Sukses

12 Cara Menggemukkan Badan Secara Alami dan Sehat, Penuhi Nutrisi

menggemukkan badan tidak cuma meningkatkan porsi makan.

Liputan6.com, Jakarta Cara menggemukkan badan secara alami bisa dilakukan dengan pola hidup sehat. Sebagian orang bisa memiliki berat badan di bawah rata-rata. Banyak orang ingin menerapkan cara menggemukkan badan secara alami yang sehat. Seperti kelebihan berat badan, kekurangan berat badan juga bisa menjadi masalah.

Kekurangan berat badan dapat mengganggu fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, menyebabkan osteoporosis dan patah tulang, dan masalah kesuburan. Bagi kamu yang merasa kekurangan berat badan, penting mengetahui cara menggemukkan badan secara alami.

Cara menggemukkan badan secara alami tidak hanya semata-mata meningkatkan porsi makan. Cara menggemukkan badan secara alami salah satunya meliputi bagaimana kalori yang dikonsumsi bisa berubah menjadi otot, alih-alih menjadi lemak.

Dengan menerapkan cara menggemukkan badan secara alami ini kamu bisa menaikkan berat badan dengan sehat. Berikut 12 cara menggemukkan badan secara alami, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (21/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara menggemukkan badan secara alami

Kurangi minum sebelum dan selama makan

Ketika akan makan, hindari minum berlebihan. Terlalu banyak minum sebelum dan selama makan bisa membuat perut menjadi lebih kenyang. Ini akan membuatmu lebih sedikit mengonsumsi kalori. Cobalah untuk mengurangi minum saat makan. Kamu bisa minum 30 menit setelah makan.

Olahraga

Untuk mengubah kalori ekstra yang dimakan menjadi otot, kamu perlu olahraga. Jenis olahraga yang baik untuk menaikkan berat badan meliputi latihan ketahanan tubuh, resistensi atau angkat berat. Untuk hasil terbaik, cobalah berolahraga dua hingga tiga hari dalam seminggu. Setiap latihan harus terdiri dari delapan hingga 12 repetisi, diulang dua atau tiga kali.

3 dari 7 halaman

Cara menggemukkan badan secara alami

Makan dalam porsi kecil lebih sering

Tubuh membutuhkan pasokan energi terus menerus. Kekurangan energi dapat menurunkan massa otot dan jaringan. Cara terbaik untuk mencegah tubuh kehilangan jaringan penting adalah dengan makan secara teratur, berjarak sekitar tiga hingga lima jam. Cobalah untuk makan dalam porsi kecil namun lebih sering. Ini akan membuatmu memenuhi kebutuhan kalori lebih cepat.

Penuhi kebutuhan lemak sehat

Cara menggemukkan badan secara alami selanjutnya adalah mengonsumsi lemak sehat. Konsumsi lemak sehat bisa membantu memenuhi kebutuhan kalori untuk kenaikan berat badan. Makanan yang mengandung lemak sehat di antaranya adalah telur, ikan, minyak ikan, alpukat, dan minyak zaitun.

4 dari 7 halaman

Cara menggemukkan badan secara alami

Konsumsi protein

Nutrisi tunggal yang paling penting untuk mendapatkan berat badan yang sehat adalah protein. Otot terbuat dari protein dan tanpa itu sebagian besar kalori ekstra yang dikonsumsi akan berakhir sebagai lemak tubuh. Protein bisa mengubah kalori menjadi otot. Makanan berprotein tinggi termasuk daging, ikan, telur, banyak produk susu, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan lainnya.

Konsumsi susu dan produk turunannya

Susu menjadi pilihan sehat untuk penambah berat badan dan pembangun otot. Susu memberikan keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak yang baik. Minuman ini juga merupakan sumber kalsium, serta vitamin dan mineral lainnya.

Susu full fat adalah pilihan terbaik untuk menambah berat badan. Saat mencoba menambah berat badan, tubuh harus mendapat manfaat dari lemak, mineral, dan protein yang ada dalam susu tinggi lemak. Produk turunan susu seperti keju dan yogurt juga bisa menjadi variasi konsumsi susu yang sehat.

5 dari 7 halaman

Cara menggemukkan badan secara alami

Konsumsi kalori sehat

Untuk menggemukkan badan yang sehat, kamu perlu mengonsumsi lebih banyak kalori. Pilihan kalori sehat dapat memenuhi kebutuhan kalori tubuh tanpa memberi efek buruk bagi kesehatan. Kalori sehat mengandung karbohidrat, serat, dan lemak.

Contoh karbohidrat sehat salah satunya adalah oatmeal. Oatmeal mengandung jumlah kalori seimbang yang dapat menyeimbangkan berat badan. Jenis karbohidrat sehat lainnya adalah nasi, kentang, ubi, serta biji-bijian.

Konsumsi camilan sehat sebelum tidur

Banyak penyembuhan, perbaikan, dan regenerasi tubuh terjadi ketika kita tidur. Saat tidur tubuh juga bisa membangun otot dan jaringan tanpa lemak. Jadi makan camilan sehat tepat sebelum tidur dapat membantu proses ini. Kamu bisa mencoba camilan sehat seperti kacang, biji, dan buah-buahan sebelum tidur.

6 dari 7 halaman

Cara menggemukkan badan secara alami

Konsumsi daging

Daging merupakan sumber protein dan lemak yang baik. Kamu bisa mengonsumsi daging merah atau daging ayam untuk membantu meggemukkan badan secara alami.

Daging merah mengandung leusin (asam amino) dan kreatin diet yang merangsang sintesis protein untuk membangun otot tanpa lemak. Daging merah ini meliputi daging sapi, kambing, domba, bebek, dan babi. Daging ayam juga merupakan makanan berkalori tinggi yang baik. Sekitar 80% kalori berasal dari protein sedangkan 20% berasal dari lemak.

Konsumsi buah-buahan

Buah-buahan sangat penting dalam cara menggemukkan badan secara alami. Buah-buahan termasuk makanan utuh yang sangat sehat karena kaya akan vitamin dan mineral. Buah-buahan juga memiliki rasa lezat yang membuat orang semakin mudah memakannya.

7 dari 7 halaman

Cara menggemukkan badan secara alami

Konsumsi jus dan smoothie

Cairan akan lebih lama membuat kenyang. Jadi ketika kamu mencoba menambah berat badan, minum jus atau smoothie dapat menambah nutrisi tanpa membuatmu merasa kenyang atau kembung. Dua minuman ini cock untuk menggemukkan badan karena nutrisi lebih mudah diserap.

Tidur cukup

Tidur cukup juga berpengaruh dalam cara menggemukkan badan secara alami. Selain itu, kualitas tidur yang buruk juga dapat berpengaruh secara keseluruhan bagi kesehatan. Menghindari begadang dan tidur berlebihan dapat membantu mendukung berat badan ideal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini