Sukses

6 Kampung Indah yang Bernuansa Serba Biru, Salah Satunya Ada di Indonesia

Tempat unik yang memiliki banyak spot Instagramable.

Liputan6.com, Jakarta Dengan menjamurnya trend mengunggah foto dan video ke media sosial saat traveling, kini bermunculan tempat wisata yang unik. Banyak lokasi wisata dengan spot Instagramable digemari oleh pengunjung. 

Misalkan saja pemukiman dengan warna-warni yang mencolok yang kini tengah menjadi destinasi favorit para selebgram karena nampak fotogenik di kamera. Maka tak heran banyak perkampungan yang kini sengaja mengubah warna rumahnya menjadi pelangi.

Selain pemukiman dengan warna pelangi, ada pula sejumlah kampung yang unik dan hanya menerapkan satu warna saja. Seperti halnya Kota Jodhpur di India yang menggunakan warna biru sehingga nampak indah dan nyaman dipandang mata.

Selain Kota Jodhpur, berikut ini merupakan sejumlah kampung yang bernuansa biru dan salah satunya ada di Indonesia. Penasaran? Simak ulasan berikut ini oleh Liputan6.com, Jumat (24/7/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Oia - Yunani

Terletak di puncak bukit Santorini, Yunani, Desa Oia memang sudah tersohor dengan keindahannya. Selain pemukimannya yang memiliki warna seragam yakni biru dan putih, pemandangan dari desa ini pun sangat indah karena dapat memandang lautan lepas.

3 dari 7 halaman

2. Sidi Bou Said - Tunisia

Meski terkesan mirip dengan Oia, Yunani namun sebenarnya Sidi Bou Said berada di tempat yang berbeda. Pemukiman ini terletak di atas bukit Tunisia yang bisa menghadap langsung ke Teluk Tunis dan menawarkan pemandangan yang tak kalah menakjubkan.

4 dari 7 halaman

3. Chefchaouen - Maroko

Kota Chefchaouen kini merupakan salah satu destinasi favorit bagi para selebgram saat berkunjung di Maroko. Di kota ini banyak spot Instagramable bagi mereka yang senang berselfie ria. Kota ini khas dengan nuansa temboknya yang berwarna biru laut.

5 dari 7 halaman

4. Jodhpur - India

Jodhpur merupakan kota terbesar kedua di negara bagian Rajasthan India. Kota ini juga disebut memiliki pemandangan yang paling indah karena bertengger di tepi timur Gurun Thar. Awalnya, tak semua bangunan memiliki warna biru, hanya untuk kasta Brahmana saja. Namun seiring perkembangan waktu dan jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, kini kota ini memiliki warna yang seragam.

6 dari 7 halaman

5. Juzcar - Spanyol

Juzcar dikenal sebagai desa Smurf karena seluruh ruma di pemukiman ini dicat dengan warna biru. Meski awalnya Juzcar termasuk sebagai salah satu Kota Putih Andalusia, namun sejak tahun 2011 Sony Pictures bekerja sama dengan meminta ijin untuk mengubah semua warna bangunannya menjadi biru untuk merayakan premier film terbaru Smurf, dan dipertahankan hingga kini.

7 dari 7 halaman

6. Kampung Biru Arema - Malang, Jawa Timur

Jika lima tempat sebelumnya terletak di luar negeri, di Indonesia juga ada kampung biru. Yakni, Kampung Biru Arema ini terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Lokasi tepatnya yakni di Embong Brantas. 

Kampung ini mengecat warna bangunannya sesuai dengan warna klub sepakbola kebanggaan mereka, yakni Arema Malang. Kampung dan warna birunya diresmikan pada 6 Februari 2018 dan kini menjadi salah satu spot Instagramable di tengah kota Malang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini