Sukses

10 Tanaman Rambat Hias untuk Pagar dan Dinding, Percantik Eksterior

Tanaman rambat bisa mempermanis halaman rumah.

Liputan6.com, Jakarta Tanaman rambat bisa menjadi pemanis tembok dan pagar rumah. Ada banyak macam tanaman rambat hias yang bisa ditanam di rumah. Tanaman ini juga dapat dengan mudah tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia.

Tanaman-tanaman hias ini bisa memberi kesan sejuk dan asri bagi hunian. Menanam tanaman rambat untuk tembok rumah atau pagar akan memberi warna tersendiri untuk eksterior rumah. Rumah jadi akan tetap sejuk meski cuaca sedang terik. 

Warna-warni bunga dan hijaunya dedaunan yang merambat akan mempercantik bagian depan rumah. Tanaman ini juga bisa Anda rambatkan pada kanopi atau balkon rumah. Berikut tanaman rambat hias untuk eksterior rumah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(20/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tanaman rambat hias

Sirih merah

Sirih merah merupakan tanaman herbal yang dikenal banyak khasiatnya untuk kesehatan. Di balik manfaat herbalnya, sirih merah juga bisa jadi tanaman yang cantik untuk eksterior rumah. Sirih bisa merambat dengan baik di pagar atau dinding rumah. Akar sirih merah bisa menempel kuat pada media rambatnya. Ini bisa membuat rumah nampak sejuk dengan warna hijau gelap dari siri merah.

Morning glory

Morning glory juga bisa jadi tanaman rambat hias yang cocok di iklim tropis. Tanaman morning glory memiliki bunga-bunga indah yang bisa menghiasi pagar dan dinding rumah.

Sesuai namanya, bunga morning glory akan mekar pada pagi hari. Morning glory yang ditanam di daerah panas biasanya memiliki warna bunga ungu, sementara morning glory yang ditanam di daerah dingin memiliki warna biru.

3 dari 6 halaman

Tanaman rambat hias

Alamanda

Alamanda atau yang juga dikenal dengan nama unga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau buttercup merupakan jenis tumbuhan perdu. Namun, tanaman ini bisa merambat dengan baik pada pagar dan menjadi pemanis yang cantik. Bunga alamanda memiliki variasi warna mulai dari kuning cerah, ungu, hingga pink.

Bougenvile

Sama seperti alamanda, bougenvile merupakan tanaman perdu yang biasa mempercantik pagar rumah. Bougenville atau yang kerap disebut bunga kertas terkenal dengan bunganya yang berwarna-warni cerah. Bougenville adalah tanaman musim panas yang berduri dan hijau sepanjang musim.

4 dari 6 halaman

Tanaman rambat hias

Kuku macan

Tanaman kuku macan atau yang juga dikenal dengan Flame of Irian, anggrek Irian atau melati Irian merupakan tanaman hias rambat dengan bunga jingga yang cerah. Tanaman ini biasa ditanam sebagai peneduh untuk kanopi, tiang, atau pagar.

Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin atau Antigonon merupakan tanaman rambat hias dengan warna bunga yang cerah dan indah. Kelopak-kelopak bunga ini memiliki tampilan seperti butiran air mata kecil yang indah. Bunga air mata pengantin biasanya bewarna merah muda atau putih.

5 dari 6 halaman

Tanaman rambat hias

Soapwort

Soapwort merupakan jenis tanaman hias yang memiliki bunga kecil yang indah. Menanam soapwort mudah dan tanaman ini membuat tambahan yang bagus untuk tempat kosong seperti pagar, dinding, dan halaman rumah. Tanaman Soapwort tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh hingga teduh dan akan mentolerir hampir semua jenis tanah asalkan pengeringannya baik.

Lee Kuan Yew

Lee Kuan Yew merupakan tanaman rambat yang kini banyak digunakan untuk mendekorasi dinding, kanopi, balkon, dan pagar. Tanaman ini merupakan tanaman hijau yang menjulur panjang ke bawah. Menanam tanaman ini bisa memberi suasana asri dan sejuk untuk hunian.

6 dari 6 halaman

Tanaman rambat hias

Dollar

Ficus Pumila atau yang juga dikenal dengan tanaman dollar merupakan jenis tanaman rambat populer yang kerap dijadikan hiasan pagar atau tembok. Tanaman ini memiliki warna hijau yang cerah dan daunnya mengkilap sehingga menghadirkan kesan yang segar. Akar tanaman dollar memiliki akar yang mencengkeram kuat pada bidang rambatnya dan sering jadi pilihan tanaman untuk dinding ataupun tembok pagar rumah.

Anggur

Selain bunga, Anda juga bisa menaman tanaman buah untuk mempercantik eksterior rumah. Anggur bisa jadi salah satu pilihan tepat. Anggur bisa merambat dengan baik di pagar atau kanopi. Buah-buah yang tumbuh juga akan mempermanis tampilan rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.