Sukses

Cara Membuat Kartu Ucapan Kelahiran Bayi dengan Microsoft Word, Tak Ribet

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word cukup sederhana. Kelahiran bayi selalu disambut dengan penuh suka cita. Keluarga, teman, dan sahabat menjadi orang paling bahagia saat buah hati lahir ke dunia.

Memberi kartu ucapan kelahiran bayi bisa menjadi salah satu cara menyampaikan rasa bahagia. Kartu ucapan bisa dibuat secara sederhana dengan Microsoft Word. Cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word bisa membantu membuat ucapan lebih menarik dan rapi.

Cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word bisa membantu orangtua bayi untuk memberi kabar gembira bagi orang di sekitarnya. Cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word ini akan mempermudah orangtua membuat ucapan dalam jumlah banyak dan mencetaknya. Cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word juga sering dibuat untuk ucapan akikah anak.

Cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word juga bisa dibuat oleh keluarga atau sahabat untuk memberi ucapan selamat atas kelahiran bayi. Berikut cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (23/7/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word: Tentukan isi ucapan

Cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word adalah menentukan isi yang akan dituliskan pada kartu. Jika kamu merupakan keluarga atau sahabat dari orangtua bayi, kamu bisa mengisi kartu ucapanmu dengan ucapan selamat yang penuh kebahagiaan. Jangan lupa untuk mencantumkan nama bayi, orang tua, serta namamu sebagai pemberi ucapan.

Jika kamu merupakan orangtua bayi yang ingin memberi kabar gembira untuk orang disekitarmu atau untuk keperluan akikah, isi kartu bisa berupa nama bayi, waktu kelahiran, berat, panjang, dan ucapan bahagiamu sebagai orangtua yang diberi karunia anak.

3 dari 6 halaman

Cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word: Manfaatkan template

Cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word yang paling mudah adalah memanfaatkan template. Di Microsoft Word tersedia ratusan template yang bisa kamu unduh secara gratis. Untuk mengakses template ini, kamu cukup buka Microsoft Word, pilih file>new dan pilih template online yan tersedia.

Pastikan bahwa komputermu tersambung dengan internet agar template bisa diakses. Untuk memilih template kamu bisa menentukan kategori apa yang kamu cari. Kamu bisa masuk ke kategori cards dan mulai mencari template yang cocok untuk kartu ucapanmu.

Setelah memilih template, klik download pada sisi kanan. Setelah selesai, lembar kerjamu akan terisi template yang sudah kamu pilih.

4 dari 6 halaman

Cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word: mengedit template

Setelah mendapatkan template, kamu bisa mulai mengeditnya. Biasanya template sudah disertai dengan Text Box yang bisa diisi dengan pesan pesan yang ingin kamu berikan. Jika tidak ada text box, kamu bisa memasukkannya secara manual di Insert>Text>Text Box.

Untuk membuat text box terlihat transparan, kamu bisa klik Format, pada bagian shape styles klik shape fill dan pilih no fill.

Masukkan ucapan yang ingin kamu sampaikan. Atur posisi sesuai keinginanmu. Setelah itu kamu bisa menambahkan ilustrasi atau foto di kartu ucapanmu. Untuk ilustrasi kamu bisa memanfaatkan Clip Art yang ada pada menu Insert. Untuk foto kamu bisa menyisipkannya melalui Insert>Picture.

5 dari 6 halaman

Cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word secara manual

Jika kamu ingin mendesain sendiri kartu ucapanmu tanpa template, kamu bisa membuatnya secara manual. Cukup buka Microsoft Word dan buat lembar kerja kosong. Kamu bisa memanfaatkan menu Insert untuk membuat desain kartu.

Untuk membuat garis dan bidang, gunakan Insert>Shapes. Pilih bentuk rectangle untuk membuat kartu ucapan. Atur warna dan ukuran. Untuk mengatur warna dan ukuran, klik format. Untuk ukuran, tentukan ukuran di bagian size di kanan atas. Untuk warna, kamu bisa mengaturnya di bagian shape style.

Setelah itu, kamu bisa mulai mengisi kartumu dengan menyisipkan Text Box, Clip Art, foto, atau bentuk lain di shape. Kamu juga bisa membuat desain kartumu dengan menggunakan pilihan font yang berbeda. Cara mengisi kartu ini sama dengan cara membuat kartu ucapan kelahiran bayi dengan Microsoft Word dari template.

6 dari 6 halaman

Menyimpan dan mencetak kartu ucapan

Kamu bisa menyimpan kartu ucapan yang telah kamu buat dalam format word atau pdf. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mencetaknya. Untuk menyimpan, klik file>save as atau ctrl+s. Pada bagian save as type, pilih format yang kamu inginkan. Lalu klik save.

Untuk mencetak, kamu bisa mencetaknya langsung dari Microsoft Word. Caranya klik File>Print lalu pilih printer, tentukan jumlah yang ingin diprint lalu klik print. Kartu ucapan kelahiran sudah siap digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.