Sukses

6 Cara Membuat Masker Tomat dan Jeruk Nipis untuk Mengatasi Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat masker tomat dan jeruk nipis bisa menjadi solusi bagi kamu yang bermasalah dengan jerawat. Baik tomat maupun jeruk nipis memang dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, begitu pula bagi kecantikan. 

Menggunakan kedua bahan alami tersebut tentunya dapat menjadi alternatif penggunaan produk kecantikan yang mahal dan bisa saja memiliki efek samping. Tomat dan jeruk nipis tentunya lebih murah dan dan mudah didapatkan untuk merawatk kecantikan kulit.

Cara membuat masker tomat dan jeruk nipis cukup mudah dipraktikkan. Kamu hanya perlu menyediakan waktu beberapa menit saja untuk membuatnya. Apalagi, dengan kandungan antioksidan, tomat dapat mencerahkan kulit, mengatasi wajah berjerawat, menjaga pori-pori wajah dan sebagainya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/7/2020) tentang cara membuat masker tomat dan jeruk nipis.

2 dari 7 halaman

Cara Membuat Masker Tomat dan Jeruk Nipis

Cara membuat masker tomat dan jeruk nipis merupakan salah satu metode yang sangat mudah diterapkan untuk menjaga kecantikan kulit. Campuran tomat dan jeruk nipis dapat menyehatkan kulit, sehingga wajah kamu terhindar dari jerawat dan lebih cerah.

Berikut cara membuat masker tomat dan jeruk nipis yang bisa kamu ikuti:

- Pertama, haluskan tomat secukupnya.

- Kemudian, potong jeruk nipis jadi dua bagian dan peras pada tomat yang sudah dihaluskan.

- Aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur.

- Lalu, oleskan pada wajah secara merata

- Biarkan 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Cara membuat masker tomat dan jeruk nipis ini tentunya tidak begitu sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan alami tersebut kemudian mengikuti langkah-langkah cara membuat masker tomat dan jeruk nipis.

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Masker Tomat Sederhana

Selain cara membuat masker tomat dan jeruk nipis, kamu juga bisa membuat masker tomat sederhana. Cukup dengan menyediakan 1 buah tomat, maka kamu bisa melakukan cara membuat masker tomat sederhana ini.

Begini langkah-langkahnya:

1. Cuci bersih tomat dan potong agar menjadi dua bagian.

2. Oleskan irisan tomat tersebut secara merata pada wajah dan tunggu selama sekitar 15 menit.

3. Bilas dengan air bersih.

Agar mendapatkan hasil maksimal, masker ini bisa kamu gunakan rutin setiap malam sebelum tidur

Kamu juga bisa menyiapkan 2 buah tomat segar dengan menghaluskannya terlebih dahulu. Tinggal haluskan hingga lembut kedua tomat setelah dicuci bersih. Kemudian, oleskan secara merata ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 20 menit dan bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Masker Tomat dan Lemon

Kamu juga bisa mengombinasikan tomat dengan lemon sebagai alternatif lainnya selain cara membuat masker tomat dan jeruk nipis. Cara membuat masker tomat dan lemon ini pun tidak sulit, cukup menyediakan 1 buah tomat dan ½ buah lemon, maka kamu sudah bisa membuatnya.

Ikuti langkah-langkah berikut:

1. Haluskan tomat dan tambahkan sari jeruk lemon.

2. Aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 15 menit.

3. Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.

Masker tomat yang dikombinasikan dengan lemon ini bermanfaat untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah bersinar dan lebih halus. Maka tidak ada salahnya melakukan perawatan ini secara rutin agar wajah kamu tetap sehat sepanjang hari.

5 dari 7 halaman

Cara Membuat Masker Tomat dan Minyak Zaitun

Sebagai dua bahan alami yang memang sering digunakan untuk perawatan kecantikan kulit wajah, ternyata tomat dan minyak zaitun juga bisa dicampur menjadi masker. Cukup dengan menyediakan 1 buah tomat dan 1 sendok makan minyak zaitun.

Begini cara membuat masker tomat dan zaitun:

1. Hancurkan tomat dengan menggunakan blender, kemudian tambahkan minyak zaitun.

2. Aduk hingga rata.

3. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit.

4. Bilas dengan air hangat, akhiri dengan mengompres dengan es batu.

Dengan menerapkan masker tomat yang ditambah dengan minyak zaitun ini, maka kamu bisa mendapatkan manfaat seperti menghilangkan bekas jerawat di wajah dan melembabkan kulit.

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Masker Tomat dan Madu

Cara membuat masker tomat selanjutnya adalah dengan mencampurkannya dengan madu. Madu merupakan bahan alami yang juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sel kulit. Oleh karena itu, mengombinasikan dua bahan alami yang baik untuk kulit wajah ini akan menimbulkan hasil yang baik pula.

Kamu bisa mencampurkan 1 buah tomat segar dengan 1 sendok makan madu. Begini cara membuat masker tomat dengan tambahan madu:

1. Haluskan tomat yang telah dicuci.

2. Campurkan tomat dengan madu dan aduk rata.

3. Oleskan pada wajah, dan tunggu sekitar 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

7 dari 7 halaman

Masker Tomat dan Madu + Timun

Cara membuat masker tomat yang ditambahkan dengan madu dan mentimun inu juga tidak begitu sulit. Kamu hanya harus mempersiapkan 1 buah tomat segar, 100 gram mentimun, serta 3 sendok makan madu. Begini cara membuat masker tomat tersebut:

1. Potong tomat jadi dua bagian dan haluskan.

2. Haluskan mentimun dengan cara diparut, kemudian satukan kedua bahan dan tambahkan madu.

3. Aplikasikan masker pada wajah dengan menggunakan kapas, dan diamkan hingga mengering selama 15-20 menit.

4. Bilas dengan menggunakan air dingin

Dengan menggunakan masker tomat ini, kamu bisa mendapatkan manfaat yang sangat baik untuk kulit wajah. Masker tomat ini dapat membuat wajah bebas dari kelebihan minyak serta mencegah munculnya jerawat.