Sukses

5 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter, Solusi Praktis

Penyebab mobil matic tidak bisa distarter bisa menjadi indikator kondisi kesehatan mesin mobil secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab mobil matic tidak bisa distarter bisa berasal dari berbagai sumber. Jika tidak segera diketahui, akan membuat panik terutama ketika Anda sedang terburu-buru untuk segera melakukan aktivitas penting. Maka dari itu, pengetahuan mengenai penyebab mobil matic tidak bisa distarter ini menjadi sangat penting. 

Dengan mengetahui apa saja sebenarnya penyebab mobil matic tidak bisa distarter, maka setidaknya akan sedikit membuat tenang, karena ada berbagai solusi yang bisa dilakukan. Selain itu, dengan mengetahui penyebab mobil matic tidak bisa distarter, Anda juga tidak harus langsung menuju bengkel untuk memperbaikinya. Selain akan mengeluarkan kocek cukup dalam, juga belum tentu penyebab mobil matic tidak bisa distarter tersebut terlampau berat.

Sebenarnya, penyebab mobil matic tidak bisa distarter umum dirasakan oleh para pengguna mobil matic keluaran lawas, yang mungkin umur mobilnya sudah lewat dari 10-15 tahun. Dan hal tersebut sudah menjadi hal yang cukup wajar ketika penyebab mobil matic tidak bisa distarter akan sering muncul, karena faktor usia tentunya.

Jika memang mobil Anda sudah termasuk dalam kategori ‘berumur’ tersebut, biasanya penyebab mobil matic tidak bisa distarter akan diperlukan diagnose yang lebih mendalam. Dan memang, banyak yang mau tidak mau harus membawanya ke bengkel-bengkel yang bisa memperbaiki berbagai penyebab mobil matic tidak bisa distarter.

Namun, jika mobil Anda masih ada di rentang usia yang cukup muda, namun seringkali mobil Anda sulit di starter, maka di bawah ini Liputan6.com sudah merangkum berbagai penyebab mobil matic tidak bisa distarter yang mungkin perlu diwaspadai dan bisa menjadi diagnosis awal mengenai kerusakan mobil, Senin (20/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cek Kondisi Bahan Bakar

Salah satu respon alami pengendara mobil ketika mobil maticnya tidak bisa distarter seharusnya dengan mengecek kondisi bahan bakar. Namun hal ini tidak selalu disadari oleh beberapa orang. Terutama yang sedang terburu-buru. Maka dari itu, ketika sedang terburu-buru namun mobil matic Anda tidak bisa distarter, ada baiknya untuk tenang sejenak dan cek terlebih dahulu kondisi dari bahan bakar mobil Anda.

Jika memang bahan bakar Anda sudah habis, maka segera minta pertolongan orang sekitar untuk membantu mendorong mobil. Atau, dengan cara yang lebih mudah, yaitu mencari tukang bensin eceran, lalu beli sekitar 2-4 liter saja. Selanjutnya Anda bisa mencari SPBU terdekat untuk melanjutkan pengisian bensin hingga penuh.

3 dari 6 halaman

2. Aki Sudah Lemah

Jika mobil matic Anda masih belum bisa dinyalakan ketika sudah diisi bensin, mungkin salah satu penyebab mobil matic tidak bisa distarter selanjutnya adalah kondis aki yang sudah tidak baik. Hal ini sebenarnya penyebab mobil matic tidak bisa distarter yang juga cukup wajar. Sebab kondisi umur dari komponen mobil yang sering digunakan sudah selayaknya akan selalu menurun seiring waktu.

Dan, apabila aki tidak sering dicek untuk disetrum dan dirawat, maka aki lama-lama aki bisa menjadi kotor bahkan soak. Hal ini pada akhirnya membuat sejumlah komponen mobil yang butuh tenaga listrik dari aki berhenti berfungsi dengan benar. Dan, salah satu fitur yang pada akhirnya terkena imbasnya adalah starter mobil.

Lalu bagaimana cara mengecek kondisi aki tersebut? Anda bisa melakukan cara berikut ini:

a. Cek indikator aki di dashboard

Biasanya, ketika kondisi aki sudah tidak berfungsi dengan baik, indikator berupa lampu sinyal bergambar aki di dashboard mobil akan menyala oranye. Hal ini menandakan jika aki butuh perbaikan atau bahkan penggantian.

b. Bersihkan kutub positif aki

Ketika indikator tersebut sudah dipastikan menyalam, maka Anda bisa memutar kontak ke arah off, lalu Anda buka bagian aki dan cabut bagian kutub positif (+) aki. Lalu, Anda bisa bersihkan kutub menggunakan lap yang kering.

Biasanya, kutub positif pada aki rentang terkena kerak dan kotoran. Dan proses pembersihan Ini dilakukan agar aliran listrik yang tadinya terhambat karena kotoran bisa kembali normal.

Namun, jika cara di atas masih belum berhasil mengembalikan kondisi dari mobil Anda, maka lebih baik segera menelpon bengkel aki terdekat dan lakukan pengecekan lebih lanjut, atau jika sudah tidak bisa diperbaiki, maka lebih baik Anda ganti dengan aki baru.

4 dari 6 halaman

3. Ada Masalah pada Kunci Kontak (Ignition Switch)

Normalnya kunci kontak ketika diputar dapat menghubungkan mesin mobil dan aliran listrik. Akan tetapi, jika kunci kontak terdapat gangguan, maka aliran listrik tidak bisa disambungkan ke mesin mobil. Dan, solusi pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan cek apakah kelistrikan sampai ke mesin.

Namun, jika kelistrikan ternyata tidak sampai, maka perlu dilakukan cek ulang apakah kelistrikannya ada. Apabila kelistrikan ada, maka cobalah menyambungkannya langsung tanpa melalui perantaraan kunci kontak.

5 dari 6 halaman

4. Cek Kondisi Busi

Selain beberapa penyebab di atas, busi juga memiliki kontribusi cukup besar terhadap proses starter mobil matic. Apabila busi mengalami masalah atau kerusakan, starter mobil menjadi terganggu. Sebab, busi berperan dalam menciptakan percikan bunga api untuk menghidupkan starter. Bila bagian dari busi terpapar karat atau kotoran, maka proses tersebut akan jadi terhambat.

Untuk menangani kondisi busi yang kurang baik, maka Anda bisa membuka kap mesin mobil dan mencabut busi. Lalu, Anda bisa mulai dengan mengelap bagian yang ternoda dengan kain bersih. Akan tetapi, jika hal tersebut tidak berhasil, maka busi mobil Anda harus diganti dengan yang baru.

6 dari 6 halaman

5. Dinamo Starter Bermasalah

Penyebab mobil matic tidak bisa distarter selanjutnya bisa terjadi karena dinamo starternya rusak. Hal ini akan menyebabkan proses picu untuk menyalakan mesin tidak berhasil. Tanda-tandanya bisa Anda ketahui ketika sedang mencoba menghidupkan mesin mobil matic, maka akan terdapat suara mesin yang kasar, namun tetap saja mesin tidak dapat dinyalakan.

Dan, jika sudah begini ada baiknya Anda segera membawanya ke bengkel terdekat untuk segera mengecek kondsi dynamo starternya, agar tahu masalah tersebut bisa segera diperbaiki, atau perlu dilakukan penggantian dengan yang baru.

Jika seluruh penyebab mobil matic tidak bisa distarter di atas tidak terdapat pada mobil matic Anda, maka lebih bijak jika Anda segera membwa mobil kesayangan Anda ke bengkel dan lakukan pengecekan keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.