse. 

Tak lama setelahnya, popularitas Haruma Miura semakin meroket setelah penampilannya di drama keluarga NHK berjudul FIGHT. Miura kemudian menetapkan bahwa Brash Brats hiatus untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

5 dari 7 halaman

4. Aktor papan atas

Setelah namanya semakin melejit di dunia hiburan, tawaran untuk membintangi banyak judul layar lebar pun berdatangan. Di antaranya yakni keterlibatannya dalam film Sky Of Love dan drama TBS yang bertajuk Bloody Monday. Ia juga didapuk untuk membintangi film laga Crows Zero. 

Salah satu proyek Haruma Miura yang paling dikenal publik adalah saat dia memerankan karakter Eren Jaeger dalam film ATTACK ON TITAN dan ATTACK ON TITAN: END OF WORLD. Kedua film adaptasi anime berjudul sama tersebut tayang pada tahun 2015.

6 dari 7 halaman

5. Raih banyak penghargaan

Sebagai seorang aktor dengan kemampuan akting yang tak diragukan lagi, Haruma Miura sukses menyabet berbagai penghargaan dalam ajang bergengsi. Di awal perjalanan karirnya sebagai aktor dewasa, Haruma Miura meraih penghargaan 31st Japan Academy Prize (2008) dan Elan d'or Awards (2009) untuk kategori Rookie of the Year. Ia juga menyabet penghargaan 63rd Mainichi Film Awards untuk kategori Sponichi Grand Prix New Talent Award di tahun 2009. 

Pada tahun 2015, Miura meraih penghargaan 38th Japan Academy Prize untuk kategori Best Supporting Actor. Lalu di tahun 2017, Miura memenangkan penghargaan 24th Yomiuri Theater Award untuk dua kategori sekaligus, yakni Best Actor Award dan Haruko Sugimura Award.

7 dari 7 halaman

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini