Sukses

7 Cara Mencegah Mata Lelah Akibat Menatap Komputer, Perhatikan Tampilan Layarnya

Cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop yang mudah dipraktikkan.

Liputan6.com, Jakarta Mata lelah menggunakan komputer atau laptop memang kerap menjadi keluhan. Ketika mata sudah mulai terasa nyeri, pedih, gatal, kabur, dan sensitif terhadap cahaya. Hal ini membuat cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop penting untuk diketahui.

Setelah mengetahuinya, mulailah untuk mempraktikkan cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop ini. Sebab, bahaya dari mata lelah jika terus dibiarkan, bisa sampai mengganggu produktivitasmu. Bahkan bisa sampai menyebabkan nyeri bahu, leher, punggung, dan sakit kepala.

Mata lelah disebut juga sebagai Computer Vision Syndrome (CVS). Kondisi yang dipicu oleh penggunaan komputer atau laptop terlalu lama dan membuat kedipan mata tak sebanyak biasanya. Agar bisa terhindar dari syndrome mata lelah ini, siasati dengan cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop.

Berikut ini Liputan6.com ulas cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop dari berbagai sumber, Kamis (23/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pencahayaan

Mengatur pencahayaan yang tepat juga termasuk cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop. Hal ini disebabkan karena mayoritas kasus ketegangan mata kerap disebabkan cahaya terang berlebihan.

Tak hanya dari pantulan layar komputer atau laptop, tetapi juga sinar matahari. Agar bisa terhindar dari mata lelah karena cahaya, siasati dengan menempatkan komputer di samping jendela. Bukan juga di depan atau di belakang jendela.

Bisa juga dengan menutup tirai untuk mengurangi cahaya yang masuk ke ruangan. Jika masih memerlukan lampu, pastikan lampu memiliki intensitas yang rendah. Jika hal kecil semacam cahaya ini benar-benar diperhatikan, maka mata lelah tak akan singgah.

3 dari 7 halaman

Monitor

Pengguna komputer atau laptop memang tak lepas dari menatap monitor. Jenis monitor atau layar LCD yang baik untuk mata pasti memiliki permukaan anti-reflektif. Sedangkan monitor lawas semacam CRT pada komputer tabung ini masih berisiko tinggi sebabkan mata lelah karena flickernya.

Nah, flicker ini tak banyak ditemukan pada monitor layar LCD. Hal ini dipengaruhi oleh kecerahan pikselnya dikendalikan cahaya belakang layar LCD. Untuk komputer desktop, pilih tampilan yang memiliki ukuran diagonal layar minimal 19 inchi. Kenyamanan monitor akan memengaruhi kenyamanan mata saat bekerja dengan komputer atau laptop.

4 dari 7 halaman

Tampilan

Selain memerhatikan monitor, perhatikan juga tampilan dekstopnya. Tampilan dekstop yang benar termasuk bagian dari cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop. Berikut rincian tampilannya:

- Kecerahan

Sesuaikan kecerahan layar dekstop sama seperti kecerahan ruang kerja. Cobalah melihat latar belakang putih pada dekstop. Jika terlihat seperti sumber cahaya, berarti kecerahannya berlebihan. Jika tampak kusam dan abu-abu, kecerahannya terlalu gelap.

- Ukuran teks dan kontras

Memerhatikan ukuran teks dan kontras akan sangat berpengaruh pada kenyamanan membaca pengguna komputer atau laptop. Apalagi jika pekerjaan yang harus dihadapi setiap hari adalah membaca dan menulis teks yang panjang. Cobalah menggunakan cetak hitam pada latar belakang putih untuk kenyamanan.

- Temperatur warna

Meski kecerahan, teks, dan kontras sudah seimbang tetapi temperatur warna juga harus diperhatikan. Warna biru akan membuat mata lebih cepat tegang karena panjang gelombang spektrum warna ini lebih pendek. Sedangkan warna orange dan merah memiliki panjang gelombang lebih panjang. Jadi, tidak heran jika temperatur warna ini lebih efektif mencegah mata lelah karena komputer atau laptop.

5 dari 7 halaman

Berkedip dan Pejamkan Mata

Sering Berkedip

Penyebab dari mata lelah adalah karena lebih sedikit berkedip. Dalam satu menit, mata seharusnya berkedip 18 kali. Namun, ketika menatap layar komputer atau laptop, kedipannya menjadi setengahnya saja.

Cobalah untuk menyiasatinya dengan lebih sadar untuk sering berkedip. Tujuannya agar mata tidak kering dan terasa gatal karena kelelahan. Mata yang kering karena jarang berkedip juga bisa sebabkan iritasi.

Pejamkan Mata

Selain berkedip, memejamkan mata juga termasuk cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop. Mulailah lebih sering memejamkan mata sebentar saja. Kira-kira pejamkan selama 2-3 menit.

Jika sudah, lanjutkan dengan peregangan otot sederhana sebanyak 4 kali selama 5 menit. Bisa juga dengan jalan-jalan sebentar, lemaskan, dan putar tungkai lengan, kaki dengan berdiri.

Lanjutkan dengan putar-putar bahu dan punggung untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan otot. Jika bisa, lakukan tidur siang sebentar.

6 dari 7 halaman

Olahraga Mata

Pasti belum banyak yang mengetahui trik olahraga mata. Padahal olahraga mata sangat efektof digunakan sebagai cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop. Cobalah untuk menjauhkan pandangan dari layar setiap 20 menit sekali.

Jauhkan tatapan kira-kira 20 kaki atau 6 meter minimal 20 detik. Bisa juga lakukan dengan manapat objek lain selama 10-15 detik. Lalu alihkan dengan objek yang dekat dengan menatapnya selama 10-15 detik dan lakukan sampai 10 kali.

7 dari 7 halaman

Kacamata Khusus

Alternatif terakhir dari cara mencegah mata lelah menggunakan komputer atau laptop adalah menggunakan kacamata khusus. Kacamata ini bisa didapat dari toko optik. Mintalah kacamata yang bisa membantu mengurangi kelelahan mata saat menggunakan komputer atau laptop.

Sebaiknya hindari menggunakan lensa kontak jika ingin bekerja pada layar komputer atau laptop dalam jangka waktu lama. Menggunakannya justru akan membuat mata kering dan mudah lelah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.