Sukses

14 Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan Bahan Alami Serta Kenali Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Memiliki gigi yang putih bersih pastilah menjadi impian banyak orang. Apalagi kesan yang diberikan gigi putih adalah kebersihan pemiliknya. Nah, beruntungnya cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami kini bisa dipraktikkan di rumah.

Gigi kuning sebenarnya tidak hanya disebabkan oleh konsumsi kafein dan kebiasaan buruk. Sebab ada pula yang memiliki gigi kuning karena faktor genetika. Apapun penyebabnya, cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami bisa dijadikan solusinya.

Tidak perlu merogoh kocek dalam untuk perawatan gigi putih yang mahal. Jika mau lebih telaten mempraktikkan cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami, niscaya gigi putih akan dimiliki. Bahan alami ini akan membantu menebalkan enamel gigi. Membuat gigi tampak putih kebiruan dan agak tembus pandang secara alami.

Berikut Liputan6.com ulas cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/7/2020).

2 dari 7 halaman

Kulit Pisang, Lemon, dan Jeruk Nipis

Kulit Pisang

Kulit pisang bisa diandalkan sebagai cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami. Setelah makan buah pisang, sebaiknya jangan langsung membuang kulitnya. Kulit pisang dapat digunakan untuk membersihkan gigi yang kuning.

Caranya:

- Ambil kulit pisang yang sudah dibersihkan lebih dulu

- Gosok-gosokkan kulit pisang yang sudah bersih pada gigi Anda

Lemon

Lemon memang terkenal sekali dengan zat asamnya. Bahkan zat asam dalam lemon bisa berfungsi sebagai alkali alami. Hal ini membuat kadar pH dalam mulut seimbang. Jadi tidak heran jika cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami mengandalkan lemon ampuh dilakukan. Terdapat antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning dalam lemon.

Caranya:

- Peras 1 buah lemon.

- Masukkan air perasan ke dalam segelas air hangat.

- Gunakan untuk berkumur, lakukan 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

- Campurkan 1 sdm air perasan lemon dengan sejumput garam hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada gigi.

 

Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga tidak hanya nikmat dikonsumsi menjadi minuman segar. Jeruk nipis bisa diandalkan sebagai cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami. Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi bakteri dalam mulut sehingga gigi menjadi putih.

Caranya:

- Potong 2 buah jeruk nipis

- Peras buah tersebut

- Campurkan dengan segelas air hangat

- Gunakan untuk berkumur

3 dari 7 halaman

Strawberry, Pinang, dan Siwak

Strawberry

Strawberry selain memiliki rasa yang lezat, ternyata juga memiliki banyak khasiat. Cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami seperti strawberry bisa diandalkan. Hal ini disebabkan karena kandungan Vitamin C dan asam malat di dalamnya. Kandungan ini memiliki fungsi mengikis noda pada gigi, mencegah sariawan, gusi berdarah, dan membunuh bakteri mulut.

Caranya:

- Siapkan buah stroberi secukupnya

- Tumbuk sampai halus

- Oleskan pada gigi

 

Pinang

Buah pinang mengandung astringent dan hemostatik dari zat tanin. Kandungan inilah yang kemudian dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami. Biji dari buah ini memiliki kemampuan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Bahkan penggunaan biji buah pinang juga dapat mempertahankan kekuatan gigi secara alami.

Caranya:

- Siapkan biji buah pinang

- Bakar biji buah pinang hingga hangus

- Tumbuk hingga halus

- Oleskan pada gigi

 

Siwak

Siwak dari dulu memang terkenal sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan mulut. Siwak bisa diandalkan sebagai cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami. Hal ini disebabkan karena siwak dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plak, mencegah gigi berlubang, terutama untuk memutihkan gigi.

Caranya:

- Oleskan batang siwak bersih yang telah ditumbuk halus pada gigi secara merata

- Bisa juga mencampurnya dengan air hingga berbentuk pasta

- Kemudian menggunakannya sebagai pasta gigi

4 dari 7 halaman

Arang dan Baking Soda

Arang

Sifat alkali pada arang berfungsi sebagai pengikis noda kuning pada gigi. Memang kelihatannya kotor, namun dengan skala kecil tidak akan berdampak bagi tubuh. Bahkan arang juga bisa diandalkan sebagai cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami. Kamu bisa menggunakannya dalam skala kecil karena jika digunakan terlalu sering justru dapat mengikis lapisan enamel gigi.

Caranya:

- Siapkan arang batok kelapa

- Tumbuk sampai halus, lalu diayak

- Campur bubuk tersebut dengan 1 sdm air perasan lemon

- Gunakan sebagai pasta gigi

 

Baking Soda

Baking soda yang dikenal sebagai bahan pembuat kue ini ternyata memiliki manfaat tersembunyi. Salah satunya sebagai cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami. Baking soda memiliki kemampuan untuk mengangkan noda penyebab gigi kuning. Jadi, jangan sungkan untuk mulai memanfaatkannya.

Caranya:

- Campur baking soda dan air perasan lemon menjadi satu

- Oleskan pada gigi

- Kumur dan bersihkan gigi jika sudah selesai

5 dari 7 halaman

Daun Sirih, Daun Salam, dan Kulit Jeruk

Daun Sirih

Daun sirih terkenal sebagai penguat gigi. Bahkan bisa membantu menghentikan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami seperti daun sirih ini terbilang cukup aman. Hal ini disebabkan karena ada kandungan yang mampu membasmi kuman penyebab gigi kuning.

Caranya:

- Dikunyah atau merebusnya kemudian digunakan untuk berkumur

- Bisa juga dengan ditumbuk lalu oleskan pada gigi secara merata

 

Daun Salam

Daun salam dikenal kaya akan kandungan yang dapat menjaga kesehatan gigi secara efektif. Minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol. Termasuk mengandung Vitamin A, B, C, D serta kalsium, zat besi, kalium dan magnesium. Tidak heran jika cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami mengandalkan daun salam wajib dicoba.

Caranya:

- Tumbuk halus daun salam

- Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta

- Gunakan sebagai pasta gigi

 

Kulit Jeruk

Zat pektin yang terdapat pada kulit jeruk dan juga minyak atsiri berguna untuk memutihkan gigi secara alami. Cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami ini juga aman dilakukan. Tidak hanya memutihkan gigi, kulit jeruk juga dapat menjaga kesehatan mulut terutama gigi.

Caranya:

- Keringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari

- Tumbuk hingga halus

- Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta

- Gunakan sebagai pasta gigi

6 dari 7 halaman

Jahe, Minyak Kelapa, dan Cuka Apel

Jahe

Jahe tak hanya bisa diseduh menjadi minuman hangat dan campuran makanan untuk menjadikannya lezat. Jahe juga bisa diandalkan sebagai cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami. Hal ini disebabkan karena terdapat kandungan antibakteri di dalamnya. Kandungan ini akan berfungsi memberangus noda tersisa pada gigi.

Caranya:

- Parut 1 buah jahe

- Peras airnya

- Gunakan air perasan jahe untuk berkumur

- Bisa juga menggunakan parutan jahe yang dioleskan langsung pada gigi

 

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang terkenal sekali khasiatnya. Bahkan minyak ini juga bisa diandalkan sebagai pemutih gigi alami. Caranya juga sangat mudah diterapkan dan aman dilakukan. Hanya perlu membuatnya menjadi pasta gigi yang dicampur dengan baking soda.

Caranya:

- Siapkan minyak kelapa dan baking soda

- Campur ke dua bahan tersebut hingga berbentuk pasta

- Gunakan sebagai pasta gigi

 

Cuka Apel

Cuka apel bisa digunakan sebagai cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami. Selain dikenal sebagai buah yang baik untuk menjaga pencernaan, apel juga memiliki manfaat untuk memutihkan gigi. Cobalah untuk mengkonsumsi buah ini rutin setiap hari. Terutama jika tidak ingin banyak mengonsumsi cuka apel. Jika ingin menggunakan cuka apelnya, ikuti langkah berikut ini.

Caranya:

- Siapkan 1 sdm cuka apel dan gelas air

- Campur 2 bahan tersebut sampai merata

- Gunakan cotton bud untuk mengoleskan pada gigi

7 dari 7 halaman

Penyebab Gigi Kuning

 

Setelah mengetahui cara memutihkan gigi kuning dengan bahan alami, penting juga untuk mencari tahu penyebab gigi berwarna kuning. Hal ini agar kamu bisa menghindarinya.

Merokok

Hal ini dikarenakan adanya kandungan nikotin dan tar pada rokok yang membuat gigi menjadi kuning. Kedua zat ini sangat mudah menempel pada gigi dan menumpuk hingga menyebabkan gigi berwarna kekuningan.

Obat Kumur

Obat kumur memiliki kandungan chlorhexidine yang merupakan senyawa pembunuh bakteri dan mengobati gingivitis. Namun, kandungan ini juga menyebabkan perubahan warna coklat pada gigi.

Kopi dan Teh

Kopi dan teh mengandung tanin. Tanin nanti akan menempel pada lapisan gigi terluar, sehingga perlahan-lahan mengubah warna gigi menjadi kuning. Pada gigi dengan permukaan yang tidak rata, noda kuning ini akan semakin mudah terlihat dan semakin jelas.

Obat

Biasanya, jenis obat-obatan dan antibiotik seperti tetracycyline dan doxycycline bisa menyababkan gigi menjadi kuning. Selain kedua jenis obat tersebut, ada beberapa obat alergi dan tekanan darah yang bisa mengakibatkan gigi menguning.

Menggosok Gigi

Menggosok gigi dengan keras dan terlalu kencang bisa membuat gigi kamu menjadi kuning. Hal ini dikarenakan adanya tekanan yang bisa merusak dan mengikis lapisan enamel yang tipis dan mengekspos lapisan dentin. Sehingga gigi akan menguning.