Sukses

15 Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih bisa menggunakan bahan alami. Berbagai bahan alami tersebut bisa digunakan langsung ke badan atau dengan dikonsumsi. Hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak hanya bisa menghilangkan bau badan dari luar saja, namun juga dari dalam.

Kebiasaan membersihkan badan, penggunaan pakaian, hingga konsumsi makanan menjadi beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam menghilangkan bau badan. Bau badan dan keringat dapat diatasi jika kamu telah menerapkan kebiasaan yang baik dalam menjaga kebersihan tubuh.

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih juga bisa dengan menerapkan hidup bersih. Mandi secara rutin tentunya sangat penting dilakukan. Kamu juga perlu melakukan beberapa tindakan yang membuat badan lebih harum dan bebas keringat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/7/2020) tentang cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih dengan Hidup Bersih

Mandi 2 Kali Sehari

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih yang pertama tentunya adalah dengan mandi. Kamu bisa menerapkan mandi 2 kali sehari secara rutin. Jika kamu malas dan jarang mandi, bakteri penyebab bau badan kan menjadi semakin berkembang biak tak terkendali. Dengan rutin mandi 2 kali sehari, tentunya akan efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau badan. Setelah kamu mandi, segera keringkan tubuh dengan benar. Pastikan daerah yang berkeringat telah kering dengan sempurna.

Gunakan Pakaian yang Dapat Menyerap Keringat

Menggunakan pakaian yang dapat menyerap keringat juga bisa dijadikan solusi. Gunakanlah pakaian dengan bahan kain yang mampu menyerap keringat dengan baik. Tujuannya agar bakteri tidak terus menempel pada tubuh. Pakaian dengan bahan katun dapat menyerap keringat dengan baik. Tapi ingatlah untuk mencuci pakaian dengan bersih setelah menggunakannya.

Cuci Pakaian dengan Bersih

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cucilah pakaian hingga benar-benar bersih agar masalah bau badan dan keringat berlebih tidak menyerang. Entah itu pakaian yang baru saja kamu beli atau pakaian yang sudah kotor, kamu harus mencucinya dengan bersih untuk membasmi bakteri maupun virus yang ada pada pakaian tersebut.

Ganti Pakaian Secara Rutin

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih selanjutnya adalah mengganti pakaian secara rutin. Hal ini mungkin sering kali dialami oleh anak kos, karena malas mencuci. Kebiasaan ini tidak boleh dilanjutkan.

Bila kamu semakin jarang mengganti pakaian, maka bakteri yang bersarang pada kulit akan menempel pada pakaian tersebut dan akan berkembang biak dengan cepat. Hal ini tentu akan menimbulkan bau badan.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih dengan Konsumsi Makanan

Hindari Makanan Penyebab Bau Badan

Selain menjaga kebersihan tubuh dengan mandi 2 kali sehari, kamu juga harus memperhatikan apa saja makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan bakteri penyebab bau badan berkembang cepat.

Jenis makanan yang menjadi penyebab bau badan antara lain, kafein, daging merah, tembakau, alkohol dan makanan cepat saji.

Mengonsumsi Buah-buahan

Masih terkait dengan cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih dengan konsumsi makanan, kamu bisa memilih buah-buahan. Sudah sangat jelas dan terbukti bahwa buah-buahan memang menyehatkan dan berguna bagi tubuh.

Hal ini karena buah-buahan mudah dicerna oleh tubuh, maka sistem pencernaan tubuh akan berfungsi dengan baik dan sempurna sehingga mampu untuk membuang lemak yang tertimbun. Hal ini akan mencegah penambahan berat badan dan masalah bau badan.

Mengonsumsi Sayuran Hijau

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih berikutnya adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung banyak klorofil yang berguna untuk menghilangkan bau badan, karena dapat berfungsi sebagai deodoran alami.

Rajin Minum Air Putih

Air mineral akan membantu proses berkeringat pada tubuh menjadi semakin lancar. Bila tubuh berkeringat dengan lancar, maka bakteri yang ada pada pori-pori kulit juga akan terbuang keluar dari tubuh. Biasakan untuk rajin minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari. 

 

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih dengan Bahan Alami

Daun Sirih

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berblebih secara alami pertama yaitu dengan daun sirih. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih ampuh dalam membasmi masalah kesehatan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten ada pada daun sirih. Daun sirih ini jadi cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat.

Caranya cukup mudah, pertama ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air. Kemudian campurkan pada bak air yang kamu gunakan untuk mandi. Terakhir mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut. Maka bau badan akan segera menghilang.

Daun Kemangi

Cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara alami juga bisa menggunakan daun kemangi. Hal ini berkaitan dengan kandungan minyak atsiri dalam daun kemangi yang penuh khasiat. Selain itu kemangi juga memiliki fungsi sebagai antiseptik.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu bisa memakannya langsung sebagai lalapan. Cukup dengan segenggam kemangi setiap pagi dan sore. Kamu juga bisa mengonsumsi kemangi dengan menjadikannya teh.

Temulawak

Temulawak juga mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavoinoida. Maka dari itu temulawak bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara alami.

Caranya cukup mudah, pertama parut temulawak sampai halus, lalu beri air sambil diperas. Tambahkan 1 sdt madu untuk menghilangkan baunya. Kemudian minum air perasan temulawak tersebut.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih. Hal ini karena daun jambu biji memiliki kandungan mineral dan anti-bakteri yang mampu membasmi kuman penyebab bau badan.

Cara menerapkannya cukup mudah, ambil 3 lembar daun jambu biji, kemudian kamu tinggal menumbuknya sampai halus dan mengoleskannya langsung ke ketiak. Selanjutnya, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau Badan dan Keringat Berlebih dengan Bahan Alami

Jeruk Purut

Jeruk purut juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih selanjutnya. Asam jeruk purut memiliki puluhan kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ada serat, gula, karbohidrat, vitamin A dan C, kalori, zat besi, sodium, dan kalsium. Caranya yaitu dengan memeras 1 buah jeruk purut lalu campur dengan segelas air. Lalu, minum 2 kali sehari secara rutin.

Jahe

Jahe mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit. Minyak atsiri dalam jahe berguna sebagai penghilang bau badan.

Maka dari itu, jahe sangat cocok digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara alami. Wedang jahe yang dikonsumsi sehari sekali secara rutin akan membantu menghilangkan bau badan.

Jeruk Nipis

Selain jeruk purut, jeruk nipis juga banyak manfaatnya. Jeruk nipis banyak mengandung flavonoid dan vitamin C. Juga mengandung: serat, kalori, kalsium, macronutrients, tembaga, kalium, asam sitrat dan besi.

Kamu bisa mencoba buah ini sebagai solusi menghilangkan bau badan, yaitu dengan mengaplikasikannya sebagai deodoran. Sebelumnya, belah jeruk nipis menjadi 2 bagian terlebih dahulu, kemudian baru oleskan pada ketiak.