Sukses

10 Cara Menghilangkan Varises dengan Cepat Secara Alami

Cara menghilangkan varises dengan cepat bisa menggunakan bahan alami dan penerapan pola hidup sehat.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan varises dengan cepat bisa dengan menggunakan beberapa bahan alami. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat juga snagat penting dalam menghilangkan penyakit ini. Apalagi, beberapa faktor resiko dapat menyebabkan varises seperti menopause, kehamilan, usia, obesitas, berdiri terlalu lama, atau pengaruh genetik.

Varises terjadi ketika pembuluh darah vena seseorang membengkak dan membesar. Pada beberapa orang, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Varises juga memberi efek tampilan kulit yang menonjol dan berwarna biru.

Cara menghilangkan varises dengan cepat bisa menggunakan bahan alami dan penerapan pola hidup sehat. Hal ini harus dilakukan agar perkembangan varises melambat dan mencegah terjadinya komplikasi, seperti luka atau pendarahan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/7/2020) tentang cara menghilangkan varises dengan cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Olahraga dan Menggunakan Bawang Putih

Olahraga

Cara menghilangkan varises dengan cepat yang pertama adalah berolahraga. Olahraga teratur mendorong sirkulasi darah yang lebih baik di kaki. Ini membantu mendorong darah yang terkumpul di pembuluh darah. Olahraga juga membantu menurunkan tekanan darah seseorang, yang merupakan faktor lain yang menjadi penyebab varises.

Latihan dengan dalam porsi ringan membantu membuat otot betis bekerja tanpa ketegangan yang berlebihan. Latihan yang efektif untuk meringankan varises meliputi renang, berjalan, bersepeda, atau yoga.

Gunakan Bawang Putih

Cara menghilangkan varises dengan cepat berikutnya adalah menggunakan bawang putih. Selain mampu untuk mengurangi peradangan, bawang putih kerap membantu mendetoksifikasi darah yang membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Bawang putih bermanfaat untuk memecahkan protein dan mendistribusikannya secara merata ke dalam tubuh.

Untuk membuat racikan dari bawang putih untuk menghilangkan varises, kamu perlu menyiapkan bawang putih sebanyak 5 siung yang sudah dicincang halus. Tambahkan 3 buah jeruk nipis dan siapkan juga 2 sendok minyak zaitun.

Campurkan bawang putih, perasan jeruk nipis, dan minyak zaitun tadi ke dalam toples yang bersih. Setelah itu tutup rapat dan diamkan selama 12 jam. Setelah itu, untuk menggunakannya, kamu perlu mengocok atau mencampurkannya terlebih dahulu sebelum menggunakan.

Oleskan racikan tersebut dengan menggosokkannya ke bagian tubuh yang terkena varises secara melingkar. Setelah digosokkan, diamkan semalaman (10 – 12 jam). Lakukan cara ini setiap dua kali sehari selama setidaknya dalam satu bulan.

3 dari 5 halaman

Jalani Pola Makan Sehat dan Gunakan Kubis

Jalani Pola Makan Sehat

Menjalankan pola makan sehat juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan varises dengan cepat. Apalagi, orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin mengalami varises, oleh karena itu, mengurangi kelebihan berat badan dapat mengurangi tekanan pada vena dan mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan.

Makanan tinggi kalium dapat membantu mengurangi retensi air. Makanan yang tinggi kalium meliputi kacang almond, lentil dan kacang putih, kentang, sayuran berdaun, beberapa ikan seperti salmon dan tuna.

Makanan dengan serat membantu menjaga buang air besar dan mencegah sembelit. Makanan ini penting, karena mengejan bisa memperburuk katup yang rusak atau memperburuknya. Makanan yang tinggi serat termasuk biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Selain itu, kamu harus menghindari makanan yang asin atau kaya natrium karena dapat menyebabkan tubuh menahan air yang dapat memicu varises.

Menambahkan makanan yang mengandung flavonoid juga dapat membantu seseorang mengecilkan varisesnya. Makanan yang mengandung flavonoid meliputi sayuran, termasuk bawang, paprika, bayam, dan brokoli, buah jeruk, anggur, ceri, apel, blueberry, dan biji cokelat.

Gunakan Kubis

Kubis juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan varises dengan cepat. Kubis yang sangat kaya akan antiksidan dan fitokimia ini mampu membantu pembekuan darah. Cara membuat racikan dari kubis untuk menghilangkan varises adalah dengan menyiapkan 3 lembar kubis yang sudah dipotong menjadi sangat kecil.

Masukkan potongan kubis tadi ke dalam blender dan haluskan. Setelah itu saring dan ambil ekstrak jus dari daun kubis tadi. Kamu bisa mengoleskan ekstrak kubis tadi ke bagian tubuh yang terkena varises, setidaknya tiga kali sehari.

4 dari 5 halaman

Terus Bergerak, Gunakan Pakaian Longgar, dan Gunakan Biji Tomat

Terus Bergerak

Cara menghilangkan varises dengan cepat selanjutnya adalah menghindari duduk atau berdiri untuk waktu yang lama. Jika seseorang harus duduk dalam waktu lama untuk bekerja, mereka harus berusaha untuk bangkit dan bergerak atau mengubah posisi agar darah mengalir dengan lancar. Hindari duduk dengan menyilangkan kaki, karena ini dapat lebih membatasi aliran darah ke kaki dan kaki, yang dapat menambah masalah sirkulasi.

Gunakan Pakaian Longgar

Menggunakan pakaian longgar juga bisa diterapkan sebagai cara menghilangkan varises dengan cepat. Mengenakan pakaian ketat bisa membatasi aliran darah. Seseorang mungkin menemukan bahwa sirkulasi mereka ditingkatkan dengan mengenakan pakaian longgar yang tidak membatasi suplai darah ke tubuh bagian bawah. Mengenakan sepatu datar bukan sepatu hak tinggi juga dapat mengurangi varises di kaki.

Gunakan Biji Tomat

Pada biji tomat, terkandung asam salisilat yang memiliki sifat mirip dengan aspirin, yang berfungsi sebagai antioagulan. Hal ini untuk mencegah pembekuan darah dan meningkatkan aliran darah.

Jika dioleskan ke kulit, bisa menjadi salah satu cara menghilangkan varises dengan cepat. Cara membuat racikan dari biji tomat untuk menghilangkan varises ini adalah dengan memotong 2 tomat dalam potongan kecil.

Jangan membuang bijinya, masukkan ke dalam blender selama beberapa detik hingga menjadi campuran yang halus. Setelah itu, oleskan racikan ini pada kulit yang terkena varises setidaknya 3 – 4 kali dalam sehari, selama minimal 2 bulan.

5 dari 5 halaman

Pijat, Mengangkat Kaki, dan Gunakan Minyak Zaitun

Pijat

Memijat bagian yang sakit dengan lembut dapat membantu menjaga darah mengalir melalui pembuluh darah. Seseorang dapat menggunakan minyak pijat lembut atau pelembab untuk efek optimal. Sangat penting untuk menghindari menekan langsung ke pembuluh darah, karena hal ini dapat merusak jaringan yang rapuh.

Mengangkat Kaki

Terapi mengangkat kaki dapat mengurangi tekanan di pembuluh darah kaki dan gravitasi akan membantu darah mengalir dengan lancar kembali ke jantung. Tempatkan kaki tetap tinggi, idealnya setinggi jantung atau di atasnya akan membantu meningkatkan sirkulasi.

Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi dan menyejukkan yang bisa diserap melalui kulit. Hal ini akan bantu mengurangi pembuluh darah yang membesar dan akan mengaktifkan aliran darah. Tingginya kandungan asam lemak omega-3 pada minyak zaitun juga dapat meningkatkan aliran darah pada vena.

Kamu perlu menyiapkan minyak zaitun ke dalam mangkuk dan panaskan. Oleskan pada kulit yang terkena varises selama beberapa menit. Ulangi dua kali sehari, selama minimal 2 bulan.

Itulah beberapa cara menghilangkan varises dengan cepat yang mudah diterapkan di rumah. Selain itu, kamu sebenarnya juga bisa menggunakan stoking kompresi yang bisa di beli di apotek untuk menghilangkan varises dengan cepat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.