Sukses

Tips Membuat Kentang Goreng Agar Tidak Lembek, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Tips membuat kentang goreng agar tidak lembek perlu diterapkan. Apalagi, banyak orang yang mengeluhkan kentang goreng yang lembek saat memasaknya. Padahal setiap orang tentunya menginginkan kentang goreng yang gurih dan renyah.

Membuat kentang goreng dengan rasa yang enak seperti di restoran fast food memang menjadi keinginan semua orang. Namun, kerap kali kentang goreng yang kamu masak malah lembek dan kurang kriuk. Jadi, kamu harus mengikuti tips yang perlu dilakukan saat membuatnya.

Tips membuat kentang goreng agar tidak lembek perlu disiapkan dari saat membeli. Hal ini nantinya berkaitan juga dengan kualitas kentang yang kamu beli, proses sebelum memasak, hingga menyimpannya. Kamu juga bisa mengikuti resep mudah dalam membuat kentang goreng yang renyah dan crispy.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/7/2020) tentang tips membuat kentang goreng agar tidak lembek.

2 dari 4 halaman

Tips Membuat Kentang Goreng Agar Tidak Lembek

Pilih Kentang Mulus

Tips membuat kentang goreng agar tidak lembek harus diperhatikan sejak kamu membelinya. Kentang yang kamu gunakan sesungguhnya sama saja seperti kentang biasa. Hanya saja bila kamu ingin memasak kentang dengan hasil yang renyah, memang dibutuhkan kentang yang berkualitas bagus.

Pilih kentang yang permukaannya baik, tidak ada bopeng, kehijauan dan pembusukan. Kentang seperti ini tentunya lebih enak digunakan sebagai kentang goreng.

Rendam Dalam Air Dingin

Tips membuat kentang goreng agar tidak lembek selanjutnya adalah merendamnya dalam air dingin. Setelah menemukan kentang yang cocok, kupas dan bersihkan. Potong kentang sesuai selera, baik itu memanjang, melebar, tebal maupun tipis. Rendam dalam air dingin sekitar 30 menit atau lebih bila perlu. Air dingin membantu menjaga tekstur kentang saat digoreng nanti.

3 dari 4 halaman

Tips Membuat Kentang Goreng Agar Tidak Lembek

Gunakan Tepung Maizena

Tips membuat kentang goreng agar tidak lembek berikutnya adalah menggunakan tepung maizena. Setelah direndam, angkat kentang. Tiriskan hingga tidak terlalu banyak air, taburi dengan maizena tipis-tipis.

Tepung ini mampu menyerap kelembaban kentang sehingga nantinya kentang akan lebih nikmat saat digoreng. Selanjutnya kamu bisa menggoreng dengan teknik deep fried atau semua kentang terendam minyak panas.

Menyimpan Sisa kentang

Kalau kamu ingin membuat kentang ini di lain waktu atau ada sisa, masukkan kentang dalam wadah kedap udara. Simpan kentang dalam freezer dan sebaiknya tak membuat kentang menunggu lama. Maksimal 3-4 hari untuk dimasak kembali.

Itulah beberapa tips membuat kentang goreng agar tidak lembek. Terapkan cara-cara tersebut agar kentang goreng yang kamu buat lebih kriuk dan renyah.

4 dari 4 halaman

Resep Kentang Goreng Renyah dan Crispy

Setelah mengetahui tips membuat kentang goreng agar tidak lembek yang dilakukan sebelum memasaknya, sekarang kamu bisa menerapkannya. Kamu bisa mengikuti resep kentang goreng crispy dengan mudah.

Untuk menjadikan kentang goreng renyah tahan lama, ternyata rahasianya cuma tepung. Bisa menggunakan tepung terigu atau tepung maizena. Berikut cara membuat kentang goreng renyah dan crispy:

Bahan-bahan:

- 2 Buah kentang ukuran besar

- 1/2 Sendok teh kunyit bubuk

- 1 Sendok makan tepung terigu

- 2 Gelas air untuk merebus

- 2 Gelas air es

- Garam secukupnya

- Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat:

1. Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.

2. Didihkan air rebusan, kemudian tambahkan 1/4 sendok teh kunyit bubuk agar kentang tidak terlalu pucat. Rebus kentang selama 3 atau 4 menit.

3. Tiriskan kentang dan segera masukkan ke dalam air es.

4. Campur terigu dan garam, kemudian gulingkan kentang di atasnya. Aduk hingga seluruh bagian kentang terlumuri tepung dan garam.

5. Panaskan minyak secukupnya, kemudian goreng kentang hingga berwarna kekuningan. Setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya di atas kertas minyak atau kertas tisu.