Sukses

6 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Pisau, Mudah dan Ampuh

Ternyata cara menghilangkan bau amis pada pisau cukup mudah dengan bantuan bahan-bahan ini.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau amis pada pisau cukup mudah. Agar cara menghilangkan bau amis pada pisau ini hasilnya maksimal Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di supermarket atau toko kelontong terdekat.

Mungkin bagi beberapa orang, menggunakan satu pisau untuk memotong segala bahan makanan masih menjadi kebiasaan. Padahal, penggunaan pisau yang sama baik untuk memotong daging, sayuran, hingga buah, bisa memengaruhi rasa dari makanan yang nantinya di olah.

Salah satu yang paling mudah terpengaruhi rasanya adalah jenis buah-buahan. Biasanya, buah-buahan tidak melalui proses pengolahan lebih lanjut sebelum dikonsumsi, atau dengan kata lain langsung potong dan santap. Padahal, jika alat potong yang digunakan bekas untuk memotong ikan, maka akan menimbulkan rasa amis pada daging buah.

Hal tersebut akan membuat kenikmatan memakan semangka menjadi berkurang, bahkan membuat beberapa orang enggan untuk mengonsumsinya. Nah, jika memang pisau di rumahmu hanya satu saja, dan tidak ada pisau khusus yang digunakan untuk memotong jenis bahan makanan tertentu, maka ada baiknya mengikuti cara menghilangkan bau amis pada pisau ini.

Menggunakan sabun cuci piring biasa, memang cukup efektif untuk mengurani aroma amisnya, tapi tidak bisa menghilangkan seluruh aromanya. Oleh karena itu, berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan bau amis pada pisau yang mudah dan efektif, Selasa (21/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Lemon atau Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bau amis pada pisau yang pertama bisa menggunakan lemon atau jeruk nipis. Lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang efktif dalam mengusir bau amis. Bahkan, lemon atau jeruk nipis juga efektif untuk menghilangkan bau amis yang ada di ikan atau daging. Untuk memanfaatkan lemon atau jeruk nipis tersebut, Anda cukup dengan menyiapkan perasan jeruk nipis atau lemon, lalu mengoleskannya perlahan pada pisau yang bekas memotong ikan atau memiliki bau amis.

Setelah itu, Anda bisa menunggu 5 hingga 10 menit hingga bau amis yang menempel pada pisau tersebut sudah benar-benar hilang. Anda bisa melakukan cara menghilangkan bau amis pada pisau ini selama beberapa kali. Jika sudah hilang seluruhnya, Anda bisa mencucinya hingga bersih.

3 dari 7 halaman

2. Pasta Gigi

Biasanya, ketika Anda selesai mengonsumsi makanan dengan aroma kuat, bau mulut akan terasa kurang sedap. Umumnya, menggosok gigi menjadi solusi yang praktis untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut. Nah, begitupun dengan pisau. Anda bisa memanfaatkan pasta gigi untuk menghilangkan bau amis pada pisau.

Untuk mempraktikkannya juga cukup mudah cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi ke seluruh permukaan pisau. Setelah itu, Anda bisa menggosoknya dengan spons cuci piring. Dan, diamkan 2-5 menit sebelum dibilas bersih.

4 dari 7 halaman

3. Bubuk Kopi

Biasanya, bubuk kopi digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap dari petai atau jengkol. Pemanfaatan kopi untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut tidak lepas dari aroma kopi yang memang sangat kuat dan mampu menetralisir bau lainnya. Nah, begitupun pada beberapa alat masak yang rentan terkena bau-bau amis, yaitu pisau.

Untuk mempraktikkan cara menghilangkan bau amis pada pisau dengan bubuk kopi sangat mudah. Anda cukup merebus kopi, lalu saring dan ambil ampasnya. Setelah itu, ampas kopi tersebut di gosokkan ke pisau dan diamkan 10-15 menit. Lalu, air rebusan kopi bisa Anda gunakan untuk membilas sedikit demi sedikit hingga aroma amis pada pisau menghilang.

5 dari 7 halaman

4. Bubuk Arang

Ternyata, menggunakan bubuk arang sangat efektif untuk menghilangkan bau amis pada pisau. Bahkan, cara menghilangkan bau amis pada pisau dengan bubuk arang sudah terbukti sejak zaman dahulu.

Cara menghilangkan bau amis dengan bubuk arang ternyata sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan bubuk arang secukupnya. Lalu, lumuri pisau yang memiliki aroma amis tersebut hingga rata. Selanjutnya, Anda bisa menggosoknya secara perlahan sekitar lima menit atau hingga bau amisnya sudah tidak tercium lagi.

Jika dirasa bau amisnya sudah menghilang, maka Anda bisa membilasnya dengan air bersih yang sudah dicampur dengan sabun cuci piring.

6 dari 7 halaman

5. Daun Kemangi

Jika Anda pernah makan pecel lele atau menu lesehan, biasanya akan disediakan daun kemangi sebagai pendampingnya. Kemangi ini sangat nikmat dijadikan lalapan. Selain nikmat untuk menjadi lalapan, kemangi juga akan membantu aroma mulut Anda lebih wangi dan bau tidak sedap dari sambal terasi serta gorengan ikan menghilang.

Begitu juga pada pisau yang berbau amis. Anda bisa menggunakan kemangi untuk mencuci pisau amis dengan cara menggosokkan daun kemangi ke pisau hingga bau amis menghilang. Jika masih belum menghilang, maka Anda bisa merendam pisau tersebut ke air yang sudah diberi campuran daun kemangi selama 10-20 menit. Lalu jangan lupa untuk bilas dengan air bersih.

7 dari 7 halaman

6. Baking Soda

Memang, baking soda lebih dikenal sebagai bahan pengembang kue. Akan tetapi, manfaat dari baking soda untuk membersihkan berbagai peralatan dapur tidak perlu diragukan lagi. Salah satunya dalam membersihkan bau amis yang menempel di pisau.

Caranya cukup dengan melarutkan baking soda dengan air secukupnya. Lalu, lumuri larutan tersebut ke pisau yang berbau amis hingga benar-benar rata. Setelah itu, gosok perlahan dan diamkan selama 15 menit, sebelum akhirnya di bilas dengan air bersih.

Ternyata cara menghilangkan bau amis pada pisau bukan? Nah, selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini