Sukses

10 Obat Alami Sariawan Anak yang Aman Digunakan dan Cegah Datang Berulang

Liputan6.com, Jakarta Sariawan merupakan kondisi ketika area mulut terinfeksi jamur Candida Albicans. Jamur ini bisa menumpuk di seluruh area mulut dan umumnya terjadi karena sistem kekebalan tubuh sedang melemah. Anak akan lebih rentan mengalami dan obat alami sariawan anak menjadi semakin menarik diketahui.

Ketika sistem kekebalan tubuh anak melemah, setelah tergigit pun area mulut anak akan lebih rentan terkena sariawan. Hal ini jelas akan sangat merepotkan. Anak juga akan lebih sering rewel karena rasa perih dan tak nyaman di area mulutnya. Obat alami sariawan anak yang aman sangat diperlukan untuk pemulihan.

Cobalah obat alami sariawan anak untuk mengatasinya. Obat ini terbuat dari ramuan bahan alami dan tak berisiko buat area mulut anak iritasi. Apalagi untuk sariawan anak yang kerap datang berulang, obat ini bisa bantu sebagai pencegahan.

Berikut Liputan6.com ulas obat alami sariawan anak dari berbagai sumber, Jumat (24/7/2020).

2 dari 7 halaman

Minyak Kelapa dan Es Batu

Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni juga bisa dijadikan sebagai obat alami sariawan anak. Hal ini disebabkan karena kandungan asam lauratnya. Asam laurat dapat merusak bakteri patogen sekaligus membangun sistem kekebalan tubuh. Oleskan minyak kelapa ke bagian mulut yang terkena sariawan, kemudian berkumur dengan air hangat.

Es Batu

Es batu termasuk obat alami sariawan anak yang efektif digunakan dan tidak terasa pahit. Es batu bisa digunakan untuk mengobati karena dinginnya es batu bisa mengurangi peradangan lukanya. Suhu dingin akan memperlambat aliran darah menuju sariawan Hingga membuat rasa nyeri dan pembengkakan lebih lambat terjadi.

3 dari 7 halaman

Kantong Teh dan Madu

Kantong Teh

Kantong teh ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk pengobatan sariawan. Setelah menyeduh teh celup, jangan buang kantongnya. Kantong teh celup hitam yang masih basah bisa bantu meredakan rasa sakit dan peradangannya. 

Obat alami sariawan anak ini dikenal memiliki kandungan tannin cukup tinggi. Jika tak memiliki teh celup hitam, gunakan teh celup chamomile. Teh ini juga mengandung zat anti radang yang baik untuk pemulihan.

Madu

Madu cukup efektif digunakan sebagai obat alami sariawan anak. Rasanya manis dan ampuh meredakan rasa nyeri yang dialami. Dikutip dari Prevention, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Jadi, tidak heran jika madu mampu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses penyembuhan sariawan. Madu juga aman diberikan untuk anak-anak usia 1 tahun ke atas.

4 dari 7 halaman

Lidah Buaya dan Air Garam

Lidah Buaya

Jika ingin yang dingin-dingin tetapi bukan es batu, lidah buaya bisa dijadikan solusinya. Lidah buaya bisa dijadikan sebagai obat alami sariawan anak yang mendinginkan. Siapkan daun lidah buaya yang sudah dicuci hingga bersih. Lalu oleskan daging lidah buaya secukupnya pada sariawan. Tunggulah beberapa jam dan ulangi cara ini dua sampai tiga kali.

Air Garam

Air garam termasuk obat alami sariawan anak yang bisa dicoba. Garam bisa membantu menarik cairan luka sariawan. Proses pengeringan luka sariawan akan lebih cepat diatasi dengan air ini. 

Campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumur dengan ramuan ini satu sampai dua menit sebanyak tiga kali sehari. Bisa juga dengan mengoleskan garam pada luka sariawan lalu bilas. Lakukan secara rutin sampai sariawan hilang.

 

5 dari 7 halaman

Kunyit dan Baking Soda

Kunyit

Kunyit termasuk rempah yang bisa dijadikan sebagai obat alami sariawan anak. Hal ini disebabkan karena sifat anti-inflamasi, antiseptik, dan anti-bakteri yang dimilikinya. Kandungan ini sangat efektif bantu segala macam luka agar cepat sembuh.

Haluskan kunyit, lalu aduk dengan sedikit air hangat hingga menjadi pasta. Setelah menjadi pasta, oleskan pada bagian yang sariawan anak. Selain itu, air perasan kunyit juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi. Campurkan dengan madu sebelum diberikan kepada si kecil.

Baking Soda

Baking soda tak hanya bisa digunakan sebagai bahan campuran kue. Baking soda ini bisa diandalkan sebagai obat alami sariawan anak. Cobalah untuk membilas mulut dengan campuran sedikit baking soda.

Dalam sebuah penelitian tahun 2009, para peneliti melihat efektivitas natrium bikarbonat sebagai desinfektan Candida Albicans. Terutama yang melekat pada resin akrilik.

Cobalah untuk melarutkan 1/2 sendok teh baking soda ke dalam 1 gelas air hangat. Berkumurlah ke seluruh bagian mulut dan keluarkan.

6 dari 7 halaman

Kayu Manis dan Yogurt

Kayu Manis

Kayu manis ini efektif dijadikan sebagai obat alami sariawan anak. hal ini disebabkan karena sifat antiparasit dan antijamur yang dimilikinya. Rebus atau merendam sepotong kayu manis pada 1.5 cangkir air panas selama 5 menit. Gunakan air rebusan ini untuk berkumur setelah dingin.

Yogurt

Yogurt dikenal memiliki kandungan probiotik alami. Probiotik ini bisa bantu mcegah pertumbuhan jamur.  Bahkan bakteri Lactobacillus yang ada di dalamnya mampu menyebar ke dalam tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

7 dari 7 halaman

Faktor Penyebab Sariawan Anak

1. Luka atau trauma karena menggigit bagian dalam bibir.

2. Gesekan sikat gigi yang terlalu kuat.

3. Kandungan sodium lauryl sulfate (SLS) yang terdapat pada pasta gigi.

4. Kekurangan zat-zat seperti vitamin B12, asam folat, besidan vitamin C.

5. Stres emosional.

6. Memiliki keluarga dengan riwayat sariawan berulang.

7. Infeksi virus seperti penyakit flu Singapura (penyakit tangan, kaki dan mulut).

8. Gangguan sistem pencernaan.

9. Alergi makanan dan hipersensitivitas terhadap penambah rasa, asam benzoat, susu sapi, kopi, cokelat, keju, kacang, dan beberapa jenis bumbu masakan lainnya.